Mengulik Spesifikasi Galaxy A 2017, Smartphone Samsung Kelas Menengah dengan Rasa Flagship

Tak terasa keluarga Samsung Galaxy A kini sudah sampai pada generasi ketiga. Bagaimana performa Galaxy A 2017 yang ditargetkan untuk para milenial ini?

Mengulik Spesifikasi Galaxy A 2017, Smartphone Samsung Kelas Menengah dengan Rasa Flagship

Mengulik Spesifikasi Galaxy A 2017, Smartphone Samsung Kelas Menengah dengan Rasa Flagship

Tak terasa keluarga Samsung Galaxy A kini sudah sampai pada generasi ketiga. Benar, Galaxy dengan seri abjad pertama ini rilis perdana pada tahun 2015 silam. Lalu, apa saja peningkatan yang diberikan Samsung kepada ketiga ponsel ini?

[duniaku_baca_juga]

Awal tahun 2017 ini, Samsung langsung tancap gas. Tak tanggung-tanggung, tiga varian smartphone dalam wujud Galaxy A3, A5, dan A7 langsung dilempar ke pasaran pada 5 Januari lalu. Tentu saja, Samsung tak hanya menyematkan embel-embel 2017 di belakang ketiga jagoannya tersebut yang, konon, dirancang khusus untuk menyasar generasi millenial.

Ada sejumlah peningkatan minor di sana-sini yang mereka tawarkan plus fitur-fitur dambaan yang lazim ditemui pada smartphone Samsung kasta teratas, semisal fitur tahan air dan tahan debu dengan sertifikasi IP68. Itu berarti ponsel cerdas ini mampu diajak menyelam hingga kedalaman 1,5 meter selama kurang dari 30 menit. Sehingga, jika kamu tak punya cukup receh untuk memboyong Galaxy S7 atau S7 Edge, kamu tetap bisa merasakan sensasi flagship dalam wujud ketiga ponsel ini.

[duniaku_adsense]

Lalu, seperti apa detail lengkap spesifikasi keluarga Galaxy A 2017 ini? Apakah peningkatannya cukup berarti untuk konsumen lirik? Apakah ponsel-ponsel ini pantas dibeli sebagai pengganti Galaxy A generasi sebelumnya yang mungkin sudah kamu miliki? Mari kita bedah bersama.


[page_break no="1" title="Galaxy A3 2017"]

Mengulik Spesifikasi Galaxy A 2017, Smartphone Samsung Kelas Menengah dengan Rasa Flagship Samsung A3 2017. GMSArena[/caption]

Spesifikasi

Prosesor: Samsung Exynos 7 Octa-Core 7870

GPU: ARM Mali-T830 MP2

RAM: 2GB

Layar: Super AMOLED 4,7 inci HD

Proteksi: Gorilla Glass 4

ROM: 16 GB (dapat diperluas hingga 256 GB)

Baterai: 2.350 mAh Li-Po

OS: Marshmallow

Harga: Rp3,9 juta

Sebagai versi terendah di antara keluarganya, Galaxy A3 tak lantas membawa spesifikasi yang rendahan. Dengan rentang layar seluas 4,7 inci yang bersalut metal dan disertai perlindungan Gorilla Glass iterasi ke 4 di bagian depan dan belakangnya, Galaxy A3 tampak menawan dan solid dalam genggaman.

Sayang, kamera Galaxy A3 tak dilengkapi dengan teknologi OIS dan Dual Pixel. Dibanding A3 2016, besaran resolusi kamera belakang masih sama-sama 13 MP. Sedangkan, kamera swafotonya naik dari 5 MP menjadi 8 MP. Tonjolan kameranya juga semakin tipis yang kini hanya 0,7 mm saja berbanding 1,5 mm di generasi terhadulunya. Untuk menutupi kekurangan, Samsung menyertakan beberapa mode kamera dan efek warna yang bisa kamu jajal.

Mengulik Spesifikasi Galaxy A 2017, Smartphone Samsung Kelas Menengah dengan Rasa Flagship Samsung Galaxy A3 2017[/caption]

Samsung juga benar-benar meningkatkan performa A3. Galaxy A3 2017 membawa prosesor Exynos 7870 berfabrikasi 14nm yang lebih cepat ketimbang A3 2016 yang hanya berotak Exynos 7578 empat inti. Beda prosesor juga berarti beda GPU. Jika sebelumnya A3 dilengkapi dengan GPU Mali-T720 MP2, kali ini ada Mali-T830 MP2. Kapasitas RAM juga naik 0,5 GB dibanding pendahulunya. Performanya memang standar, namun cukup andal untuk kebutuhan sehari-hari.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2017/01/24/rekor-pendapatan-samsung-2017/" title="Meski Note 7 gagal total, Samsung tetap catatkan rekor pendapatan"]

Samsung Galaxy A3 2017 adalah ponsel segmen bawah dengan rasa flagship. Ponsel dengan layar di bawah 5 inci yang punya fitur tahan air dan debu serta tampilan Always On ala Galaxy S7, yang dapat menampilkan kalender, jam, notifikasi serta pengaturan lainnya dalam mode paling hemat. Kendati prosesornya tak begitu gegas, namun chipset ini sangat hemat daya. A3 2017 bahkan berhasil memecundangi iPhone 7 dalam urusan baterai.

Lanjut ke halaman kedua...

[page_break no="2" title="Galaxy A5 2017"]

Mengulik Spesifikasi Galaxy A 2017, Smartphone Samsung Kelas Menengah dengan Rasa Flagship Galaxy A5 2017. www.cdn.gospelherald.com[/caption]

Spesifikasi

Prosesor: Samsung Exynos 7 Octa-Core 7880

GPU: ARM Mali-T830 MP3

RAM: 3GB

Layar: Super AMOLED 5,2 inci Full HD

Proteksi: Gorilla Glass 4

ROM: 32 GB (Dapat diperluas hingga 256 GB)

Baterai: 3.000 mAh Li-Po

OS: Marshmallow

Harga: Rp4,9 juta

[duniaku_baca_juga]

Beralih satu tingkat ke atasnya, ada Galaxy A5. Ponsel ini juga ikut menyuguhkan peningkatan di berbagai sektor ketimbang varian yang sama pada generasi sebelumnya. Utamanya sektor prosesor dan kamera yang pastinya tak luput dari perhatian mereka. Fitur-fitur ala flagship yang kamu temui seperti di Galaxy A3 juga dapat kamu temukan di sini.

Mengulik Spesifikasi Galaxy A 2017, Smartphone Samsung Kelas Menengah dengan Rasa Flagship

Untuk performanya, peningkatan terlihat dari penggunaan prosesor yang sebelumnya hanya Exynos 7589 Octa-core. Meski mengusung fabrikasi mutakhir, 14 nm dan GPU yang lebih baik, namun prosesor ini masih berada di kelas arus utama alias standar saja lantaran hanya dilengkapi dengan delapan cortex A-53.

Mengulik Spesifikasi Galaxy A 2017, Smartphone Samsung Kelas Menengah dengan Rasa Flagship Galaxy A5 2017. Sumber: Trusted Reviews.[/caption]

Resolusi kamera belakang juga meningkat. Dari 13 MP menjadi 16 MP dengan bukaan lensanya masih sama, f/1,9. Sayang, tak ada fitur OIS di sini. Langkah mengejutkan dilakukan Samsung untuk kamera depannya yang meningkat drastis 11-digit MP lebih besar. Mungkin Samsung sadar bahwa kebutuhan selfie memang semakin mendesak di zaman modern ini atau langkah ini mungkin diambil sebagai antisipasi kompetitif dari terjangan beberapa ponsel Cina dan Taiwan yang dewasan ini besaran resolusi kamera depannya setara atau tak jarang melebihi kamera belakangnya.

Sedangkan untuk peningkatan minor di sektor lainnya dapat dilihat dari kapasitas baterai yang sebelumnya 2.900 mAh menjadi 3.000 mAh, memori internal bertambah dari 16 GB menjadi 32 GB serta RAM dari 2 GB menjadi 3 GB. Oh iya, sama seperti kedua varian lainnya, Galaxy A5 generasi ketiga ini punya bezel yang lebih tipis, membuatnya semakin cantik dan seksi.

Ponsel ini seolah menjadi jawaban buat kamu yang punya bujet lebih dan tak puas dengan apa yang A3 tawarkan. Dengan layar lebih besar dan prosesor yang lebih gegas. Pun keunggulan layar Super AMOLED yang sungguh menampilkan output berkualitas tinggi. Meski, baterainya hanya meningkat 100 mAh, namun tetap efisien berkat penggunaan prosesor 14 nm.

[duniaku_adsense]

[page_break no="3" title="Galaxy A7 (2017)"]

Mengulik Spesifikasi Galaxy A 2017, Smartphone Samsung Kelas Menengah dengan Rasa Flagship Galaxy A7 2017.[/caption]

Spesifikasi

Prosesor: Samsung Exynos 7 Octa-Core 7880

GPU: ARM Mali-T830 MP3

RAM: 3GB

Layar: Super AMOLED 5,7 inci Full HD

Proteksi: Gorilla Glass 4

ROM: 32 GB (Dapat diperluas hingga 256 GB)

Baterai: 3.600 mAh Li-Po

OS: Marshmallow

Harga: Rp5,9 juta

Sebagai varian paling tinggi, A7 memang banyak menawarkan peningkatan drastis dari pendahulunya. Namun, jika dibandingkan dengan A5, ia seperti sebuah ponsel dengan layar dan kapasitas baterai lebih besar namun mengusung jeroan yang lebih kurang sama. Apa saya sudah menyebutkan kalau harganya juga ikut naik cukup tinggi?

[read_more link="http://www.duniaku.net/2017/02/08/harga-redmi-note-4x-hatsune-miku/" title="Ini bukti Redmi Note 4x Hatsune Miku segahar Xiaomi mi 5"]

Untuk urusan kinerja juga diserahkan kepada prosesor yang sama seperti A5, Exynos 7880, dengan kecepatan yang sama pula, 1,9 Ghz. Hal yang sama terjadi pada besaran RAM dan kapasitas internal, yang masing-masing ditingkatkan menjadi 3 GB dan 32 GB.

Mengulik Spesifikasi Galaxy A 2017, Smartphone Samsung Kelas Menengah dengan Rasa Flagship Aplikasi Game Launcher sudah terpasang langsung di semua Galaxy A 2017. Sumber: www.howtogeek.com[/caption]

Untuk urusan kamera juga tak jauh berbeda. A7 (2017) mendapat peningkatan resolusi dari sebelumnya hanya 13 MP menjadi 16 MP. Namun, tak seperti A3 dan A5, A7 dilengkapi dengan teknologi OIS. Resolusi kamera depannya juga ikut meningkat dramatis seperti A5, dari yang semula hanya 5 MP menjadi 16 MP.

Mengulik Spesifikasi Galaxy A 2017, Smartphone Samsung Kelas Menengah dengan Rasa Flagship Celupin aja, tahan air kok. Sumber: www.sammobile.com[/caption]

Sedangkan, untuk peningkatan lain yang pantas kita perhatikan adalah bentang layar yang lebih luas. Untuk kamu yang suka menonton film dan bermain game tentu hal ini akan sangat membantu. Semakin dimanjakan pula dengan kapasitas baterai yang sebelumnya 3.300 mAh kini meningkat menjadi 3.600 mAh. Tenang, untuk mempercepat pengisian daya, sudah ada fitur fast charging dan colokkan USB tipe-C, sama seperti varian Galaxy A 2017 lainnya.

Jika bukan karena desain melengkung di kedua sisi, mungkin A7 sekilas akan terlihat mirip dengan S7 Edge. Ponsel yang begitu ergonomis ini bisa jadi pilihan pemungkas buat kamu yang ingin membeli Galaxy seri A dengan rasa flagship. Itupun kalau kamu tak mempertimbangkan untuk membeli Galaxy S6 yang punya disparitas fitur sedikit lebih baik dengan harga yang tak jauh berbeda.


Ketiga ponsel ini tersedia dalam warna Black Sky, Gold Sand, Blue Mist, dan Peach Cloud. Ponsel yang benar-benar dirancang agar para peminat Samsung yang punya bujet terbatas dapat merasakan sensasi Galaxy S7 dengan harga yang lebih murah. Dengan berbagai peningkatan di berbagai sektor seperti prosesor, USB-C, fitur tahan air dan debu bersertifikasi IP68, Always-On Display, jelas kamu yang berminat pada ponsel Korea Selatan ini akan semakin girang dibuatnya.

Memang, jika melihat banderol harga ketiga ponsel ini, kita pasti akan berpikir dua kali untuk mempertimbangkan ponsel Cina dengan harga setara (atau lebih rendah), namun menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi. Akan tetapi, kembali seperti yang telah disebutkan tadi, apabila kita mempertimbangkan fitur-fitur unggulan ala flagship Samsung seperti ketahanan air dan debu, fitur always-on, dan lain-lain, harga yang Samsung tawarkan untuk keluarga Galaxy A generasi ketiga ini terbilang sangat kompetitif.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU