Kenali Lebih Jauh Grand Warden Sang Hero CoC Bertipe Support Terkuat

Hero CoC bertipe support

Sebelumnya kami telah membahas guide banyak Hero CoC. Namun kali ini kami akan membahas Hero CoC bertipe support terkuat lebih jauh yaitu sang Grand Warden!

Baca Juga

Tahun 2015 lalu, kami sudah membahas tentang Grand Warden, Hero CoC bertipe support pertama di game milik Supercell. Namun kali ini saya akan membahas kembali lebih dalam mengenai peran dan strategi yang bisa kamu gunakan untuk lebih mengoptimalkan seranganmu menggunakan Grand Warden tersebut.

Grand Warden merupakan Hero CoC bertipe support yang memiliki keunggulan bisa menyerang dari udara maupun darat. Namun masih banyak Clasher yang belum mampu menggunakan Grand Warden dengan benar. Banyak dari mereka berpikir bahwa Hero ini mirip dengan Archer Queen, karena menyerang dari jauh. Namun sebenarnya tidak!

Hero CoC bertipe support

Peran Grand Warden

Untuk pertama-tama saya akan menjelaskan terlebih dahulu peran Grand Warden saat berperang di Clash of Clans. Berbeda dengan Hero lain, kehadiran Grand Warden di game ini adalah sebagai pendukung pasukanmu yang lain. Ia memang memiliki jarak serang terjauh dibanding pasukan atau Hero lain. Hanya saja, DPS yang ia miliki sangat rendah, mengingat dirinya hanya memiliki level maksimal 20 saja.

Karena memiliki DPS yang rendah, ia jarang sekali digunakan untuk menyerang sendirian. Grand Warden memiliki dua skill yang sangat kuat. Hanya saja kedua skill itu berguna untuk memperkuat pasukan lain yang ada di sekitarnya. Jelas bahwa kehadirannya di CoC ini adalah sebagai sosok pendukung (buffer), yang tidak dimiliki pasukan mana pun selain dirinya.


Strategi Menggunakan Grand Warden

Kali ini saya akan membahas lebih detail mengenai strategi penggunaan Hero CoC beripe support yang satu ini. Berikut ini beberapa hal yang bisa kita pelajari:

1

Mengenal AI dari Grand Warden

Hero CoC bertipe support

Grand Warden memiliki AI yang berbeda dengan prajurit lainnya. Ia akan bergerak mengikuti prajurit lain yang memiliki HP tertinggi. Serta hanya dapat menyerang bangunan yang sudah ditarget pasukan yang ia ikuti tersebut. Jadi jika ia mengikuti Giant, maka secara tidak langsung, Grand Warden juga akan hanya menyerang bangunan pertahanan saja. Jadi semisal ada bangunan lain di dekatnya pun, ia akan menyerang yang ditarget Giant.

Hero CoC bertipe support

Grand Warden secara otomatis akan mengikuti kelompok pasukan lain jika pasukan sebelumnya telah tewas. Hal ini juga sangat membantunya untuk bisa tetap terproteksi oleh pasukan lain. Ia memiliki jarak serang terjauh, hal itu juga meningkatkan survivabilitas yang ia miliki di medan pertempuran.

Untuk itu kamu harus memperhatikan terlebih dahulu posisi penyerangan yang baik, sebelum akhirnya mengeksekusi markas musuh. Dengan pemilihan posisi penyerangan yang baik, membuatmu bisa menyerang Wizard Tower, Bomb Tower, dan Hidden Tesla tanpa terserang balik. Hal ini dikarenakan jarka serang Grand Warden sangat panjang!

2

Mengenal mode pertempuran Grand Warden

Hero CoC bertipe support

Grand Warden memiliki dua mode: Ground dan Air. Jika dalam mode Air, ia akan terbang layaknya Superman. Meskipun demikian, dua mode Grand Warden yang ia miliki mampu menembus Wall dengan mudah, karena saat pada mode Ground ia memiliki skill Jump seperti Hog Ridder. Nah jika demikian, kenapa Grand Warden memiliki dua mode dalam bertempur?

Alasannya adalah karena untuk pertahanan dirinya sendiri. Seperti yang saya bahas diatas, Grand Warden hanya akan mengikuti pasukan yang memiliki HP tinggi. Saat kamu menyerang menggunakan Dragon, maka ia juga akan mengikuti jejak sang naga. Namun ketika ia mengikuti Dragon, semua tower musuh yang hanya bisa menyerang darat akan fokus menyerang Grand Warden! Tentu hal itu membuatnya cepat mati di pertempuran.

Sebaliknya, ketika ia menggunakan mode Air untuk menjaga pasukan darat seperti Giant, maka ia akan menjadi sasaran empuk bagi Trap udara dan Air Defense! Jadi sebaiknya, mode yang kamu pilih untuk bertempur disesuaikan dengan tipe prajurit yang akan kamu bawa untuk berperang. Hal itu akan membantunya untuk lebih lama hidup di pertempuran.


3

Saat tepat men-summon Grand Warden

Hero CoC bertipe support

Banyak yang bertanya, kapan sih saat yang tepat menggunakan Hero Grand Warden di pertempuran. Jawabannya adalah saat pasukan utamamu menyerang. Kebanyakan Clasher akan melakukan funneling diawal pertempuran menggunakan Wizard datau strategi Queen Walk. Setelah jalur terbentuk, maka pasukan utama akan dikerahkan, itulah saat yang tepat untuk men-summon Grand Warden.

Hero CoC bertipe support

Memasuki Tahun 2017, Apakah Game CoC Masih Layak Dimainkan?

Game CoC yang dikembangkan dan dirilis Supercell sejak 2012 ini mulai ditinggalkan pemainnya. Apakah game ini masih layak dimainkan tahun 2017 ini?
Baca Juga

Hero CoC bertipe support memiliki skill aktif bernama Eternal Tome, membuat semua pasukan yang berada didekatnya menjadi kebal terhadap serangan tower musuh. Hal itu sangat membantu pasukan utamamu untuk menghabisi bangunan utama musuh atau tower yang berbahaya seperti Inferno Tower.

Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous articleTahukah Kamu Siapa Orang Tua Upin Ipin? Ini Dia Jawabannya!
Next articleTernyata Ada Ide Scott Derrickson untuk Doctor Strange 2 yang Ditolak Marvel
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.