Gunakan CPU Snapdragon dan Sony Exmor Terbaru, Ini Detail Spesifikasi Redmi Pro 2

Xiaomi Redmi Pro

Xiaomi Redmi Pro diluncurkan Xiaomi awal Agustus 2016 lalu, dan menjadi pembuktian jika produsen ponsel Cina ini juga bisa tampil beda. Layar AMOLED serta dual-camera dengan kemampuan efek foto 3D Stereo serta depth-of-field yang dalam merupakan dua fitur orisinalnya di tengah keluarga Xiaomi, selain, harganya yang hanya Rp2.5 jutaan. Enam bulan eksis, sudah sepantasnya ditawarkan penerusnya, Xiaomi Redmi Pro 2.

 

Tahun ini Xiaomi sudah merencanakan banyak smartphone dalam daftar mereka. Redmi Note 4 Internasional berprosesor Snapdragon menjadi yang pertama, disusul Redmi Note 4X, dan kemudian juga ada flagship Xiaomi Mi6, varian ekonomisnya melalui Xiaomi Mi5c, dan bahkan, penerus Xiaomi Mi Mix 2, yang cukup fenomenal dan melahirkan tren smartphone bezeless yang kini bahkan diikuti oleh Samsung, LG, dan kabarnya, juga iPhone 8 nantinya.

Spesifikasi Redmi Pro 2

Ini yang Membuat Xiaomi Redmi Pro Lebih Worth It Dibandingkan Galaxy Note 7

Hari gini masih mau keluarin duit 10,7 jutaan hanya untuk mendapatkan smartphone flagship?
Baca Juga

Terakhir ada rumor versi upgrade Redmi 4, dan juga penerus phablet Xiaomi Mi Max 2. Namun sebelum keduanya muncul, Xiaomi Redmi Pro 2 sudah terdengar sejak akhir Januari 2017 lalu. Seperti apa spesifikasi Redmi Pro 2 yang sudah terungkap?

Menggunakan Teknologi Silikon Milik Samsung


Prosesor Snapdragon 660 yang dikabarkan memperkuat Xiaomi Mi Max 2 ini memang duduk di kelas menengah. Namun performa Snapdragon 650 hingga Snapdragon 653 yang cukup baik, bahkan memuaskan banyak pengguna smartphone berprosesor kelas 6 tersebut, sudah cukup membuat pasar antusias dengan penerusnya ini.

Sejauh ini disebutkan jika Snapdragon 660 bakal menggunakan teknologi proses yang dimiliki Samsung, 14nm LPP (Low Power Plus) yang baru diumumkan awal tahun 2017 ini. Snapdragon 660 juga menggunakan delapan inti prosesor, dan kali ini tampaknya akan mengadopsi arsitektur ARM Cortex-A72 (dengan empat inti 2.2 GHz) dan Cortex-A53 (dengan empat inti 1.9 GHz) sekaligus.

Kemudian di sisi pengolah grafis, GPU Adreno 512 akan ditandemkan pada prosesor tersebut, serta ditambah dengan dukungan RAM LPDDR4X-1866 dual-channel, penyimpanan UFS 2.1 yang kencang, sektor fotografi bisa mengoperasikan kamera hingga 24MP, koneksi LTE mencapai Cat.10 dan mendukung carrier aggregation (memungkinkan jaringan 4G berjalan di dua frekuensi berbeda, sehingga kecepatan datanya jadi bisa dilipatgandakan).

Xiaomi Redmi 5 Disiapkan, Ini Bocoran Spesifikasi Penerus HP Termurah Xiaomi

Xiaomi bakal sibuk, setelah Redmi Note 4 Snapdragon, Redmi Note 4X, Xiaomi Mi6, Xiaomi Mi5c, kini ada Redmi Pro 2, Xiaomi Mi Max 2, Mi Mix 2, dan juga, Redmi 4S atau Redmi 5.
Baca Juga

Kabarnya Qualcomm 660 bersama dua prosesor baru lainnya, Snapdragon 630 dan Snapdragon 635, bakal meluncur tahun ini, sekitar paruh kedua 2017. Peluangnya, Oppo, Vivo, dan Xiaomi menjadi vendor smartphone pertama yang bakal mengadopsinya.

Bocoran awal spesifikasi Redmi Pro 2

Spesifikasinya Makin Menggoda

Ketika pertama kali terungkap melalui laman media sosial Weibo di Cina, Xiaomi Redmi Pro 2 ini disebutkan bakal memiliki memory 4GB atau 6GB RAM, internal storage 64GB atau 128GB, layar 5.5-inchi berbahan AMOLED dengan resolusi Full HD (1080×1920-pixel. kapasitas baterai 4500mAh, atau meningkat 500mAh dari sebelumnya, casing berbahan metal, serta sensor kamera baru, Sony Exmor RS IMX362 dengan resolusi maksimal 12MP. Sayangnya, dari bocoran yang terungkap beberapa saat yang lalu, sensor kameranya hanya ada satu.

Selain Snapdragon 625, Motorola Moto G5, Punya Kamera Canggih, Sony Exmor Dual-Pixel

Android 7 Nougat, Snapdragon 625, kamera canggih dengan sensor dual-pixel ala Galaxy S7, dan ditawarkan dengan harga terjangkau. Setelah Moto Z, semoga saja Lenovo Indonesia juga memasukkan smartphone terbaru Motorola ini ke pasar lokal.
Baca Juga

Generasi Kamera Terbaru Sony Exmor


Sony Exmor RS IMX362 yang digunakannya ini juga bukan sensor primitif seperti yang digunakan pada Redmi Pro, yaitu IMX258. Sensor tersebut diproduksi tahun 2014, dan memang sekarang masih digunakan di banyak smartphone terbaru yang ingin mengajukan harga ekonomis, namun menggunakan sensor kamera papan atas. Hanya saja kemampuannya jelas di bawah sensor terbaru Sony Exmor, termasuk Sony Exmor RS IMX362 ini.

Spesifikasi-Redmi-Pro-5

Sony Exmor RS IMX362 akhir-akhir ini diketahui juga bakal digunakan untuk Asus Zenfone 3 Zoom, Vivo Xplay 6 dan Motorola Moto G5, dan merupakan salah satu sendor terbaru yang diproduksi oleh Sony. Resolusi maksimalnya memang hanya 12-megapixel, namun Exmor RS IMX362 memiliki teknologi dual autofocus pixel (biasa disebut dual-pixel) ala Galaxy S7, serta ukuran masing-masing pixelnya yang cukup besar, 1.4 μm (mikron pixel).

Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge Bikin Kalian Melek Fotografi, Sampai ke Level Pro!

Awas, Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge bisa bikin kalian lupa jika kamera point-and-shot itu pernah eksis. Plus, hanya ini satu-satunya smartphone yang peduli kesehatan gamer dan juga fotografer. Kok bisa? Cek point terakhir ya!
Baca Juga

Dual-pixel sangat membantu dalam menentukan fokus dan mempengaruhi juga kecepatan shutter, karena ada lebih banyak pixel yang digunakan dalam menentukan fokus (melalui sistem phase-detection) yang akan diambil. Menurut Samsung, Galaxy S7 mereka memanfaatkan semua, atau 100% pixel yang dimiliki kameranya dalam mendukung proses fokus.

Hasilnya, meskipun ini bukan autofokus laser yang diklaim memiliki kecepatan sepersekian detik dalam menentukan fokusnya, dual-pixel juga sangat cepat dalam menentukan fokus, dan itu jelas mendukung penggunanya dalam melakukan pemotretan yang cepat.

Ukuran sensornya sendiri tidak terlalu impresif, 1/2.55″ saja. Well, jika kalian mencari Xiaomi dengan kamera tercanggih, sejauh ini masih dipegang posisinya oleh Xiaomi Mi5s, dengan ukuran sensor terbesar di kelas Sony Exmor, yaitu 7.81 mm (1/2.3″), dan besar pixel 1.55 μm.

Spesifikasi-Redmi-Pro-9

Berapa Harganya?


Meskipun belum resmi, namun poster yang memperlihatkan smartphone ini menuliskan jika Xiaomi Redmi Pro 2 bakal dijual dalam dua pilihan harga:

  • CNY 1599 (sekitar Rp3.1 Juta) untuk versi RAM 4GB dengan ROM 64GB
  • CNY 1799 (sekitar Rp3.5 Juta) untuk versi RAM 6GB dengan ROM 128GB

Bagaimana menurut kalian dengan harganya? Sebenarnya itu setara dengan ketika Redmi Pro pertama kali dijual di Indonesia lho! Jadi makin pusing nih memilih, karena bakal ada banyak Xiaomi yang ditawarkan setahun ini.

Sumber: Weibo, NewsMyDrivers


SHARE
Previous article6 Lagu Inuyasha Paling Berkesan hingga Akhir Seri
Next articleDeveloper Survive! Mola-mola! Membuat Game Pokemon Baru yang Berjudul Splash Magikarp!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.