Resmi! Persiapan Rilis Switch, Produksi Wii U Dihentikan di Seluruh Dunia

produksi wii u dihentikan

Ada yang baru, tinggalkan yang lama. Di tengah persiapan untuk merilis Switch bulan Maret 2017 mendatang, Nintendo pun akhirnya memutuskan bahwa produksi Wii U dihentikan secara resmi.

Kabar ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan karena sudah beberapa kali Nintendo mengungkapkannya. Pertama, di bulan Maret 2016 lalu kala Switch masih menggunakan kode Nintendo NX, mereka mengungkapkan bahwa produksi Wii U dihentikan akhir tahun 2016. Delapan bulan berselang, Nintendo kembali memberikan berita bahwa mereka siap menghentikan produksi Wii U segera di Jepang.

Gara-gara Ada Nintendo NX, Produksi Wii U Dihentikan!

Umurnya baru empat tahun, susah laku, dan produksinya dihentikan. Malang benar nasib Wii U...
Baca Juga

Namun nyatanya, sampai akhir tahun 2016 mereka masih mempertahankan produksinya. Hingga akhirnya sampai pada akhir Januari 2017 kemarin, dimana mereka akhirnya benar-benar memutuskan untuk menghentikannya.

Pertama kali Nintendo mengonfirmasikan penghentian produksinya khusus di Jepang saja, melalui website resmi Wii U. Namun berdasarkan kabar terbaru dari Kotaku semalam (31 Januari 2017), Nintendo America pun memberikan keputusan serupa. Sehingga akhirnya produksi Wii U dihentikan bukan cuma di Jepang saja, akan tetapi juga di Amerika dan seluruh dunia.

produksi wii u dihentikan

Saat produksi Wii U dihentikan di Jepang, Nintendo masih menjual dua varian konsol ini. Yang pertama adalah versi standar, dan kedua dengan bundel Splatoon dan Amiibo. Nintendo sendiri mengungkapkan bahwa sampai akhir tahun fiskal 2016-2017 ini, mereka “hanya” akan mengirimkan 800.000 hardware Wii U lagi ke seluruh dunia. Artinya sebentar lagi, Wii U bakal benar-benar menjadi barang kolektor yang langka.

Usia Wii U sendiri tergolong masih seumur jagung. Pertama kali, konsol ini dirilis pada akhir 2012 lalu. Dan hingga akhir tahun 2016 atau kurang lebih empat tahun di pasaran, konsol ini hanya terjual 13,34 juta unit di seluruh dunia. Bandingkan dengan handheld milik Nintendo, 3DS yang terjual lebih dari 65 juta unit di seluruh dunia selama lima tahun di pasaran, dan produksi beberapa variannya masih terus berjalan sampai sekarang.

produksi wii u dihentikan
Sambut era baru, Nintendo Switch

Switch sendiri bisa dibilang merupakan evolusi dari Wii U, karena selain bisa digunakan sebagai konsol rumahan, juga bisa dimainkan secara mobile. Potensi Switch untuk lebih sukses dibandingkan Wii U cukup besar. Hal ini ditunjukkan dengan antrian pre order yang mengular di Jepang selama beberapa hari, bahkan beberapa toko online di Amerika seperti GameStop sudah kehabisan stok hanya dalam dua hari setelah presentasi Switch 13 Januari 2017 lalu.

Mungkin banyaknya permintaan ini jugalah yang membuat Nintendo akhirnya menghentikan produksi Wii U, dan mengalihkan sumber dayanya untuk memproduksi lebih banyak Switch lagi.

Baca Juga

Di Indonesia sendiri, beberapa toko seperti Play Inc. dan PSEnterprise sudah membuka keran pre order dengan uang muka beragam, mulai Rp200.000. Rencananya, Switch bakal dirilis pada tanggal 3 Maret 2017 mendatang.

By the way, selamat jalan Wii U!

Sumber: Kotaku/Nintendo


SHARE
Previous articleTOP PVP Deck YuGiOh! Duel Links: Deck Tak Terkalahkan, Dinosaur Kingdom!
Next article12 Game Mirip Dynasty Warriors yang Bisa Dimainkan Sebagai Penggantinya
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.