5 Sisi Kelam Dunia Kpop yang Wajib Diketahui para Pencinta Oppa-Oppa Ganteng

Sebagai kiblat baru industri hiburan di Asia, sisi kelam dunia Kpop ini ternyata belum banyak diketahui oleh orang-orang. Mulai dari perbudakan hingga pelecehan seks, rela mereka rasakan demi menjadi idola bagi para fans.

5 Sisi Kelam Dunia Kpop yang Wajib Diketahui para Pencinta Oppa-Oppa Ganteng

5 Sisi Kelam Dunia Kpop yang Wajib Diketahui para Pencinta Oppa-Oppa GantengSebagai kiblat baru industri hiburan di Asia, sisi kelam dunia Kpop ini ternyata belum banyak diketahui oleh orang-orang. Mulai dari perbudakan hingga pelecehan seks, rela mereka rasakan demi menjadi idola bagi para fans.

Tak ada yang bisa membendung gebrakan invasi industri Korea Selatan di Indonesia. Hanya dalam waktu kurang dari lima tahun saja, Korea Selatan mampu memproklamirkan diri sebagai kiblat baru industri hiburan di Asia.

Mulai dari film-film drama yang mengiris air mata sampai girl band dan boy band yang membuat penonton terpana menyaksikan gemerlapnya industri hiburan negeri gingseng tersebut.

[read_more id="289580"]

Namun di balik oppa-oppa ganteng yang sering kali kamu puja-puji itu, terdapat sisi kelam dunia Kpop yang harus kamu tahu. Banyak fakta-fakta mengerikan yang tersimpan rapi tanpa terendus oleh publik.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini deretan sisi kelam dunia Kpop yang harus kamu tahu.

[page_break no="1" title="Latihan yang Gila-Gilaan"]

5 Sisi Kelam Dunia Kpop yang Wajib Diketahui para Pencinta Oppa-Oppa GantengKita selalu merasa takjub melihat para personel girl band ataupun boy band mamerkan kelenturan badannya ketika bernyanyi di atas panggung. Tentu saja koreografi indah yang sering mereka tunjukan tersebut tak didapat secara instan. Perlu latihan berjam-jam demi mencapai performa yang maksimal.

Ya, meskipun para artis Kpop berstatus sebagai penyanyi, namun latihan yang mereka dapat tak sebatas olah vokal saja. Latihan fisik ala militer yang gila-gilaan pun wajib mereka jalani dari pagi sampai malam. Tak mengherankan para artis Korea memiliki tubuh yang atletis.

[page_break no="2" title="Dilarang Pacaran"]

5 Sisi Kelam Dunia Kpop yang Wajib Diketahui para Pencinta Oppa-Oppa GantengMemiliki kekasih yang dicintai merupakan hak bagi setiap manusia. Namun untuk para artis di dunia hiburan Korea, jangan harap hak itu bisa mereka dapatkan. Pasalnya tak sedikit pihak agensi yang secara terang-terangan melarang artisnya untuk memiliki kekasih.

Alasannya bisa bermacam-macam, misalnya agar para artis bisa fokus pada karir dan perhatian tak terpecah pada hal lain. Selain masalah itu, alasan lain para idol dilarang pacaran adalah untuk mencegah para fans kecewa. Sudah bukan rahasia umum jika para fans di Korea Selatan begitu fanatik kepada idolnya.

Tak sedikit fans yang patah hati karena kecewa jika sang idola punya pacar. Apalagi idolanya pria, biasanya sang kekasih jadi sasaran kemarahan fans karena merasa milik mereka telah direbut

[page_break no="3" title="Pelecehan Seksual"]

5 Sisi Kelam Dunia Kpop yang Wajib Diketahui para Pencinta Oppa-Oppa GantengSisi kelam dunia Kpop selanjutnya adalah masalah pelecehan seksual yang sering terjadi di sana. Hal ini terungkap oleh media setelah aktris Jang Ja Yeon mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri pada Maret 2009 lalu.

Aktris yang kala itu sedang naik daun dikabarkan mati bunuh diri karena sudah tak tahan menerima tekanan dari industri hiburan Korea. Dari keterangan yang diperoleh  ia disiksa secara fisik oleh agen dan dieksploitasi secara seksual oleh laki-laki berpengaruh dalam industri showbiz Korea.

Bahkan sebuah survei oleh Komnas HAM Korea Selatan menyebutkan terdapat 60% dari calon aktris dan yang sudah terkenal, telah ditekan untuk memberikan layanan seks dalam rangka untuk tetap bertahan sebagai bintang.

[page_break no="4" title="Diperbudak oleh Kontrak"]

5 Sisi Kelam Dunia Kpop yang Wajib Diketahui para Pencinta Oppa-Oppa GantengKasus ini terbongkar ketika boy band TVXQ menggugat pihak agensi yang menaungi mereka karena telah memberikan kontrak yang di luar akal sehat. Para seniman hiburan Korea Selatan sering kali dipaksa bekerja berjam-jam dengan bayaran sedikit tanpa menerima royalti.

[duniaku_adsense]

Menjalani diet super ketat, tinggal di asrama selama bertahun-tahun, hingga kewajiban operasi plastik menjadi salah satu klausul yang biasa tertera di dalam kontrak demi menjadikan mereka superstar yang digilai fans.

[page_break no="5" title="Persaingan Super Ketat"]

5 Sisi Kelam Dunia Kpop yang Wajib Diketahui para Pencinta Oppa-Oppa GantengSebagai industri yang sedang menggeliat dalam beberapa tahun belakangan ini, membuat persaingan untuk menjadi artis papan atas di Korea Selatan sangat ketat. Tanpa memiliki mental dan fisik yang prima, para artis akan mudah tersisih dari gemerlapnya panggung hiburan Kpop.

Tak mengherankan mereka yang tak mampu bertahan, akhirnya mengakhiri hidup di usia muda dengan cara gantung diri atau melompat dari gedung tinggi. Contohnya Kematian Ahn So Jin, salah satu anggota girlband K-pop, Baby Kara karena depresi.

[duniaku_baca_juga]

Deretan sisi kelam dunia Kpop di atas membuktikan jika glamornya industri hiburan Korea Selatan nyatanya memiliki rahasia gelap yang jarang diketahui oleh para fans yang sekedar memuja-muji idolnya.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU