5 Kekuatan Spider-Man yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Ada beberapa kekuatan Spider-Man yang kadang dilupakan atau bahkan tak diketahui pembaca awam. Apa saja? Ini dia daftarnya!

5 Kekuatan Spider-Man yang Mungkin Kamu Belum Tahu

5 Kekuatan Spider-Man yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Ada beberapa kekuatan Spider-Man yang kadang dilupakan atau bahkan tak diketahui pembaca awam. Apa saja? Ini dia daftarnya!

[page_break no="1" title="Genius"]

5 Kekuatan Spider-Man yang Mungkin Kamu Belum Tahu

[read_more id="295446"]

Kekuatan Spider-Man yang satu ini sering dilupakan oleh fan. Mungkin karena Spider-Man lebih sering diperlihatkan bergelayutan di kota ketimbang duduk dan belajar atau menciptakan armor canggih seperti Iron Man.

Sebelum digigit laba-laba radioaktif, Peter Parker mungkin adalah remaja yang kurus, lemah, dan mudah ditindas. Tapi sejak saat itu pun ia sudah memiliki kecerdasan yang sangat tinggi. Versi komik Peter Parker memiliki IQ 250, angka yang cukup untuk membuatnya dianggap genius.

Tidak seperti di versi film Sam Raimi, saat akhirnya Peter memperoleh kekuatan Spider-Man, ia tak bisa mengeluarkan jaring dari tangannya. Ia harus menggunakan peralatan web shooter untuk membantunya. Siapa yang menciptakan alat canggih ini? Dia sendiri.

Selain di komik, Peter Parker versi Marvel Cinematic Universe juga menciptakan sendiri web shooter-nya, menunjukkan kemampuannya menciptakan sesuatu memang luar biasa. Dalam berbagai versi, dia juga pernah menciptakan serum yang bisa mengembalikan Lizard menjadi manusia atau melumpuhkan Rhino.

[page_break no="2" title="Healing Factor"]

5 Kekuatan Spider-Man yang Mungkin Kamu Belum Tahu

[duniaku_adsense]

Healing factor lebih identik dengan tokoh seperti Wolverine atau Deadpool. Mau terluka seperti apapun, mereka akan pulih; kadang dalam hitungan detik saja.

Namun yang tak diketahui oleh banyak pembaca adalah Spider-Man juga memiliki healing factor.

Spider-Man akan tewas bila dia sampai terbelah dua, tak seperti Deadpool yang mungkin bisa beregenerasi menjadi dua tubuh terpisah. Tembakan atau tusukan di kepala juga akan menamatkannya, tidak seperti Deadpool maupun Wolverine yang memiliki kesempatan selamat.

Tapi bila Spider-Man patah tulang atau babak belur, durasi penyembuhannya tidak akan mengikuti aturan orang awam. Cidera yang bisa membuat manusia normal lumpuh permanen hanya akan menghambat Spider-Man maksimal beberapa bulan saja.

Mengingat Spider-Man memiliki musuh dengan kekuatan super seperti Rhino, Lizard, dan banyak nama lain, kemampuan healing factor ini memang dia butuhkan untuk bertahan hidup.

[page_break no="3" title="Kekuatan Super"]

5 Kekuatan Spider-Man yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Jangan kira Spider-Man hanya jagoan yang mengandalkan kelincahan. Dia juga memiliki kekuatan fisik yang tergolong luar biasa. Lihat saja keterangan strength level yang tertera pada gambar di atas.

Di komik, Spider-Man mampu mengangkat beban hingga 10 ton. Sebagai perbandingan, Luke Cage yang berkulit baja hanya mampu mengangkat 3 ton sementara Captain America dengan serum super soldier-nya hanya bisa mengangkat 800 pon. Bahkan setelah alur The Others, kekuatan Spider-Man meningkat lebih tinggi lagi hingga ia bisa mengangkat beban 25 ton.

Sayangnya, alur One More Day menghapus banyak hal tentang Spider-Man, termasuk peningkatan kekuatannya. Setelah kejadian itu kekuatan Spider-Man pun kembali ke 10 ton. Tapi tetap saja, Spider-Man harus menahan diri saat menghadapi musuh, apalagi kriminal biasa. Kalau ia memukul dengan kekuatan penuh, ia bisa membunuh perampok dan penjahat reguler lain.

5 Kekuatan Spider-Man yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Kekuatan fisik Spider-Man versi komik ini kurang ditonjolkan di trilogi film pertama maupun The Amazing Spider-Man. Tapi sejak Captain America: Civil War, ditunjukkan kalau level kekuatan Tom Holland lebih mewakili versi komiknya.

Buktinya? Bisa dilihat di atas. Lengan baja Bucky bisa membuat Captain America kewalahan, namun di sini Peter Parker dapat menahannya dengan satu tangan tanpa terlihat kesakitan. Di trailer Spider-Man: Homecoming juga Spider-Man yang satu ini bisa menahan kapal yang sudah terbelah dengan jaring dan kekuatan fisiknya.

Spider-Man versi Marvel Cinematic Universe mungkin masih sangat muda. Tapi bisa jadi dia adalah pahlawan dengan kekuatan fisik murni (tanpa dibantu armor dan peralatan lain) terbesar ketiga di antara para jagoan bumi, hanya di bawah Hulk dan Thor.


 

[duniaku_baca_juga]

Apa lagi nih kira-kira kekuatan Spider-Man yang belum diketahui oleh pembaca dan penonton awam? Kamu bisa membaca lanjutannya di halaman kedua!

[page_break no="4" title="Komunikasi dengan Laba-Laba"]

5 Kekuatan Spider-Man yang Mungkin Kamu Belum Tahu

[read_more id="295309"]

Kekuatan Spider-Man yang paling dikenal oleh fan adalah dapat merayap di dinding seperti laba-laba. Tapi apakah kamu tahu kalau dia juga pernah bisa sekalian berkomunikasi dengan laba-laba?

Di komik, ada alur berjudul Spider-Man: Disassembled. Di sini, gara-gara berurusan dengan musuh bernama "The Queen" Spider-Man mengalami transformasi. Bahkan setelah sembuh pun Spider-Man masih memiliki beberapa kemampuan unik. Salah satunya adalah komunikasi dengan laba-laba.

Spider-Man dapat merasakan keberadaan hewan laba-laba di sekelilingnya. Dia juga bisa mengetahui jenis suatu laba-laba hanya dengan melihat saja.

5 Kekuatan Spider-Man yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Tidak familier dengan kekuatan ini? Mungkin karena setelah alurnya berakhir, kemampuan baru Peter Parker ini seakan dianggap tidak ada. Mungkin Marvel juga diam-diam menganggap kemampuan ini tak pernah dimiliki oleh Peter. Tapi tetap saja, komunikasi dengan laba-laba ini memang pernah dimiliki oleh Spider-Man.

Di antara deretan kemampuan yang sempat diperoleh Peter Parker di Disassembled, yang penulis tahu dipertahankan adalah kemampuan mengeluarkan jaring organik. Ya, baru setelah alur ini Spider-Man komik bisa menggunakan jaring tanpa bantuan web shooter.

[page_break no="5" title="Mutasi Lanjut"]

5 Kekuatan Spider-Man yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Seharusnya Spider-Man adalah pahlawan manusia dengan kekuatan laba-laba. Namun karena pengaruh-pengaruh tertentu, tubuhnya bisa bermutasi lebih lanjut menjadi monster.

Di animasi, masalah gigitan laba-laba ini pada akhirnya membuat tubuh Peter Parker bermutasi lebih lanjut. Hasil akhirnya adalah makhluk di atas. Kekuatannya memang meningkat habis-habisan, tapi kemanusiaannya juga lenyap. Untungnya pada akhirnya ia bisa disembuhkan secara permanen.

Karena pengaruh The Queen, Spider-Man juga pernah bertransformasi menjadi laba-laba raksasa. Atau lebih tepatnya laba-laba raksasa berkelamin laki-laki yang entah bagaimana hamil. Pada akhirnya wujud laba-laba ini memang mati, tapi setelahnya makhluk itu masih bisa melahirkan... Peter Parker.

5 Kekuatan Spider-Man yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Membingungkan memang. Mungkin karena itu kejadian ini diabaikan oleh Marvel.

Lalu di The Others Spider-Man juga mengalami perubahan menarik. Matanya menyala merah dan dapat melihat dalam gelap. Gigi-giginya menjadi tajam. Ia juga memiliki sengat tajam.


 

Itulah lima kekuatan Spider-Man yang antara dilupakan atau tidak diketahui oleh fan. Apakah kamu tahu kekuatan aneh Spider-Man yang belum dimasukkan ke daftar ini? Kamu bisa menyampaikannya di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU