Tahukah Kamu Ada Kisah Kelam di Balik Asal Usul Jurus Kamehameha

Sebagai penggemar anime Dragon Ball dan merupakan salah satu animanga paling populer hingga saat ini, tahukah kamu dari mana asal usul Kamehameha?

Tahukah Kamu Ada Kisah Kelam di Balik Asal Usul Jurus Kamehameha

Tahukah Kamu Ada Kisah Kelam di Balik Asal Usul Jurus KamehamehaSebagai penggemar anime Dragon Ball dan merupakan salah satu animanga paling populer hingga saat ini, tahukah kamu dari mana asal usul Kamehameha?

Bagi kamu penggemar animanga Dragon Ball, pastinya sudah tak asing dengan jurus andalan Son Goku yang satu ini. Yup Kamehameha adalah jurus andalan yang sering dipakai oleh Goku dalam serial Dragon Ball. Jurus ini begitu legendaris sampai-sampai anak-anak tahun 90an yang hingga kini sudah dewasa masih sering kali menirukan gerakannya, sambil membayangkan mereka mengeluarkan energi kamehameha sungguhan.

[read_more id="293462"]

Tapi tahukan kamu jurus yang diajarkan oleh Master Roshi selama berpuluh-puluh tahun kepada Son Goku ini memiliki sejarah masa lalu yang kelam. Seperti cukup banyak diketahui, asal usul Kamehameha diambil oleh Akira Toriyama dari seorang raja kepulauan Hawaii yang bernama Kamehameha.

Kejadian ini bermula ketika Akira Toriyama mengunjungi kepulauan Hawaii dan melihat patung sang Raja Kamehameha yang berdiri kokoh. Nachi Nikami, istri dari Akira Toriyama yang sedang mendampingi pun menyarankan nama Kamehameha sebagai jurus Son Goku karena mudah diingat.

Tahukah Kamu Ada Kisah Kelam di Balik Asal Usul Jurus KamehamehaKonon menurut legenda Hawaii, seorang raja akan dilahirkan dan mempersatukan kepulauan tersebut, dan tandanya adalah sebuah komet. Raja Kamehahema sendiri disebutkan lahir tak berselang lama dari penampakan komet Halley yang melintasi kepulauan Hawaii pada tahun 1758. Tak mengherankan jurus Kamehameha yang diciptakan oleh Akira Toriyama memiliki kemiripan dengan komet yang sedang melaju kencang.

Tapi siapa sebenarnya Raja Kamehameha? Ia lah orang yang mempersatukan Kepulauan Hawaii dalam peperangan dan mendirikan Kerajaan Hawaii pada 1810. Produksi gula yang melimpah kala itu, membuat kepulauan Hawaii menjadi daerah yang cukup menarik bagi negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Prancis, Inggris hingga Denmark.

[duniaku_adsense]

Perlahan orang-orang Amerika Serikat banyak yang masuk ke Hawaii, mulai dari sebagai misionaris hingga pengusaha gula. Pelan-pelan kekuasaan yang dimiliki oleh Raja Kamehamehan mulai terusik oleh sistem monarki yang dianut.

Tahun 1890 industri gula di Hawaii goyah karena UU tarif McKinley yang memungut tarif tinggi pada gula impor di Amerika. Dan tahun 1898 secara resmi Kepulauan Hawaii dicaplok oleh Amerika Serikat.

Di balik kisah kelam tersebut, Raja Kamehameha meninggalkan warisan yang digunakan sampai sekarang. Ia dikenang karena hukum mamalahoe, sekarang digunakan di dunia untuk melindungi hak asasi manusia dari kaum sipil dalam peperangan.

[read_more id="291965"]

Begitulah asal usul Kamehameha yang notabene jurus andalan Son Goku. Tak mengherankan jika Akira Toriyama menciptakan kediamaan Master Roshi layaknya kepulauan Hawaii.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU