Membedah 5 Film Animasi Terbaik yang Masuk Nominasi Oscar 2017

film animasi terbaik - zootopia

Ada 6 film animasi terbaik yang akan saling bersaing di Oscar 2017. Mana nih yang kira-kira bisa menjadi juara? Mari kita lihat!

1

Zootopia

Inilah 6 Kejutan Paling Heboh dari Nominasi Oscar 2017

Suicide Squad mendapat nominasi? La La Land menyamai rekor Titanic? Ada banyak sekali kejutan dalam nominasi Oscar 2017, dan inilah beberapa contohnya!
Baca Juga

Dari semua judul yang rilis tahun 2016 lalu, Zootopia jelas adalah salah satu film animasi terbaik. Bahkan rasanya ini bukan hanya animasi terbaik 2016. Zootopia layak masuk ke daftar animasi terbaik sepanjang masa, bersama masterpiece seperti Snow White, Toy Story, dan banyak lagi.

Zootopia memiliki aspek-aspek yang bisa memuaskan segala jenis penonton. Dunianya yang cerah, karakternya yang berkesan, dan komedi-komedi di dalamnya sudah pasti bisa memuaskan anak-anak. Tapi kisahnya yang menggigit dan diisi twist menarik dan unsur-unsur seperti diskriminasi ras yang disajikan dengan memikat membuat penonton dewasa juga tak akan bosan dalam menyaksikannya.

Berkat itulah Zootopia menjadi film terlaris ketiga di dunia, dan film animasi tersukses kedua di 2016, hanya takluk oleh Finding Dory – yang anehnya tidak dinominasikan tahun ini.

Mungkinkah Menang Oscar?

Sangat mungkin. Dianggap bagus oleh banyak sekali kritikus dan menuai kesuksesan yang luar biasa besar di box office, Zootopia merupakan unggulan utama untuk memenangkan Oscar di kategori animasi terbaik.

2

Kubo and the Two Strings


Nominator ini memiliki satu faktor yang membedakannya dari hampir semua pesaing lain. Kubo and the Two Strings adalah satu-satunya film dari kategori film animasi terbaik yang juga dinominasikan di kategori efek visual terbaik. Bersaing dengan Doctor Strange, The Jungle Book, dan Rogue One: A Star Wars Story.

Penyebabnya? Kubo dianimasikan dengan teknik stop motion, sama seperti rivalnya – My Life as a Zucchini. Namun adegan-adegan yang disajikan Kubo lebih megah dan ambisius ketimbang Zucchini. Usaha yang diperlukan untuk menyajikan kisah petualangan tokoh utamanya benar-benar luar biasa. Lihat saja dari video di bawah.

Tekknik stop motion ini lalu digunakan untuk menyajikan dunia yang unik, fantastis, dan dijamin tak akan terlupakan. Saat dunia film animasi dibanjiri judul-judul murni CGI, Kubo terasa benar-benar beda.

Tapi yang dijual oleh Kubo and the Two Strings bukan hanya efek visual yang mengagumkan saja. Kisahnya yang menarik dan aksi-aksi seru di dalamnya juga dijamin bisa menghibur penonton.

Mungkinkah Menang Oscar?

Kubo and the Two Strings sebenarnya layak untuk menang Oscar. Judul yang satu ini berpotensi menjadi kejutan baik di kategori film animasi terbaik maupun efek visual terbaik.

Tapi ya, pada akhirnya penulis merasa Kubo membutuhkan keajaiban untuk bisa menumbangkan dua kandidat juara utama. Dibandingkan Zootopia dan satu judul populer di bawah ini, Kubo tak didukung oleh hype yang terlalu kuat. Bukan hal yang baik mengingat untuk kategori animasi biasanya para juri memilih pilihan yang cenderung mainstream.

3

Moana

Dengan Moana, Disney mencoba menyajikan sosok Princess yang lain dari yang lain. Mereka sukses. Dari segi box office, Moana berhasil meraup 511 juta dolar. Mungkin masih di bawah judul seperti Zootopia dan Secret Life of Pets, tapi tetap tak bisa dianggap remeh.

Dari segi kritik? Film ini diakui bagus oleh 95% Rotten Tomatoes. Karakter Moana yang terbangun dengan sangat baik, juga tersaji kokoh tanpa memerlukan tambatan hati, membuatnya beda dari Princess-Princess Disney lain. Petualangan Moana dengan Maui juga terasa oke dan menarik ditonton, meski mungkin strukturnya dari segi ini terasa tak terlalu menonjol.

Mungkinkah Menang Oscar?

Moana memiliki gabungan kualitas, hiburan, serta jangkauan mainstream. Tiga faktor yang bisa meroketkan prospek untuk menjadi juara kategori film animasi terbaik. Di mata penulis, tahun ini Zootopia dan Moana akan bersaing ketat.

Muatan Zootopia terasa lebih fresh dan berbobot ketimbang Moana. Tapi penulis tidak akan terlalu heran bila Moana dapat mengungguli Zootopia.


Baca Juga

Itu adalah tiga unggulan utama peraih kategori film animasi terbaik. Tapi masih ada dua film lain yang bisa membuat kejutan. Apa saja? Kamu bisa membaca lanjutannya di halaman kedua.

1
2

SHARE
Previous articleIni yang Akan Terjadi Jika Momen SasuSaku Tepok Jidat Dilakukan Pada Sarada
Next articleMengejutkan! Kimi no Na wa Tak Masuk Nominasi Piala Oscar 2017
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.