5 Alasan untuk Nonton Split, Film Thriller Masterpiece M. Night Shyamalan!

Split

Tak diragukan lagi, Split adalah film thriller masterpiece M. Night Shyamalan. Inilah alasan kamu wajib menyaksikannya setelah film ini rilis nanti!

1

Premis Sederhana tapi Menarik

Film Split - McAvoy

One Piece 854 Memperlihatkan Sanji Membuat Keputusan Penting

One Piece 854 terasa lebih sepi dari bab sebelumnya yang penuh pengungkapan. Namun ada satu hal yang tak bisa dilewatkan: keputusan penting Sanji!
Baca Juga

Premis film Split sebenarnya tergolong sederhana. Ada tiga gadis yang diculik oleh seorang pria misterius. Pria ini ternyata adalah penderita kepribadian ganda. Bahkan sebenarnya bukan hanya “ganda,” dia memiliki sampai 23 kepribadian.

Mayoritas kepribadian pria ini, Kevin Crumb, sebenarnya cenderung baik dan tidak berbahaya. Masalahnya yang mengendalikan tubuhnya kini adalah para kepribadian minoritas yang kejam dan memiliki rencana tersendiri. Mereka ingin membangkitkan kepribadian ke-24, “The Beast,” yang diceritakan sebagai monster super kuat yang melampaui nalar manusia.

Mampukah Casey Cooke, salah satu gadis yang ia culik, menyelamatkan dirinya sendiri dan kedua temannya? Apakah “The Beast” nyata? Jika iya, apakah makhluk seperti itu bisa dihadapi oleh manusia biasa?

Ya, premisnya sendiri keseluruhan tidak unik maupun baru. Orang sinting menculik tiga orang tak bersalah sudah menjadi latar cerita lain. Tapi cerita ini disajikan dengan menarik dan menegangkan. Kalau kamu penggemar film thriller, perkembangan ceritanya akan memukaumu dari awal hingga akhir.

2

Penampilan James McAvoy

Film split - james mcavoy

Akting James McAvoy selalu terasa kuat, tak peduli ia sedang main di film drama maupun film aksi. Lihat saja aksi dia di X-Men: Apocalypse. Kamu mungkin tidak menyukai filmnya, namun penampilan McAvoy sebagai Professor X terasa sangat oke.

Di Split, James McAvoy mendapat kesempatan untuk pamer kemampuan aktingnya ke level yang lebih tinggi.

Seperti sudah disebutkan di atas, yang membuat premis film ini beda dari kisah sejenis adalah pelakunya memiliki 23 kepribadian. Tidak semua kepribadian itu ditampilkan di film tentu saja. Penulis menghitung ada delapan kepribadian saja yang dimunculkan secara signifikan di film ini, tapi tetap saja menampilkan mereka seharusnya luar biasa sulit.

Di antara kepribadian itu ada Dennis yang obsesif dengan kebersihan dan keteraturan, Patricia yang feminin, Hedwig yang kekanakan, dan Barry yang memiliki jiwa artistik dan flamboyan. McAvoy menyajikan semuanya dengan sempurna dan meyakinkan. Rasanya seperti melihat aktor yang memainkan hingga delapan peran sekaligus di satu film yang sama.

Kalau di Oscar tahun depan McAvoy tidak mendapat nominasi karena penampilannya di sini, maka Academy Awards harus mendapat kritik serius. Ini memang bukan film drama, seperti yang disukai oleh Academy Awards, namun level akting McAvoy di sini terlalu tinggi untuk diabaikan.

3

Kebangkitan Kembali M. Night Shyamalan

Split - M. Night Shyamalan

Sutradara M. Night Shyamalan pernah menjadi superstar Hollywood. Di tahun 1999, dia merilis film Sixth Sense yang kengeriannya, twist-nya, dan juga kekuatan akting Haley Joel Osment membuat film horor itu menjadi hits. Lalu dia meluncurkan Unbreakable di tahun 2000, yang masih dianggap baik oleh kritikus dan penonton. Bahkan masih ada yang menantikan sekuel film yang satu itu.

Kemudian twist alien takut air di Signs mulai melemahkan posisi Shyamalan sebagai sutradara bintang. Kombinasi Lady in the Water, The Happening, dan adaptasi hancur The Last Airbender lalu menjatuhkan reputasi sutradara kelahiran India ini. Dari sutradara yang dikenal berpotensi besar, ia menjadi lawakan.

Tahun 2015 kemarin, film The Visit dari Shyamalan cukup mencuri perhatian, menandakan kalau dia mulai kembali ke levelnya yang dulu. Sekarang, penulis berpendapat kalau Split adalah penanda resmi Shyamalan benar-benar telah kembali.

Shyamalan mampu menyajikan kisah sederhana ini dengan penyutradarana yang ahli. Tempo alur cerita terasa cepat. Visual yang disajikan tidak hambar dan membosankan. Bahkan twist ending yang dipersiapkan pun bisa menonjok penonton yang memahami maknanya.


Baca Juga

Kira-kira, tiga alasan di atas saja seharusnya sudah memberimu gambaran tentang Split. Film ini memiliki kisah sederhana yang disajikan dengan penyutradaraan berkualitas dan akting kaliber Oscar dari James McAvoy. Namun bukan itu saja alasan untuk menyaksikannya. Apa lagi? Cek saja halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articleNonton Naruto Shippuden 492 Gak Akan Lengkap Tanpa Bocoran Konoha Hiden
Next articleZord Power Rangers 2017 Beraksi Lagi di Poster Terbaru Filmnya!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.