Guide Penggunaan Spell CoC untuk Mendukung Pasukanmu dalam Bertempur (Bagian 1)

Spell CoC

Setelah membahas seluruh pasukan CoC, kini saatnya kita membahas lebih lanjut masing-masing kegunaan dari Spell CoC yang bisa diramu di Spell Factory.

Memasuki Town Hall level 5, kamu bisa mulai membangun Spell Factory, sebuah bangunan yang mampu meramu Spell. Berbeda dengan pasukan, Spell berguna untuk mendukung mereka dalam bertempur. Ada banyak jenis Spell yang disediakan Supercell untuk para Clasher. Beberapa diantara mereka merupakan Spell offensif, tetapi ada juga yang merupakan Spell supportif.

Nah, kali ini saya akan mengenalkan satu persatu Spell yang ada di Clash of Clans. Sebelumnya saya juga sudah membahas strategi penggunaan beberapa Spell dan Dark Spell di Duniaku.net. Namun kali ini saya akan membahas secara keseluruhan tentang kegunaan dari masing-masing Spell yang bisa kamu bikin di Spell Factory tersebut.

1

Lightning Spell

Spell CoC

Spell CoC pertama yang bisa kamu ramu saat memasuki TH 5. Saat Spell Factory yang kamu miliki level 1, kamu hanya bisa membawa satu Spell saja dan itu adalah Lightning Spell. Spell ini memiliki beberapa fungsi:

  • Membantu pasukanmu menghabisi tower musuh yang berbahaya, seperti Mortar di awal level Town Hall. Atau Air Defense di TH 7 keatas untuk mendukung pasukan Dragon yang menyerang markas musuh.
  • Membantu menghancurkan Wall ketika kamu tidak memiliki Wall Breaker tersisa. Meskipun hal ini cukup merugikanmu, karena biaya meramu Spell ini juga tidaklah murah.
  • Membunuh atau melukai pasukan penjaga musuh yang berada di Clan Castle mereka.
  • Membunuh atau melukai Hero musuh yang menjaga markas mereka.

Spell CoC

Perlu diingat Lightning Spell memberikan beberapa kali sambaran petir. Jadi kamu harus benar-benar tepat dalam menggunakannya. Jika tidak, damage output yang dihasilkan Spell ini juga tidak maksimal. Untuk level awal, Lightning Spell tidak begitu memberikan dampak kepada bangunan. Namun sangat tepat untuk membantumu menghabisi pasukan penjaga.

2

Healing Spell

Spell CoC

Setelah memasuki Spell Factory level 2, kamu bisa menggunakan Spell CoC baru yang bertipe support. Sesuai dengan namanya, Healing Spell berguna untuk menyembuhkan HP pasukanmu yang berada di medan pertempuran. Ketika kamu gunakan, muncul lingkaran sihir di sekitar area yang kamu pilih. Semua pasukan kawan yang berada di area itu akan mendapatkan efek healing. Berikut ini merupakan fungsi optimal Healing Spell:

  • Membantu pasukan dengan HP menengah keatas seperti Giant, Hog Rider, dan Valkyrie untuk bisa bertahan dari serangan tower musuh.
  • Mampu memulihkan HP unit udara yang tidak bisa dilakukan oleh Healer. Sehingga Balloon, Dragon, termasuk Healer sendiri bisa cukup bertahan di pertempuran.
  • Healing Spell juga dapat digabungkan dengan Spell lain, seperti Rage Spell. Hal itu memungkinkan pasukanmu dapat menyerang secara brutal sekaligus bertahan dari serangan tower mereka.

Spell CoC

Healing Spell kurang berguna untuk memulihkan pasukan dengan kecepatan serangan lambat dan HP sangat tinggi seperti Pekka, Dragon, dan juga Hero. Meskipun tidak menutup kemungkinan, mereka juga dapat memanfaatkan hal itu.

3

Rage Spell

Spell CoC

Spell CoC yang satu ini juga mendukung pasukanmu. Memberikan peningkatan damage dan kecepatan setiap pasukan yang berada di lingkaran sihir dari Rage Spell ini. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisa mengoptimalkan Spell ini:

  • Rage Spell sangat cocok digunakan untuk menyerang inti markas musuh. Biasanya Balloon, Dragon, dan Pekka lah yang paling efektif menggunakan Spell ini. Bahkan mereka mampu menghabisi bangunan Town Hall hanya beberapa detik saja dengan dukungan Rage Spell!
  • Damage tambahan yang diberikan Rage Spell bergantung dari status prajurit. Untuk itu, Rage Spell kurang berguna digunakan untuk mendukung prajurit dengan tingkat kerusakan lemah seperti Archer.
  • Untuk Healer, Rage Spell akan meningkatkan kekuatan Healing, karena ia tidak mampu menyerang bangunan musuh.

Spell CoC

Baca Juga

Rage Spell sangat kuat jika digabungkan dengan Healing Spell. Biasanya Rage Spell digunakan di dekat Town Hall atau di dekat tower yang merupakan kelemahan prajuritmu. Hal itu dimaksud agar Town Hall atau tower yang menjaga hancur dengan cepat sebelum prajuritmu mati duluan.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleRekomendasi 5 Film Terbaik Bulan Februari yang Siap Menemani Suasana Valentine-mu
Next articleLaksana Nico Robin, Inilah 5 Wanita Cantik yang Ternyata Pembunuh Berdarah Dingin di Dunia Nyata
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.