3 Profil Pendobrak Rekor MMR Dota 2

Perjalanan rekor MMR tidak mulus! Badman hampir memecahkan rekor 9k MMR, namun ada masalah yang menyebabkan akhirnya Miracle- yang menang. Apa masalahnya?

2

w33 - 8.000 MMR

Rekor 8.000 pertama kali dipecahkan oleh Omar ‘w33haa’ Aliwi atau juga dikenal dengan nickname w33 pada Juni 2015. Saat ini, w33 bermain untuk tim Digital Chaos dan sukses memenangkan ESL One Genting pada awal 2017 lalu.

W33 dikenal karena permainan Meepo-nya yang berenergi. Dalam setiap pertandingan, w33 sama sekali tak tampak kesulitan mengontrol empat hero sekaligus dan mampu melakukan farming dengan cepat baik di lane maupun di jungle. Selain Meepo, ia juga dikenal mahir menggunakan hero mid lain seperti Invoker dan Windranger.

w33 mmr 8k

Screenshot profil Dota 2 w33haa

Meski memecahkan rekor, ternyata reputasi w33 tidak terlalu baik di dunia profesional Dota 2. Pasalnya, w33 tertangkap tangan melakukan tindakan yang tidak terpuji untuk memenangkan pertandingan atau mempertahankan MMR-nya.

Tindakannya yang paling disorot adalah saat ia menggunakan cheat untuk memenangkan sebuah pertandingan persahabatan antar-pemain pro dalam ajang European Elite League (EEL). Game dalam pertandingan ini dimainkan dalam sebuah lobby private, bukan publik.


CONTINUE READING BELOW

3 Trik Aneh untuk Tingkatkan MMR Kamu!

Bosan mondar-mandir di MMR segitu-segitu saja? Tingkatkan MMR kamu dengan cara-cara simpel tapi efektif di bawah ini! Gampang banget!


Biasanya, lobby dalam pertandingan ini dibuat oleh seorang spectator. Namun dalam sebuah pertandingan, w33haa menawarkan diri untuk membuat lobby. Permainan berjalan cukup sengit. Namun para pemain professional yang bermain dalam lobby tersebut merasakan keanehan. Pasalnya, hero Meepo yang digunakan w33 saat itu berkembang dengan sangat cepat!

Melihat kecepatan farming yang tidak wajar tersebut, salah satu pemain pro yang ikut bermain, Latyos12, memutar kembali replay pertandingan untuk mempelajari gaya bermain w33haa. Dalam replay itu, Latyos12 menemukan hal mengejutkan: w33haa ternyata menggunakan cheat!

Saat membuat lobby, w33haa mengaktifkan fitur cheat di lobby tersebut. Fitur cheat memang bisa dengan mudah diaktifkan di Dota 2, biasanya untuk mereka yang sedang berlatih. Namun tindakan mengaktifkan cheat ini tidak diinformasikan baik pada rekan satu tim atau pun lawan.

Cheat yang digunakan saat itu adalah -refresh. Cheat ini berguna untuk mengembalikan HP dan Mana hero menjadi full. W33haa tampak menggunakan cheat ini berkali-kali saat ia farming di jungle.


CONTINUE READING BELOW

Inilah Meta Terbaru Lycan yang Dapat Membantumu Meningkatkan MMR!

Apakah benar bermain sebagai Lycan tidak memerlukan skill micro yang baik? Seperti apa meta terbaru bagi heri yang satu ini?


Tentu saja ini memancing kemarahan komunitas. W33haa memberikan alasan bahwa ia sedang bosan dengan EEL dan menyalakan cheat untuk mengurangi kebosanan tersebut. Tentu saja alasan ini tidak dapat diterima. Dengan segera, panitia EEL mengeluarkan w33haa dari kompetisi dan mengembalikan skor mereka yang dikalahkan w33haa dalam ajang tersebut.

Tindakan tidak terpuji lainnya terjadi saat w33haa diketahui dengan sengaja membuat server crash. Ia melakukan itu saat timnya kalah di public match. Tentu dengan ini, ia menghindarkan diri dari hukuman -25 MMR yang diterima pemain saat kalah pertandingan.

Dua hal tersebut, yakni insiden di EEL dan tindakan crash server, membuat pencapaian 8k MMR w33haa tidak banyak diakui, bahkan dikucilkan komunitas. Tentu ini menjadi pelajaran bagi kita, sebaik apa pun kita, ada baiknya kita menjaga reputasi kita dengan tidak melakukan perbuatan buruk di komunitas.

3

Veldt - 7.000 MMR

Tidak banyak yang diketahui orang tentang Joe “Veldt” King. Bahkan hingga saat ini, tidak banyak catatan akan keberhasilannya meraih 7.000 MMR di tahun 2014, begitu pula dengan profilnya. Namun, prestasi Veldt saat itu luar biasa. Pasalnya, sebagian besar pemain pro Dota 2 saat itu masih ada di MMR 2.000. MMR 6.000 dianggap luar biasa.


CONTINUE READING BELOW

3 Hal Ini Ternyata Bisa Menaikkan MMR Dota 2 Dari 3000 ke 4000!

Frustasi MMR kamu tak kunjung naik setelah ribuan game? Ternyata 3 hal yang dilakukan redittor ini bisa menaikkan MMR Dota 2 dari 3k ke 4k loh!


Tentu ini membuat curiga komunitas kala itu. Namun setelah dicari tahu, MMR tersebut memang secara legit didapatkan Veldt. Dengan segera, ia diajak untuk bergabung dalam tim profesional bernama Team Boreas, kala itu bersama Jacob “Maelk” Toft-Andersen, Austin “TheCapitalist” Walsh, Brian “FLUFFNSTUFF” Lee, dan Jimmy “DeMon” Ho.

Apa yang dilakukan Veldt, tentu saja segera memancing ambisi komunitas untuk mendorong angka MMR tertinggi lebih jauh lagi.


Nah, menurut kalian, bagimana karir para pendobrak MMR ini? Apakah kalian memiliki style bermain yang sama dengan Miracle-? Selain itu, apakah kalian setuju dengan apa yang dilakukan w33haa? Jawab di kolom komentar ya!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Share this article

TENTANG PENULIS
Ricky Setiawan

Tertarik dengan dunia game sejak kecil. Baginya, game tidak hanya sekedar hiburan, tetapi juga sarana untuk belajar dan refleksi diri. Game yang ia senangi antara lain Grand Theft Auto V, seri Europa Universalis, seri Crusader King, dan seri Romance of the Three Kingdoms.