Inilah 5 Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Harus Diketahui Penggemar K-pop!

Sebagai penggemar K-pop, pastinya kamu pernah merasakan bagaimana idolamu harus meninggalkan sementara panggung hiburan demi menjalankan program wajib militer. Tapi tahukah kamu beberapa fakta mengejutkan di balik wajib militer di Korea Selatan?

Tak ada yang bisa membendung gebrakan invasi industri Korea Selatan di Indonesia. Hanya dalam waktu kurang dari lima tahun saja, Korea Selatan mampu memproklamasikan diri sebagai kiblat baru industri hiburan di Asia.

Mulai dari film-film drama yang mengiris air mata sampai girl band dan boy band yang membuat penonton terpana menyaksikan gemerlapnya industri hiburan negeri gingseng tersebut.

Ternyata 9 Karakter Anime Ini Punya Kesamaan Wajah dengan Artis K-Pop Loh!

Ternyata artis-artis K-pop ini ngikutin gaya karakter anime juga loh
Baca Juga

Namun di balik gemerlapnya industri hiburan Korea, terdapat ketakutan tersendiri bagi para bintangnya, terutama laki-laki, yaitu wajib militer. Ya Korea Selatan adalah salah satu negara di dunia yang menganut program wajib militer bagi semua warganya, tak terkecuali dengan oppa-oppa ganteng favoritmu.

Tapi tahukah kamu seperti apa program wajib militer di Korea Selatan ini? Nah kalau belum, Duniaku.net dengan baik hati telah merangkum deretan fakta wajib militer di Korea Selatan.

1

Alasan Wajib Militer di Korea

wajib militer di korea

Wajib militer biasanya diadakan guna meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, keberanian dan kemandirian seorang dan biasanya diadakan wajib untuk pria. Itulah salah satu alasan yang melatarbelakangi mengapa Korea Selatan melaksanakan program wajib milter.

Pasalnya, meskipun sudah lama merdeka, tak dapat dipungkiri lagi jika konflik antara dua negara bertetangga Korea Selatan dengan Korea Utara masih terjadi hingga sekarang. Tak mengherankan mengapa wajib militer begitu penting bagi negara yang terletak di Asia Timur ini.

2

Syarat Wajib Militer

wajib militer di korea

Meskipun dinamakan wajib militer, namun tak sembarang orang yang diwajibkan untuk ikut dalam kegiatan-kegiatan militer ini. Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk ikut serta dalam wajib militer adalah usia yang cukup yakni antara 20 sampai 30 tahun.

Ada beberapa golongan yang tidak diwajikban untuk mengikuti wajib militer di Korea Selatan yaitu orang cacat, ilmuwan, kriminal, orang yang mengalami cidera fisik, dan pencari nafkah utama.

Uniknya, orang yang berjasa bagi negara juga tidak diwajibkan untuk ikut wajib militernya. Contohnya para pemain Timnas Korea Selatan yang sukses masuk babak semifinal Piala Dunia 2002.

3

Periode Wajib Militer

wajib militer korea

 

Inilah yang menjadi masalah besar mengapa banyak pria di Korea Selatan termasuk para artis K-pop menghindari program wajib militar. Pasalnya rentang waktu yang bisa dihabiskan peserta wamil di kamp pelatihan sekitar 2,3 sampai 2,5 tahun.

Mereka sebisa mungkin tidak berkomunikasi dengan dunia luar dan hanya fokus pada kamp pelatihan. Mereka juga harus sementara waktu meninggalkan pekerjaan atau sekolahnya, namun pemerintah akan mengganti dengan sejumlah uang atau gaji bagi warganya yang sedang mengikuti program wajib militer.

4

Hukuman Jika Tidak Mengikuti Wajib Militer

Nah bagi siapa saja yang mencoba menghindar untuk tidak ikut wajib militer tentu akan ada konsekuennya. Menurut hukum di Korea, jika ada warga Korea yang sengaja tidak menjalani wamil, akan mendapat hukuman penjara kurang lebih tiga tahun lamanya.

Mungkin ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak artis Kpop yang memilih pasrah dan meninggalkan sementara dunia hiburan Korea Selatan.

5

Cara Tak Ikut Wajib Militer

Bagi mereka yang tetap keukeuh untuk tidak mengikuti wajib militer namun ingin menghindar dari hukuman penjara, maka satu-satunya cara adalah menanggalkan kewarganegaraan Koreanya.

Namun tentu saja ini akan menyulitkan mereka jika di masa depan kembali ke Korea. Yang pertama, hampir tidak mungkin bagi mereka untuk mendapatkan kewarganegaraan Koreanya kembali. Yang kedua, jika mereka ingin berkarir di Korea, mereka harus siap menerima tekanan kultural.

Di Korea, laki-laki belum dianggap sebagai laki-laki sepenuhnya jika mereka belum masuk wamil.

Baca Juga

Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous articleCerita Hero Dota 2: Timbersaw, Robot Penghancur Pohon dan Perusak Alam
Next articleTerjawab! Ini Alasan Orochimaru dan Yamato Selalu Bersama dalam Naruto 494 dan Naruto 495
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca