Selain Snapdragon 625, Motorola Moto G5, Punya Kamera Canggih, Sony Exmor Dual-Pixel

Motorola Moto G5

Mobile World Congress 2017 bakal berlangsung mulai 27 Februari hingga 2 Maret 2017 mendatang. Banyak vendor yang memanfaatkan event selular terbesar ini untuk mengkonfirmasikan smartphone terbarunya yang akan dijual di sepanjang tahun 2017. Salah satunya Motorola. Vendor yang sejak 2014 lalu diakuisisi Lenovo ini dikabarkan menyiapkan beberapa produk terbarunya, seperti keluarga Motorola Moto G5.

Baca Juga

Secara desain, Motorola Moto G5 tidak berbeda jauh dari pakem desain Motorola tahun lalu (misalnya, lensa kameranya berbentuk bulat, dan besar!), namun beberapa bocoran menunjukkan kini seri “G” terbaru ini terlihat lebih kokoh dengan frame casing berbahan metal. Berbeda dengan Moto Z yang baru saja dijual resmi di Indonesia, kelas menengah Motorola ini masih mempertahankan panel belakang yang bisa dibuka untuk mengakses baterai (dan juga bebas menggantinya). Panel tersebut berbahan metal. Setidaknya, lebih kuat dan tidak murahan seperti pada seri sebelumnya.

Ga Pake Mahal, Spec 5 Jutaan dalam Motorola Moto G4 Ini Hanya Dijual 2 Jutaan!

Prosesor octa-core, RAM 3GB, layar Full HD, OS Android Marshmallow dan pasti dapat update Android N, kamera 16MP dengan fokus phase detect dan dukungan laser, dijual hanya 2 jutaan?
Baca Juga

Keluarga Motorola Moto G5 juga sudah menyematkan sensor sidik jari di bawah layar sebagai standar. Bentuknya lebih membulat, dibandingkan kotak seperti pada Moto Z dan Moto G4. Kemudian ciri khas Google Nexus masih kalian dapati juga, seperti, tombol virtual pada layar. Smartphone yang juga langsung menjalankan Android 7.0 ini juga disebutkan memiliki sensor biometrik pada bidang sidik jarinya, atau, sama seperti pada OnePlus 3, atau juga pada Lenovo P1 Turbo.

Dengan sensor tersebut, kalian bisa melakukan beberapa fungsi tambahan berbasis genture (ke kiri, kanan, atas atau bawah), seperti swipe untuk back, atau mengaktifkan mode multitasking. Dengan demikian, kalian juga mendapatkan opsi membuang tombol virtual pada layar, jika lebih suka melakukan gesture pada touchpad tersebut.

Moto Z dan 4 Smartphone Berkualitas Kamera Tinggi Ini Bikin Kalian Lupa Sama DSLR!

Selain Lenovo Moto Z, 4 Smartphone resmi di Indonesia ini punya kualitas kamera sangat mumpuni dan bisa bisa bikin kamu lupa kalau DSLR itu ada!
Baca Juga

Spesifikasi Motorola Moto G5


Beberapa detail spesifikasinya yang sudah terungkap untuk Moto G5 (dengan kode XT1672), seperti penggunaan chipset Qualcomm MSM8937 dengan prosesor Snapdragon 430, 28nm, octa-core ARM-Cortex-A53 pada kecepatan 1.4 GHz, GPU Adreno 505 pada kecepatan 450MHz, internal storage 32GB, RAM 2GB, dan konfigurasi kamera 13-megapixel (fokus phase-detect dan lampu kilat dual-tone) serta 5-megapixel di depan.

Untuk kapasitas baterainya, sayang sekali, menurun 200mAh dari Moto G4. Kini menjadi 2800mAh saja. Kemudian di sisi layar, mengecil dari tahun lalu, kini hanya IPS 5-inchi dengan resolusi Full HD. Demikian menghasilkan kepadatan pixel 441ppi. Seperti varian Plus-nya, sudah berpelindung Gorilla Glass 3.

Kemudian meskipun tidak ada klaim fitur anti debu dan air di sini, namun dari bocoran brosur penjualan kedua Motorola Moto G5, disebutkan jika keduanya memiliki lapisan coating nanto khusus, sehingga smartphone dengan dimensi 73×144.3×9.5-mm dan berat 145-gram ini setidaknya masih tahan jika terkena cipratan air.

Moto G5 bisa dikenali dengan lubang mic sekundernya yang berada di sisi atas…
Ini Moto G5, bukan yang versi Plus…

Motorola Moto G4 Plus, Android Setara iPhone 6s Plus dengan Kamera Canggih!

Walaupun kualitas kameranya setara iPhone 6s Plus, namun ternyata harganya hanya 1/4-nya dari smartphone Apple!
Baca Juga

Spesifikasi Motorola Moto G5 Plus


Varian plus-nya tentu saja juga ada, dengan pembeda seperti chipset Qualcomm MSM8953 dengan prosesor Snapdragon 625, 14nm, octa-core ARM-Cortex-A53 pada kecepatan 2.0 GHz, GPU Adreno 506 dengan kecepatan 650MHz, internal storage 64GB, RAM 2GB. Sisi konektivitas membedakan varian Plus dengan yang biasa, karena smartphone dengan dimensi 74×150.2×7.9-mm dan berat 155-gram ini memiliki chip NFC. Baik G5 dan G5 Plus memiliki slot miroSD untuk memberpesar kapasitas internalnya.

Layar untuk versi Plus juga lebih besar. Moto G5 Plus yang bakal mulai dijual Maret 2017 mendatang ini mengusung layar IPS berdimensi 5.2-inchi (turun juga dari 5.5-inchi pada Moto G4 Plus), resolusi Full HD dengan kepadatan pixel 424ppi, kamera depan 5-megapixel, kamera belakang 12-megapixel Sony Exmor RS IMX362 dengan dual autofocus pixel (biasa disebut dual-pixel) serta lampu kilat dual-tone, atau sama seperti yang digunakan pada Asus Zenfone 3 Zoom dan Vivo Xplay 6, serta kapasitas baterai 3080mAh yang mendukung opsi fast-charging TurboCharge.

Satu hal yang mungkin bakal disambut baik di Indonesia, keduanya memiliki dua slot kartu SIM, berukuran nano, dan masih ada slot micro SD yang terpisah dari keduanya (alias, bukan hybrid). Well, dengan beberapa smartphone tipe baru Lenovo masih mempertahankan tiga slot, kami tidak heran jika kedua Moto G5 ini juga masih melanjutkan fasilitas dari Moto G4 ini, yang akhir-akhir ini banyak dibuang vendor smartphone!

Untuk harganya, sejauh ini belum terungkap. Namun melihat Moto G4 yang ditawarkan di luaran dengan harga Rp2.5-2.9 jutaan, kami yakin kedua Moto baru ini juga akan dijual dengan harga yang terjangkau, apalagi jika dijual resmi di Indonesia. Toh untuk kelas Rp1 jutaan, Lenovo dan Motorola cukup dikenal dengan Moto E3 power di Indonesia.

Sumber: Dudu Rocha, Reddit


SHARE
Previous article7 Karakter Anime dengan Nama Terpanjang. Dijamin, Gak Mungkin Hafal yang No. 7
Next articleDark Souls Vs Nioh Vs Bloodborne, Mana yang Terbaik?
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.