Semakin Ramai, GGJ Jakarta 2017 Catat Rekor Peserta!

 

GGJ Jakarta 2017 Poster

Pada acara membuat game hanya dalam waktu 48 jam ini, Global Game Jam (GGJ) Jakarta 2017 catatkan rekor terbanyak dalam penyelenggaraannya, dengan jumlah peserta 62 orang.

Global Game Jam adalah sebuah acara tahunan yang diadakan secara serentak di seluruh dunia dan dikelola oleh Global Game Jam,Inc. Di sini para developer game, baik profesional atau pemula, dapat berkumpul dan berkolaborasi bersama membuat sebuah game dalam waktu hanya 48 jam di satu tempat.

Baca Juga

Game yang dibuat harus mengikuti satu tema tertentu. Pada tahun ini, tema tersebut adalah “waves”. Dari tema tersebut, para developer pun memikirkan game macam apa yang akan mereka buat. Terdapat pula berbagai tema-tema kecil tambahan yang dapat menjadi sumber inspirasi tambahan.

Pada 20-22 Januari 2017 lalu, diadakanlah GGJ di Indonesia, termasuk pula GGJ Jakarta di dalamnya. Tahun ini, ada 13 kota di Indonesia yang mengikuti GGJ, paling banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain di Jakarta, GGJ Indonesia 2017 juga digelar di Surabaya, Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Salatiga, Malang, Kediri, Bali dan Makassar. Sebuah pertanda yang bagus tentunya, diharapkan dari GGJ ini akan tumbuh komunitas-komunitas developer game di daerah-daerah lain.

Kamu bisa melihat daftar lengkap kota di Indonesia yang mengikuti GGJ 2017 di sini.

GGJ Jakarta 2017


Ada yang unik dari penyelenggaraan GGJ Indonesia kali ini. Di beberapa kota, termasuk Surabaya dan Jakarta, peserta dipungut bayaran untuk biaya makan. Selain itu, ASUS juga hadir sebagai sponsor utama untuk GGJ se-Indonesia. Berkat dukungan ASUS, peserta mendapatkan subsidi untuk konsumsi dan keuntungan-keuntungan lainnya.

GGJ Jakarta sendiri diadakan di Lyto HQ, daerah Kebon Jeruk, Jakarta. Dibandingkan dengan kota-kota lain, GGJ Jakarta menempati urutan kedua untuk jumlah peserta yang hadir dengan 62 peserta. Di urutan pertama ada GGJ Surabaya yang diikuti sebanyak 69 peserta dengan jumlah game kurang lebih 22 buah.

Dari 62 peserta GGJ Jakarta 2017, terbagilah menjadi 14 tim yang masing-masing membuat satu game. Pada edisi tahun ini, terdapat peningkatan dari jumlah tabletop game (board game dan card game) yang dibuat, yaitu 4 buah. Sisanya merupakan game dengan platform mobile atau PC. Kamu bisa melihat game-game hasil karya GGJ Jakarta 2017 di sini.

Serunya Puluhan Orang Bikin Game Bareng-bareng Selama 48 Jam di Surabaya!

Lebih dari 69 orang berkumpul selama 48 jam untuk bikin 22 game secara bersama-sama di GGJ 2017 Surabaya. Gimana ya serunya? Simak liputannya!
Baca Juga

Acara dibuka pada hari Jumat, 20 Januari 2017, pukul 13.00 dengan sesi dari Samsung dan dilanjutkan dengan sesi dari tuan rumah, yaitu Alex Gunawan dari Lyto. Setelah itu, diadakan sesi ice breaking agar setiap peserta bisa saling mengenal satu sama lain dan akhirnya membentuk kelompok. Pukul 17.00 WIB, game jam pun dimulai hingga 48 jam ke depan.

Pada hari Minggu, 22 Januari 2017, pukul 17.00 game jam pun ditutup dan semua peserta harus berhenti membuat game. Acara dilanjutkan dengan sesi dari Alibaba Cloud dan sesi showcase dari masing-masing tim.

Ingin melihat foto-foto keseruan GGJ Jakarta 2017? Lanjut ke halaman kedua!