Satu Mimpi Armin dan Eren Terwujud di Attack on Titan 90

Attack on Titan 90

Ada satu mimpi Eren dan Armin yang akhirnya terwujud di Attack on Titan 90. Impian mereka yang manakah itu? Inilah jawabannya!

6 Anggota Aliansi Topi Jerami Paling Populer (Selain Luffy dan Krunya)

Inilah 6 anggota Aliansi Topi Jerami yang paling populer. Beberapa dari mereka bahkan lebih populer dari anggota kelompok Topi Jerami lho!
Baca Juga

Pembahasan Attack on Titan 90 ini menyangkut adegan yang – tentu saja – belum ditampilkan di animenya. Jadi mungkin ada penonton atau pembaca manganya yang bahkan belum mengikuti kejadian-kejadian sebelumnya. Karenanya, hati-hati spoiler untuk yang belum menyentuh alur kilas balik kenyataan tentang semesta Attack on Titan.

SPOILER ALERT!!!

1

Mimpi Armin

titan

Ada satu mimpi Armin yang sampai ikut mempengaruhi Eren. Itu adalah impiannya untuk dapat melihat lautan.

Terkurung di dalam tembok, laut adalah sesuatu yang tak terbayangkan oleh orang-orang seperti Armin dan Eren. Karenanya di awal-awal cerita, laut seakan adalah simbol kebebasan. Klimaks dari perjuangan untuk mengalahkan para titan.

Di Attack on Titan 90, impian Armin itu terwujud.

Survey Corps berhasil menemukan lautan. Juga tembok yang digunakan kaum Marley untuk membuang bangsa Eldia yang bermasalah dan mengubah mereka menjadi titan.

Ada banyak adegan lucu di bab ini. Seperti misalnya Jean yang kaget menyadari betapa asinnya air laut, Connie yang main air dengan Sasha, Levi yang menyangka air laut bisa beracun (?!), sampai Mikasa yang terlihat begitu gembira saat memasukkan kakinya ke air. Yang terakhir itu terasa sangat menghibur, mengingat terakhir kali terlihat Mikasa sangat depresi akibat menyadari umur Eren dan Armin akan singkat.

Seharusnya ini adalah titik kebebasan. Bukti kalau umat manusia telah terbebas dari kekangan titan. Namun saat ini, Eren sudah menyadari betapa salahnya pendapat itu.

Titan hanya alat. Lautan bukanlah pertanda kebebasan. Bahkan sebenarnya lautan itu seakan menjadi tembok lain yang membatasi kaum Eldia di Paradis dengan musuh baru mereka, bangsa Marley dan persenjataan mutakhir di seberang sana. 

Di seberang laut, Zeke masih hidup. Demikian pula dengan Reiner dan Ymir, yang entah akan memutuskan memihak ke siapa. Apakah membereskannya akan memberi Eren ketenangan? Sepertinya tidak. Bila Eren terus begini, maka yang akan ia picu adalah pembantaian. Dan ia tidak akan pernah menemukan perdamaian, karena di matanya akan selalu ada musuh baru.

Semoga Mikasa dan Armin bisa membantunya mengatasi efek samping dari pengungkapan yang ia terima. Karena kalau tidak, Attack on Titan bisa berakhir tragis.


Baca Juga

Terwujudnya impian Armin, dan reaksi Eren terhadapnya, merupakan kejadian terbesar di Attack on Titan 90. Tapi masih ada hal menarik lain yang disajikan bab ini. Apakah itu? Kamu bisa melanjutkan membaca di halaman kedua.

1
2

SHARE
Previous articleResmi! Serial Animasi Castlevania akan Hadir di Netflix Tahun Ini!
Next articleIni Mediatek Helio P25, CPU Octa-Core 2.5GHz Terkencang di Kelas Menengah
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.