The Red Turtle Kalahkan Your Name dalam Ajang Annie Awards 2017

annie awardsAjang tahunan Annie Awards kembali dihelat tahun ini. Acara penganugerahan di bidang animasi ini sudah memasuki tahun ke-44 dan diselenggarakan di Universitas California, Los Angeles, dengan mempersembahkan 36 katagori.

Kejutan hadir dari katagori Best Animated Feature – Independent, dimana film produksi studio Ghibli, The Red Turtle sukses mempecundangi film garapan Makoto Shinkai, Kimi no Na wa atau Your Name. Hasil ini tentu cukup mengagetkan mengingat kesuksesan Kimi no Na wa sejak dirilis pada pertengahan tahun lalu.

Tak ada yang meragukan kualitas film-film keluaran Studio Ghibli. Terlebih ini merupakan film animasi pertama dari Studio Ghibli selepas Hayao Miyazaki memutuskan pensiun tahun lalu (dan belakangan dia menyatakan kembali lagi).


Bekerjasama dengan perusahaan film Prancis WildBunch, The Red Turtle menceritakan kisah seorang pria yang terdampar di sebuah pulau kecil. Di tengah hidup yang terisolasi itu, sang pria dituntut untuk bertahan hidup dari kerasnya alam. Sampai suatu ketika dirinya bertemu dengan seekor penyu merah yang mengubah hidupnya.

Tayang perdana dalam Festival Film Cannes, The Red Turtle langsung mendapat sambutan hangat dari pencinta film. Bahkan saat itu banyak orang yang sudah memprediksi jika The Red Turtle bakal menjadi salah satu anime movie terbaik di tahun 2016.

the red turtleSementara itu Kimi no Na wa mengetengahkan kisah Taki yang tinggal di Tokyo dan Mitsuha yang berada di sebuah desa terpencil. Cerita pun semakin rumit sebab ketika tertidur, kadang tubuh mereka tertukar serta membuat kehidupan mereka menjadi kacau. Taki yang penasaran dengan fenomena aneh yang menimpanya, kemudian bertekad mencari tempat tinggal Mitsuha dan menemukan fakta yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya.

Meskipun tak disebutkan di dalam film, plot bertukar tubuh ini sebenarnya merupakan kemauan dari dua tokoh utama yang sering berfantasi dan berkeinginan hidup menjadi orang lain. Hal tersebut dijelaskan pada novelnya.

Lewat alur cerita yang menarik serta grafis yang memanjakan mata, tak mengherankan jika Kimi no Na wa pun pantas disebut anime movie terbaik di tahun 2016 ini.

Mengejutkan! Kimi no Na wa Tak Masuk Nominasi Piala Oscar 2017

Kejutan demi kejutan hadir dalam pengumuman nominasi Piala Oscar 2017 ini. Salah satunya adalah gagalnya film animasi Kimi no Na wa untuk masuk nominasi.
Baca Juga

Namun kesuksesan menduduki puncak box office selama 9 minggu berturut-turut ternyata belum mampu mengantar film garapan Makoto Shinkai masuk nominasi Piala Oscar 2017. Bahkan di Annie Awards sendiri, Kimi no Na Wa harus rela dikalahkan The Red Turtle.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleBakal Jadi Smartphone Otaku, Karakter Jepang Ini Jadi Duta Xiaomi Redmi Note 4X
Next articleSuper Hero Bowl – Saat Para Pahlawan Bertarung Sampai Mati
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca