Ngaku Penggemar Bola? Jangan Sampai Gak Nonton 7 Film Tentang Sepakbola Terbaik Berikut Ini!

film tentang sepakbolaJika kamu merasa sangat menggandrungi dunia sepakbola, maka jangan sampai ketinggalan untuk menonton deretan film tentang sepakbola terbaik berikut ini.

Banyak hal menarik yang bisa kita ambil dari olahraga paling populer sejagat raya ini. Mulai dari intrik antarpemain di atas lapangan, sampai gosip-gosip hangat seputar kehidupan si pemain sebagai pemain sepakbola professional selalu hangat untuk dibahas.

Kisah-kisah inilah yang akhirnya memancing para sineas untuk divisualisasikan sehingga bisa dinikmati penggemar film di layar lebar.  Lewat beragam film tentang sepakbola juga lah, akhirnya kita bisa mengetahui lebih jauh seluk beluk olahraga yang ditemukan di Inggris ini.

5 Pemain Timnas Indonesia yang Mirip dengan Karakter di Anime Captain Tsubasa!

Nah jika memperhatikan lebih seksama, ternyata ada kesamaan antara pemain Timnas Indonesia dengan deretan karakter di anime Tsubsasa.
Baca Juga

Dihimpun oleh Duniaku.net dari berbagai sumber, inilah deretan film tentang sepakbola terbaik yang harus kamu tonton sebagai penggemar fanatik sepakbola.

1

Trilogi Goal

film tentang sepakbola

Menceritakan Santiago Munez, seorang pemuda asal Mexico yang memiliki cita-cita sebagai pemain sepakbola profesional. Sayangnya, Munez lahir dari keluarga miskin di pinggiran kota. Bahkan untuk membeli sepatu sepakbola saja, Munez tak mampu.

Kemudian ia hijrah ke Los Angeles sebagai imigran gelap, dan mengasah kemampuan olah bolanya bersama klub sepakbola amatir di sana. Suatu hari, Glen Foy, seorang pemandu bakat dari Newcastle United tak sengaja melihat skill luar biasa Santiago Munez. Tanpa pikir panjang ia menghubungi manajer Newcastle United dan meminta manajer itu memberikan trial kepada Munez.

Meskipun menemukan banyak kendala, Munez pada akhirnya berhasil masuk ke tim utama Newcastle United. Pemuda miskin dari pinggiran kota Los Angeles ini pun kini menjadi pemain menjanjikan di Liga Inggris.

Pada film kedunya yang berjudul Goal: The Living Dream, kisah Santiago Munez berlanjut ketika memperkuat klub besar Spanyol, Real Madrid. Di sana ia akhirnya bisa merasakan bermain bersama bintang-bintang besar di dunia sepakbola seperti Michael Owen, Ronaldo, Raul Gonzalez, Zinedine Zidane, sampai David Beckham.

Dalam sekuel keduanya ini, cerita tak melulu soal pertandingan di atas lapangan, tapi juga saat Munez telah meraih kemenangan, pujian, dan uang, ia merasakan sisi buruk dari kesuksesannya, suatu ancaman yang dapat menghancurkan semua yang telah ia raih dan semua orang yang ia cintai. Film ini sedikit memberikan gamabran bagaimana sisi lain dari gemerlapnya panggung sepakbola yang terlihat mewah.

Film terakhir dari trilogi Goal yakni Goal: Taking on the Wolrd. Cerita beralih pada perjuangan Santiago Munez bersama Mexico dalam Piala Dunia 2006. Sayangnya film ini banyak menuai kritikan pedas karena alur ceritanya yang tak semenarik film-film sebelumya.


2

The Damned United

film tentang sepakbola

Sepakbola bukan hanya sekadar permainan 22 pemain di atas lapangan yang berusaha merebut bola. Di balik itu, ada peran pelatih atau manajer yang menjadi otak penting dari sebuah skema permainan. Itulah pesan yang ingin disampaikan dalam film The Damned United.

Brian Clough (Michael Sheenseorang pelatih yang berhasil membawa klub semenjana Inggris, Derby County, yang terjerembab di posisi bawah klasemen Divisi II ke papan atas Divisi I Inggris. Sontak saja nama Brian Clough pun langsung banyak diperbincangkan di kalangan penggemar sepakbola.

Karir gemilangnya bersama Derby County harus hancur ketika dirinya dipaksa mengalah oleh pemegang saham pada pertandingan melawan salah satu klub ternama karena alasan materi. Clough tak menuruti perintah tersebut dan akhirnya dipecat.

Tak berselang lama, ia mendapat tawaran melatih Leeds United, salah satu klub paling disegani di Inggris kala itu. Beragam tentangan hingga gelar juara Eropa yang diraih Brian Clough bersama Leeds United menjadi sajian menarik dari film The Damned United.

Menggambungkan cerita tentang keberhasilan, kegagalan, persahabatan, cinta, dan perjuangan tak kenal lelah menjadi alasan utama mengapa film tentang sepakbola yang satu ini wajib untuk kamu tonton.

The Damned United adalah film garapan Tom Hooper, dan kisahnya terinspirasi dari kiprah pelatih legendaris Inggris Brian Clough. Film tentang sepakbola ini mendapat tanggapan positif dari kritikus ketika pertama kali dirilis tahun 2009 lalu. Di situs film yang terkenal sadis seperti Rotten Tomatoes, The Damned United meraih rating 93% alias sangat bagus.

3

Escape to Victory

film tentang sepakbola

Dirilis tahun 1981, film tentang sepakbola terbaik selanjutnya adalah Escape to Victory. Film lawas yang cukup populer dan dibintangi oleh beberapa pemain tenar di kancah sepakbola seperti Pele dan Bobby Moore, pemain legendaris dari Brasil dan Inggris.

Berlatar pada Perang Dunia II, Escape to Victory menceritakan kisah sekelompok tawanan sekutu yang ditantang oleh tentara Jerman bertanding sepakbola. Namun siapa sangka, tanpa direncanakan laga ini malah jadi kesempatan emas para tawanan untuk kabur dari kamp penjara Jerman.

Selain Pele dan Bobby More, film yang disutradarai oleh John Huston ini juga turut menampilkan Michael Caine, Sylvester Stallone, hingga Max von Sydow. Escape to Victory juga bisa dibilang sangat sukses dengan pendapatan sebesar 27 juta dolar Amerika meskipun hanya ber-budget 10 juta dolar saja.

Baca Juga

Film tentang sepakbola menarik lainnya bisa kamu lihat di halaman kedua.

1
2
3

SHARE
Previous article6 Superstar Hollywood yang Karirnya Sempat Hancur dan Terpuruk
Next article4 Hikmah yang Bisa Kita Ambil dari Kasus Video Antisemit PewDiePie
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca