6 Gadget Spider-Man yang Dia Gunakan untuk Memerangi Kejahatan

Tak hanya kelincahan dan kekuatan, Spider-Man juga menggunakan teknologi untuk memerangi kejahatan. Inilah 6 gadget Spider-Man yang sering ia pakai!

6 Gadget Spider-Man yang Dia Gunakan untuk Memerangi Kejahatan

6 Gadget Spider-Man yang Dia Gunakan untuk Memerangi Kejahatan

Tak hanya kelincahan dan kekuatan, Spider-Man juga menggunakan teknologi untuk memerangi kejahatan. Inilah 6 gadget Spider-Man yang sering ia pakai!

[page_break no="1" title="Web Shooter"]

6 Gadget Spider-Man yang Dia Gunakan untuk Memerangi Kejahatan

[read_more id="295483"]

Web shooter adalah gadget Spider-Man yang paling sering dia gunakan. Sebelum trilogi film Spider-Man karya Sam Raimi, Spider-Man memang tidak bisa mengeluarkan jaring sendiri (kecuali dia mengenakan kostum simbiot). Dia harus menggunakan web shooter untuk mengeluarkan jaring dan berayun-ayun di kota New York.

Web shooter adalah bukti dari geniusnya Peter Parker. Dia menciptakan alat ini hanya karena pertimbangan sederhana: dia sudah memiliki kekuatan laba-laba, jadi sekalian saja dia ciptakan alat yang bisa mengeluarkan jaring.

Perlu diingat kalau Peter Parker lebih sering hidup sebagai pahlawan miskin atau sederhana ketimbang miluner seperti Tony Stark maupun Bruce Wayne. Dibanding Iron Man maupun Batman, dana dan sumber dayanya terbatas. Tetap saja dia bisa menciptakan web shooter yang fungsional.

Spider-Man versi Marvel Cinematic Universe juga menciptakan sendiri web shooter. Kostumnya mungkin diberikan oleh Tony Stark, tapi Peter sudah memiliki duluan penembak jaringnya bahkan sebelum bertemu Iron Man.

[page_break no="2" title="Jaring Sintetis"]

6 Gadget Spider-Man yang Dia Gunakan untuk Memerangi Kejahatan

[duniaku_adsense]

Dalam merancang web shooter, bukan hanya satu gadget Spider-Man itu saja yang harus Peter Parker ciptakan. Jelas dia juga harus merancang amunisinya. Pada akhirnya, Peter Parker versi komik maupun Marvel Cinematic Universe dapat menciptakan sendiri jaring sintetis yang bisa mendukung aksinya sebagai pahlawan super.

Seperti bisa kamu lihat di atas, Spider-Man sempat menyimpan jaringnya di utility belt. Bila amunisinya habis, ia harus mengisinya kembali ke web shooter. Sebelum ia memiliki jaringnya sendiri, dia juga sempat memperbarui web shooter hingga gelangnya bisa mengisi sendiri jaring bila kosong. Selama ia masih punya persediaan tentu saja.

[page_break no="3" title="Spider Signal"]6 Gadget Spider-Man yang Dia Gunakan untuk Memerangi Kejahatan

Gadget Spider-Man yang satu ini baru saja dipamerkan di post-credit Captain America: Civil War. Seperti dua yang di atas, alat ini juga hasil ciptaan Peter Parker sendiri.

Spider-Signal biasa digunakan Spider-Man untuk memberi tahu kedatangannya kepada para kriminal, memberi distraksi yang antara bisa menakuti kriminal atau memberi waktu Spider-Man untuk menolong korban. Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk fungsi yang lebih sederhana: senter.

Ya, kecuali dia sedang menjelma menjadi lebih buas - terjadi di The Others - mata Spider-Man tetap tak bisa melihat dalam gelap. Bila itu terjadi, maka sinyal yang terang dan mencolok ini bisa membantunya untuk navigasi.

Di kostum Spider-Man, biasanya spider signal ada di sabuknya.


 

[duniaku_baca_juga]

Itu baru tiga. Apa lagi nih kira-kira gadget Spider-Man yang dia gunakan untuk melawan kejahatan? Kamu bisa membaca lanjutannya di halaman kedua!

[page_break no="4" title="Web Wings"]

6 Gadget Spider-Man yang Dia Gunakan untuk Memerangi Kejahatan

[read_more id="295446"]

Gadget Spider-Man yang satu ini terlihat dengan signifikan di trailer dan teaser Spider-Man: Homecoming.

Di komik sih jaring di bawah ketika Spidey sebenarnya tak digunakan untuk terbang layang. Jaring itu ada sebagai penahan angin, kalau-kalau Spidey jatuh dari ketinggian dengan kecepatan tinggi.

Fungsi itu sepertinya masih bisa digunakan di Spider-Man: Homecoming. Namun seperti terlihat di teaser dan trailer, Spider-Man juga bisa terbang layang melewati helikopter menggunakan sayap jaring di ketiaknya ini.

Di komik, sayap jaring adalah salah satu inovasi Peter terhadap kostum yang ia rancang sendiri. Di film, sepertinya jaring ini diciptakan oleh Tony Stark - sama seperti keseluruhan kostum merah-biru Spidey.

[page_break no="5" title="Spider-Armor MK 4"]

6 Gadget Spider-Man yang Dia Gunakan untuk Memerangi Kejahatan

[duniaku_adsense]

Saat Spider-Man masih miskin, kostumnya bisa dibilang hanya terbuat dari kain. Dengan kecerdasannya, ia bisa menciptakan jaring sintetis, spider signal, dan web shooter sendiri. Namun ia tidak memiliki dana maupun sumber daya untuk menciptakan kostum yang lebih canggih.

Itu berubah saat Peter Parker menjadi kaya dan memiliki Parker Industries. Dia bisa memanfaatkan kekayaannya untuk menciptakan Spider-Armor MK IV. Perbedaannya bukan hanya simbol laba-laba yang menyala saja.

Web shooter di kostum ini dapat bekerja dengan jauh lebih efisien daripada kostum standar Spider-Man. Amunisinya bisa diganti hanya dengan perintah suara. Kekuatan jaringnya sendiri sudah lebih kuat hingga mampu menahan laser Iron Man.

Daya tahan armor ini juga tangguh. Panas, laser, hantaman, dan segala macam serangan bisa ditahan dengan sangat baik. Kalau dibutuhkan, Peter bisa menyamarkan kostumnya menjadi pakaian normal.

Selain itu, visor armor ini juga bisa digunakan untuk fungsi X-Ray. Intinya, ini adalah armor canggih semacam Iron-Spider dari Civil War tapi dirancang sendiri oleh Peter dengan desain yang lebih menyerupai kostum aslinya.

[page_break no="6" title="Spider-Mobile"]

6 Gadget Spider-Man yang Dia Gunakan untuk Memerangi Kejahatan

Spider-Man adalah salah satu pahlawan terlincah di Marvel. Dia bisa menjelajah New York hanya dengan jaringnya saja. Jadi untuk apa dia menggunakan mobil?

Awal-awalnya, Spider-Man menciptakan ini hanya untuk mendapat uang promosi dari Carter & Lombarto. Dia menciptakan Spider-Mobile dibantu oleh sahabatnya yakni Human Torch. Spider-Man tidak suka dengan mobil itu, tapi dia tetap dapat menggunakannya untuk memerangi kejahatan.

Saat Peter Parker memiliki Parker Industries, dia kembali menciptakan Spider-Mobile. Kendaraan ini lebih canggih, bahkan memiliki kaki laba-laba yang dapat dimunculkan untuk menjelajah dataran ekstrem.

Seperti yang bisa kamu lihat di gambarnya, mobil ini juga masih diejek oleh orang.

[page_break no="0" title="Bonus: Leopardon"]

6 Gadget Spider-Man yang Dia Gunakan untuk Memerangi Kejahatan

Ya, ini juga terhitung sebagai gadget Spider-Man. Lebih tepatnya adalah Takuya Yamashiro si Spider-Man Jepang, bukannya Peter Parker. Karenanya dia lebih dihitung sebagai bonus bukannya gadget ketujuh.

Leopardon adalah robot raksasa yang digunakan Spider-Man Jepang untuk melawan musuh. Dengan kekuatan seperti tinju roket, ukuran tubuh yang luar biasa besar, dan berbagai persenjataan lain, mungkin ini adalah peralatan milik Spider-Man yang paling menakjubkan.

Penulis masih menanti momen di mana Leopardon akan benar-benar muncul di Marvel Cinematic Universe.


 

Itulah enam gadget Spider-Man yang ia gunakan untuk melawan kejahatan (plus satu bonus). Apa kamu tahu gadget menakjubkan lain yang belum masuk ke daftar ini? Kamu bisa menyampaikannya di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU