Gara-gara Samsung, Xiaomi Mi6 Bisa Dijual Lebih Murah dan “Lebih Cepat” dari Galaxy S8

Pinecone V970

Ternyata tidak seperti dugaan sebelumnya, Xiaomi dikabarkan batal mengungkapkan flagship terbarunya untuk tahun 2017, Xiaomi Mi6 selama Mobile World Congress 2017 yang akan berlangsung akhir bulan Februari ini di Barcelona, Spanyol. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan pasokan chipset Snapdragon 835, yang kabarnya, “diborong” oleh Samsung untuk flagship mereka tahun ini. Akibatnya, vendor lain, termasuk LG tidak kebagian, dan Xiaomi, dikabarkan mencari alternatif prosesor racikan mereka sendiri untuk Xiaomi Mi6.

Baca Juga

Kabar terbaru menyebutkan jika meskipun Xiaomi Mi6 batal muncul selama MWC 2017, tetap akan diluncurkan bulan depan. Kemudian prosesor buatan Xiaomi, yang sebelumnya dikabarkan bakal digunakan untuk Xiaomi Mi5c, yang memiliki kode Pinecone, rupanya juga akan menjadi bagian spesifikasi Xiaomi Mi6.

Ini yang Perlu Kalian Ketahui dari Xiaomi Mi5c, Penerus Xiaomi Miforce

Ini yang Perlu Kalian Ketahui dari Spesifiksi Xiaomi Mi5c, Penerus Xiaomi Miforce, harga Xiaomi Mi5c price, cara root Xiaomi Mi5c spec
Baca Juga

Xiaomi Mi5c yang sudah muncul kabarnya sejak akhir 2016 lalu, menjadi salah satu Android Xiaomi yang akan menggunakan Pinecone, lebih tepatnya, versi terbawah prosesor yang secara kekuatan setara dengan Snapdragon 808. Sejauh ini muncul kode V670 untuk Pinecone versi terbawah tersebut, dan varian di atasnya, menggunakan kode V970, bakal diterapkan untuk Xiaomi Mi6S dan Mi Note 3.

Sebelumnya terdengar kabar jika chipset Pinecone ini memiliki basis prosesor octa-core ARM-Cortex A53 dengan kecepatan 2.2GHz serta GPU ARM Mali-T880, yang menempatkannya di kelas Snapdragon seri 6xx atau MediaTek Helio seri Pxx. Kabar beralihnya Xiaomi ke silikon besutan mereka sendiri ini memang sudah santer terdengar beberapa minggu belakangan.

Dijual Rp3 Jutaan Seperti Mi4 dan Mi5, Harga Xiaomi Mi6 Imba dengan Spec-nya!

Dijual Rp3 Jutaan Seperti Mi4 dan Mi5, Harga Xiaomi Mi6 Imba dengan Spec-nya! Spesifikasi Xiaomi Mi6 Spec, harga Xiaomi Mi6 price, benchmark Xiaomi Mi6
Baca Juga

Terutama setelah imbas Samsung yang “memborong” semua persediaan awal chipset Snapdragon 835 dari Qualcomm. Hal itu juga merupakan imbas chipset tersebut menggunakan teknologi proses produksi 10 nanometer FinFET milik Samsung, memicu Samsung menginginkan hak eksklusifitas untuk mareka sampai Galaxy S8 dijual di pasaran.

Maka tidak mengherankan jika di awal 2017 ini, kita akan mendengar jika flagship terbaru, termasuk LG G6 masih akan menggunakan chipset tahun lalu, seperti Snapdragon 821. Keadaan ini diprediksi bakal berlangsung paling cepat April 2017 mendatang, atau, setidaknya setelah Galaxy S8 dirilis. Banyak yang mengatakan trik Samsung kali ini cukup hebat, karena dengan demikian Galaxy S8 mereka bakal menjadi satu-satunya pengguna Snapdragon 835 di pasaran.

Ini Fakta Spesifikasi LG G6, Android dengan CPU Snapdragon Terkuat, Siap Hadir Bulan Ini

Ini Fakta Spesifikasi LG G6, Android dengan CPU Snapdragon Terkuat, Siap Hadir Bulan Ini, harga LG G6 spec, benchmark LG G6 benchmark
Baca Juga

Smartphone Xiaomi dengan prosesor racikan mereka sendiri bakal segera muncul ke pasaran. Apalagi ditambah dengan kesulitan Qualcomm memenuhi permintaa chipset tergahar mereka saat ini yang sudah “diamankan” persediaan awalnya oleh Samsung. Selain masalah pihak pemasok, Xiaomi juga perlahan tidak perlu bergantung pada Qualcomm dan MediaTek nantinya. Imbasnya, selain bisa jadi, harga smartphone Xiaomi dengan chipset produksi sendiri ini lebih terjangkau, juga bisa dirilis lebih cepat dari vendor lainnya.

Spesifikasi Xiaomi Mi6

Sejauh ini selain Pinecone V670 yang secara kelas bisa dibandingkan dengan Snapdragon 808, dengan arsitektur dua cluster 4 x ARM Cortex A53 + 4 ARM Cortex A53, yang dipadukan dengan GPU MaliT860 MP4 pada kecepatan 800HMz, serta diproduksi pada proses 28nm, Pinecone V970 akan menjadi andalan mereka di kelas atas.

Ini Kelebihan ROM Distributor Xiaomi Abal-abal yang Pasti Belum Kalian Ketahui

Ini Kelebihan ROM Distributor Xiaomi Abal-abal yang Pasti Belum Kalian Ketahui, Kekurangan ROM Distributor Xiaomi, ROM Distributor vs ROM Stabil Xiaomi
Baca Juga

Apa yang sudah terdengar saat ini, Pinecone V970 memiliki 4 core ARM Cortex A73 dengan kecepatan 2.7GHz, dan 4 core ARM Cortex A53 pada kecepatan 2.0GHz yang berperan menghemat baterai. Pinecone V970 juga memasang GPU papan atas Mali G71, dengan 12 core yang berjalan pada kecepatan 900MHz. Secara kasar, Xiaomi Pineocone V970 ini seharusnya mampu bersaing dengan Snapdagon 835, apalagi ketika melihat teknologi prosesnya yang sudah 10nm, atau sama seperti Snapdagon 835.

Sebelumnnya kami mendengar jika Xiaomi Mi6 nantinya bakal hadir dalam tiga varian, dengan dua jenis prosesor, MediaTek Helio X30 dan Snapdragon 835. Dengan rumor penggunaan chipset Xiaomi sendiri ini, kemungkinan besar untuk MediaTek akan dibatalkan.

Dari ketiga varian tersebut, ada yang tertinggi dengan layar melengkung, yang pasti menggunakan Snapdragon 835. Kemudian dua varian lainnya layarnya datar, satu dengan chipset Qualcomm tersebut, dan satu lagi, Pinecone V970.

Bakal Dipuja Pengikut AnTuTuDiyah, Benchmark Xiaomi Mi6 Ini Bikin Geleng Kepala

Bakal Dipuja Pengikut AnTuTuDiyah, Benchmark Xiaomi Mi6 Ini Bikin Geleng Kepala, harga Xiaomi Mi6 Indonesia, spesifikasi Xiaomi Mi6 spec
Baca Juga

Untuk yang menggunakan prosesor Pineocone V970, prediksi harganya juga bisa jadi sama dengan angka yang sebelumnya dirumorkan untuk versi MediaTek, sekitar Rp3.9 jutaan (kemungkinan besar dengan storage 64GB dan RAM 4GB). Sedangkan yang menggunakan Snapdragon 835 ada dua versi, satu dengan harga sekitar Rp4.9 jutaan (kemungkinan ini yang storage 128GB dan RAM 4GB).

Harga Xiaomi Mi6

Model ketiga dengan prosesor Snapdragon 835 serta kedua sisi layarnya melengkung seperti pada Galaxy S7 dan juga Xiaomi Mi Note 2 (atau juga Galaxy S8) serta RAM 6GB (dan prediksi saat ini, 128GB) bakal ditawarkan dengan harga sekitar Rp5.9 jutaan. Ketiga varian Xiaomi Mi6 tersebut juga dikabarkan langsung menggunakan konfigurasi Dual Camera untuk kamera utamanya, menjalankan Android 7.0 Nougat serta antar muka MIUI 9.

Spesifikasi Xiaomi Mi6

  • Xiaomi Mi 6 Premier 
    • Layar OLED Display dengan resolusi Quad HD dan desain Dual Edge (melengkung pada kedua sisinya. Benar melengkung, bukan sekadar efek 2.5D)
    • Material casing Keramik
    • Chipset Qualcomm Snapdragon 835
    • GPU Qualcomm Adreno 540
    • Memory: 6GB LPDDR4X
    • Internal storage 256GB
    • Dual Camera Sony Exmor IMX362
  • Xiaomi Mi 6 Standard
    • Layar OLED Display dengan resolusi Quad HD dan desain Dual Edge (melengkung pada kedua sisinya.
    • Chipset Qualcomm Snapdragon 835
    • GPU: Qualcomm Adreno 540
    • Memory: 4GB LPDDR4X
    • Internal storage: 128GB
    • Dual Camera Sony Exmor IMX362
  • Xiaomi Mi 6 Youth
    • Jenis layar belum diketahui, namun kemungkinan besar IPS dan resolusi Full HD
    • Chipset: Pinecone V970
    • GPU: ARM Mali G71 12-core, kecepatan 900MHz
    • Memory: 4GB LPDDR4X
    • Internal storage: 64GB
    • Dual Camera Sony Exmor IMX362

Fitur lainnya yang banyak dirumorkan seperti, Layar berpelindung Gorilla Glass 4, sensor pemindai Retina mata, sensor sidik jari, baterai 4000-mAh. Kabar terbaru, mengutip pernyataan Lei Jun, salah satu founder Xiaomi melalui media sosial Cina Weibo, dia mengatakan jika ekspektasi pasar sangat tinggi untuk chipset Snapdragon 835. Sehingga kemungkinan besar, Xiaomi akan merilis varian Snapdragon 835 terlebih dahulu, namun dengan jumlah terbatas, dan hanya untuk di Cina saja mulai Maret 2017 mendatang.



SHARE
Previous articleTrailer Film Satria Heroes – Intip Aksi Satria Garuda hingga “Mad Dog” yang Bisa Berubah Wujud!
Next articleTerlalu Lama Hiatus Tanpa Alasan Jelas, 6 Mangaka dan Penulis Ini Dinobatkan Sebagai yang Termalas
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.