Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

Ada 5 film animasi terbaik yang akan saling bersaing di Oscar 2017. Mana nih yang kira-kira bisa menjadi juara? Mari kita lihat!

Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

Ada 6 film animasi terbaik yang akan saling bersaing di Oscar 2017. Mana nih yang kira-kira bisa menjadi juara? Mari kita lihat!

[page_break no="1" title="Zootopia"]

Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

[read_more id="292086"]

Dari semua judul yang rilis tahun 2016 lalu, Zootopia jelas adalah salah satu film animasi terbaik. Bahkan rasanya ini bukan hanya animasi terbaik 2016. Zootopia layak masuk ke daftar animasi terbaik sepanjang masa, bersama masterpiece seperti Snow White, Toy Story, dan banyak lagi.

Zootopia memiliki aspek-aspek yang bisa memuaskan segala jenis penonton. Dunianya yang cerah, karakternya yang berkesan, dan komedi-komedi di dalamnya sudah pasti bisa memuaskan anak-anak. Tapi kisahnya yang menggigit dan diisi twist menarik dan unsur-unsur seperti diskriminasi ras yang disajikan dengan memikat membuat penonton dewasa juga tak akan bosan dalam menyaksikannya.

Berkat itulah Zootopia menjadi film terlaris ketiga di dunia, dan film animasi tersukses kedua di 2016, hanya takluk oleh Finding Dory - yang anehnya tidak dinominasikan tahun ini.

Mungkinkah Menang Oscar?

Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

Sangat mungkin. Dianggap bagus oleh banyak sekali kritikus dan menuai kesuksesan yang luar biasa besar di box office, Zootopia merupakan unggulan utama untuk memenangkan Oscar di kategori animasi terbaik.

[page_break no="2" title="Kubo and the Two Strings"]

Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

[duniaku_adsense]

Nominator ini memiliki satu faktor yang membedakannya dari hampir semua pesaing lain. Kubo and the Two Strings adalah satu-satunya film dari kategori film animasi terbaik yang juga dinominasikan di kategori efek visual terbaik. Bersaing dengan Doctor Strange, The Jungle Book, dan Rogue One: A Star Wars Story.

Penyebabnya? Kubo dianimasikan dengan teknik stop motion, sama seperti rivalnya - My Life as a Zucchini. Namun adegan-adegan yang disajikan Kubo lebih megah dan ambisius ketimbang Zucchini. Usaha yang diperlukan untuk menyajikan kisah petualangan tokoh utamanya benar-benar luar biasa. Lihat saja dari video di bawah.

Tekknik stop motion ini lalu digunakan untuk menyajikan dunia yang unik, fantastis, dan dijamin tak akan terlupakan. Saat dunia film animasi dibanjiri judul-judul murni CGI, Kubo terasa benar-benar beda.

Tapi yang dijual oleh Kubo and the Two Strings bukan hanya efek visual yang mengagumkan saja. Kisahnya yang menarik dan aksi-aksi seru di dalamnya juga dijamin bisa menghibur penonton.

Mungkinkah Menang Oscar?

Kubo and the Two Strings sebenarnya layak untuk menang Oscar. Judul yang satu ini berpotensi menjadi kejutan baik di kategori film animasi terbaik maupun efek visual terbaik.

Tapi ya, pada akhirnya penulis merasa Kubo membutuhkan keajaiban untuk bisa menumbangkan dua kandidat juara utama. Dibandingkan Zootopia dan satu judul populer di bawah ini, Kubo tak didukung oleh hype yang terlalu kuat. Bukan hal yang baik mengingat untuk kategori animasi biasanya para juri memilih pilihan yang cenderung mainstream.

[page_break no="3" title="Moana"]

Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

Dengan Moana, Disney mencoba menyajikan sosok Princess yang lain dari yang lain. Mereka sukses. Dari segi box office, Moana berhasil meraup 511 juta dolar. Mungkin masih di bawah judul seperti Zootopia dan Secret Life of Pets, tapi tetap tak bisa dianggap remeh.

Dari segi kritik? Film ini diakui bagus oleh 95% Rotten Tomatoes. Karakter Moana yang terbangun dengan sangat baik, juga tersaji kokoh tanpa memerlukan tambatan hati, membuatnya beda dari Princess-Princess Disney lain. Petualangan Moana dengan Maui juga terasa oke dan menarik ditonton, meski mungkin strukturnya dari segi ini terasa tak terlalu menonjol.

Mungkinkah Menang Oscar?

Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

Moana memiliki gabungan kualitas, hiburan, serta jangkauan mainstream. Tiga faktor yang bisa meroketkan prospek untuk menjadi juara kategori film animasi terbaik. Di mata penulis, tahun ini Zootopia dan Moana akan bersaing ketat.

Muatan Zootopia terasa lebih fresh dan berbobot ketimbang Moana. Tapi penulis tidak akan terlalu heran bila Moana dapat mengungguli Zootopia.


[duniaku_baca_juga]

Itu adalah tiga unggulan utama peraih kategori film animasi terbaik. Tapi masih ada dua film lain yang bisa membuat kejutan. Apa saja? Kamu bisa membaca lanjutannya di halaman kedua.

[page_break no="4" title="The Red Turtle"]

Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

[read_more id="287441"]

Film yang diakui bagus oleh 93% kritikus Rotten Tomatoes ini adalah film yang paling terkesan seni ketimbang pesaingnya. Visualnya luar biasa indah, bahkan untuk standar studio Ghibli. Tapi filmnya sendiri, yang disajikan tanpa dialog dan minim karakter membangkitkan kesan eksperimental.

Ini bukan jenis film yang bisa dinikmati oleh sembarang orang. Tapi kalau kamu cocok dengan penyajiannya, kamu bisa merasakan sensasi beda saat menyaksikannya dari awal hingga akhir.

Mungkinkah Menang Oscar?

Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

Kalau Red Turtle adalah film pendek live action di kategori berbeda, Red Turtle berpotensi menjadi kandidat utama peraih piala. Namun rasanya sulit, walau tidak mungkin, bagi Red Turtle untuk membuat kejutan tahun ini.

[page_break no="5" title="My Life as a Zucchini"]

Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

[duniaku_adsense]

Dibanding judul-judul lain, My Life as a Zucchini mungkin adalah yang paling tidak familier di telinga penonton awam. Tapi jangan remehkan yang satu ini. Zucchini bisa masuk karena muatannya tak kalah berbobot dibanding film-film lain.

Film ini menceritakan tentang anak bernama Icarus, yang biasa dipanggil Courgette (Zucchini). Setelah ibunya yang pemabuk meninggal, dia hidup di panti asuhan. Film ini akan menyorot suka duka Courgette dan perkembangan karakternya hingga akhir filmnya.

My Life as a Zucchini memiliki beberapa bagian yang sangat, sangat kelam. Tapi film ini juga terasa berkesan dan memikat. Tak heran film ini dinilai lebih pantas menjadi nominasi ketimbang Finding DoryDory memang memikat, tapi Zucchini terasa unik, beda, dan menyentuh.

Masalahnya, kans juara Zucchini sepertinya akan sulit.

Mungkinkah Menang Oscar?

Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

Dari muatan cerita, My Life as a Zucchini bisa bersaing dengan nominasi lain. Masalahnya, untuk beberapa kategori, ada kemungkinan juri yang ditunjuk bahkan belum menonton salah satu film yang dinominasikan. Jadi My Life as a Zucchini bisa kalah karena fenomena yang luar biasa aneh itu.

Dibanding nominasi lain, Zucchini rasanya adalah yang paling butuh keajaiban untuk dapat meraih gelar juara.


 

Itulah pembahasan mengenai lima judul yang masuk kategori film animasi terbaik Oscar 2017. Dari semuanya, inilah peringkat pribadi penulis tentang peluang masing-masing film menjadi juara, nomor satu adalah yang paling mungkin sementara nomor lima adalah yang paling sulit:

  1. Zootopia
  2. Moana
  3. Kubo and the Two Strings
  4. The Red Turtle
  5. My Life as a Zucchini

Semakin mainstream suatu film, semakin besar kemungkinan seluruh panel juri telah menyaksikannya. Karenanya film animasi dari negara lain sering kali sulit untuk mengungguli film-film Disney dalam penghargaan seperti ini.

Keajaiban bisa terjadi bila film Disney atau Dreamworks tahun itu kualitasnya biasa saja. Namun tahun ini baik Zootopia maupun Moana tersaji dengan kualitas yang begitu beda dan istimewa, hingga baik Kubo, Red Turtle, maupun Zucchini benar-benar membutuhkan mukjizat untuk bisa unggul.

Benarkah persaingan Oscar untuk kategori film animasi terbaik 2017 hanya persaingan dua film Disney, yakni Moana dan Zootopia? Mari kita tunggu hingga ajang anugerah Oscar dilangsungkan tanggal 26 Februari 2017 di Amerika.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU