Jangan Ngaku Penggemar Doraemon kalau Gak Tahu 5 Fakta Fujiko F. Fujio Ini

fakta fujiko f fujio

Deretan fakta Fujiko F. Fujio ini wajib banget kamu tahu sebagai penggemar berat animanga Doraemon.

Siapa sih yang enggak kenal sama salah satu manga paling populer di dunia yaitu Doraemon? Pastinya kamu sudah tak asing dengan kisah robot kucing yang mampu mengabulkan segala permintaan nobita lewat beragam benda-benda canggih.

Muncul pertama kali tahun 1969, manga Doraemon langsung mencuri perhatian penggemar manga di Jepang maupun dunia. Di Indonesia sendiri, Doraemon baru benar-benar populer di tahun 90-an ketika animenya ditayangkan rutin setiap hari Minggu di RCTI. Mungkin kamu adalah penonton setianya kala itu.

Namun sebagai penggemar Doraemon, tahukan kamu kisah-kisah menarik dari sang pembuatnya yaitu Fujiko F. Fujio? Kalau belum, kamu wajib simak deretan fakta Fujiko F. Fujio berikut ini.

1

Asal Usul Nama Fujiko F. Fujio

fakta fujiko f fujio

Mungkin banyak yang belum tahu jika Fujiko Fujio adalah nama pena dari dua orang mangaka pendatang baru dari Fujimoto Hiroshi dan Abiko Motoo. Kolaborasi mereka dimulai sejak tahun 1951 dan menggunakan nama pena Fujiko Fujio. Salah satu manga kolaborasi mereka adalah Obake no Q-taro (Little Ghost Q-taro), mengisahkan sosok hantu imut yang tinggal bersama keluarga Ohara.

Pada tahun 1987, kerjasama keduanya terpaksa harus berakhir karena perbedaan prinsip. Abiko Motoo lebih memilih menekuni  genre komedi dewasa sedangkan Fujimoto Hirosho memilih genre anime anak-anak.

Sejak saat itu Fujimoto Hiroshima mengganti nama pena Fujiko Fujio dengan memberikan huruf F di tengah sehingga menjadi Fujiko F. Fujio seperti yang kita kenal sampai sekarang.

2

Terinspirasi dari Osamu Tezuka

fakta fujiko f fujio

Osamu Tezuka adalah mangaka legendaris Jepang yang lahir tahun 1928 dan banyak menginspirasi mangaka-mangaka pada generesi berikutnya. Tak terkecuali dengan Fujio F. Fujiko.

Sejak sekolah dasar, karya-karya Osamu Tezuka sangat mempengaruhi gaya menggambar dari Fujiko F. Fujio, terutama seri manga Shin Takarajima. Berkat motivasi itulah yang selalu menjadi penyemangat Fujiko dalam menggarap manga-manganya, termasuk manga populer Doraemon.

3

Ide Pertama Kali saat Menciptakan Karakter Doraemon

fakta fujiko f fujio

Fakta Fujiko F. Fujio selanjutnya mungkin akan membuatmu tersenyum. Pasalnya ada kisah menarik di balik pembuatan manga Doraemon. Ketika memikirkan manga apa yang ingin ia buat di rumahnya, ia teringat kucing liar yang pernah tinggal dengannya. Fujimoto kemudian berbaring dan bermalas-malasan di sofa, lalu ia terbangun dengan kaget karena tersandung mainan.

Tiba-tiba terlintas di benak Fujimoto ide menarik mengenai kucing, anak kecil pemalas, dan mainan. Terciptalah cerita seekor robot kucing yang datang dari masa depan dan bertemu bocah laki-laki pemalas. Sejak tahun 1969, manga Doraemon pun terbit dan hingga sekarang manga legendaris ini masih terus diproduksi.

4

Penghargaan yang Diraih

fakta fujiko f fujio

Kepopuleran Doraemon tentunya membuat nama Fujiko F. Fujio banyak mendapat pujian dari berbagai kalangan. Deretan penghargaan demi penghargaan bergengsi pun disematkan kepada mangaka kelahiran 1 Desember 1933.

Di antaranya adalah  Shogakukan Manga Award untuk manga anak-anak tahun 1982,  Kawasaki City’s Cultural Prize tahun 1981, dan Golden Gloss Prize tahun 1989.

5

Kepergian Fujiko F. Fujio

fakta Fujiko F. Fujio

Pada tahun 1996, industri hiburan Jepang dikagetkan dengan kepergian Fujiko F. Fujio untuk selama-lamanya. Dikabarkan ia menghembuskan nafas terakhirnya karena penyakit kanker yang sudah lama ia derita.

Baca Juga

Kepergian Fujio F. Fujia pun membuat banyak penggemar setia Doraemon berduka. Namun dengan karyanya yang terus eksis, nama Fujiko F. Fujio tetap ada di hati fans setia Doraemon.

Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous articleResmi! Inilah Aktor dan Aktris Pemeran Film Han Solo!
Next articleNikmati Petualangan Lengkap Nathan Drake Lewat Bundel Uncharted Adventure Pack
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca