9 Tipe Gamer Mobile yang Bisa Dilihat Sehari-hari, Kamu Termasuk yang Mana?

Mulai dari balita, anak SD, cheater, sampai pemain CoC, inilah tipe gamer mobile menurut Duniaku.net. Hayo, kamu masuk yang mana?

9 Tipe Gamer Mobile yang Bisa Dilihat Sehari-hari, Kamu Termasuk yang Mana?

9 Tipe Gamer Mobile yang Bisa Dilihat Sehari-hari, Kamu Termasuk yang Mana? Sumber: youmobile.org[/caption]

Hampir setiap orang yang punya smartphone memiliki game di dalamnya. Nah, di artikel ini Duniaku.net akan membagi berbagai tipe gamer mobile. Termasuk manakah kamu?

[read_more id="287924"]

Akuilah, saat ini game mobile memiliki pasar terbesar di industri game dunia, mengalahkan game konsol dan PC. Hal ini terbantu berkat mudahnya akses ke game mobile. Mulai dari anak-anak, remaja, ibu-ibu, bahkan orang yang sudah sibuk bekerja bisa memainkannya.

Luasnya pasar game mobile tentu membuat tipe-tipe pemainnya sangat beragam. Makanya, Duniaku.net mencoba untuk membuat tipe-tipe gamer mobile versi kami sendiri.

Ingin tahu apa saja tipe gamer mobile versi Duniaku.net? Langsung saja simak daftarnya di bawah ini:

[page_break no="1" title="Gamer dengan Smartphone Mumpuni"]

9 Tipe Gamer Mobile yang Bisa Dilihat Sehari-hari, Kamu Termasuk yang Mana? Kalau punya iPad atau iPhone sih biasanya gak ada masalah.[/caption]

Level tertinggi dari gamer mobile dan salah satu pangsa pasar paling menggiurkan bagi developer. Kenapa? Karena mereka akan bermain game dengan rutin dan kadang tak ragu untuk mengosongkan dompet mereka demi kesenangan yang lebih di game yang mereka mainkan.

Biasanya gamer mobile tipe ini memainkan game-game yang membutuhkan spesifikasi smartphone tinggi, seperti Vainglory, game balapan, game action RPG, dan lain sebagainya. Walaupun begitu, tak menutup kemungkinan pula mereka "rajin" memainkan game dengan spesifikasi menengah ke bawah lainnya, asalkan gameplay yang disajikan menarik.

Gamer tipe ini biasanya memiliki jiwa kompetitif tinggi dan ingin menjadi yang terbaik di game yang mereka mainkan. Mereka juga cukup aktif dalam komunitasnya.

[page_break no="2" title="Gamer dengan Smartphone Nanggung"]

9 Tipe Gamer Mobile yang Bisa Dilihat Sehari-hari, Kamu Termasuk yang Mana?

Memiliki semangat dan mentalitas yang sama dengan tipe sebelumnya, namun secara modal tidak sekuat mereka. Ketika Vainglory baru saja dirilis, gamer mobile tipe ini harus rela menunggu sampai Vainglory kompatibel dengan smartphone mereka yang cukup bagus untuk game menengah, tetapi tak mampu memainkan game spesifikasi tinggi.

Satu masalah lagi adalah smartphone mereka biasanya tidak memiliki memori yang cukup untuk menyimpan game-game dengan ukuran file yang besar. Jadi terkadang mereka harus puas dengan berbagai game dengan grafis menengah ke bawah, atau terkena dilema harus menghapus game favorit mana agar bisa membuka ruang untuk game lain.

Tak tahan lagi dengan derita ini, terkadang gamer dengan smartphone nanggung rela menabung untuk membeli smartphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Saran saya sih mendingan nabung buat beli konsol atau PC saja, hehe.

[page_break no="3" title="Ibu-ibu"]

9 Tipe Gamer Mobile yang Bisa Dilihat Sehari-hari, Kamu Termasuk yang Mana?

Barangsiapa punya ibu yang memiliki smartphone, maka kemungkinan besar ia pun main game puzzle. Bener gak? Saya sendiri mengalaminya. Game-game seperti Candy Crush Saga (dan game buatan King lainnya), Bejeweled, dan sebangsanya menjadi langganan bagi para ibu untuk membunuh waktu atau menghilangkan rasa bosan.

Tak hanya itu, mereka juga memiliki andil untuk mengenalkan game kepada anak-anaknya. Menggunakan smartphone ibunya, sang anak biasanya akan memainkan game milik ibunya atau mengunduh sendiri game yang menarik baginya.

[duniaku_adsense]

[page_break no="4" title="Balita"]

9 Tipe Gamer Mobile yang Bisa Dilihat Sehari-hari, Kamu Termasuk yang Mana?

Pendidikan sejak dini, ya kan? Saya sendiri berpendapat bahwa game bukanlah konsumsi untuk balita. Biasanya mereka menjadi "korban" dari orang tua yang tidak mau repot-repot mengasuh anak mereka secara langsung dan menggunakan game mobile sebagai alatnya.

Ada beberapa game yang biasanya menjadi konsumsi para balita. Pertama adalah game edukasi. Nah, tipe game seperti ini masih "mending" jika dimainkan balita, karena game itu sendiri memiliki tujuan untuk mengedukasi pemainnya.

Jenis game kedua yang dikonsumsi oleh balita, dan cukup berbahaya, adalah game abal-abal dengan tema kartun atau karakter superhero populer. Game seperti ini sangat banyak bertebaran, terutama di Android. Dengan keyword "Elsa", "Spider-Man", "Ironman", dan lain sebagainya, game-game ini mengotori memori smartphone sang orang tua.

Game abal-abal seperti di atas tak hanya melanggar hak cipta, tetapi bisa saja memapar balita kepada konten-konten yang tidak pantas. Mungkin saja bukan dari gamenya, tetapi dari iklan-iklan yang ditampilkan. Iklan-iklan ini terkadang juga bisa membuat smartphone orang tua kepenuhan memori, jika secara tak sengaja si balita menekan tombol download.

[page_break no="5" title="Anak TK dan SD"]

Satu judul yang terlintas di benak saya untuk kategori ini: Minecraft. Dan harus diakui kalau mereka cukup bagus dalam memainkannya. Mereka juga banyak memainkan game-game berbau superhero, seperti yang dirilis oleh Marvel.

[duniaku_baca_juga]

Empat tipe gamer mobile selanjutnya akan membuat kamu ngakak, atau paling tidak tersenyum!

[page_break no="6" title="Gamer Cewek"]

9 Tipe Gamer Mobile yang Bisa Dilihat Sehari-hari, Kamu Termasuk yang Mana?

Gamer cewek bukan berarti mereka tidak memainkan game yang dimainkan oleh cowok, tetapi ada banyak game yang hanya dimainkan oleh cewek, atau dimainkan sebagian besar oleh cewek. Kebanyakan pemain game puzzle seperti Candy Crush Saga adalah cewek (lihat kategori ibu-ibu di atas), walaupun sebenarnya saya juga pernah main sih.

Tipe gamer mobile cewek sendiri bisa dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu anak-anak dan dewasa. Anak-anak cewek biasanya memainkan game mendandani, sedangkan cewek yang sudah lebih dewasa lebih cenderung ke puzzle atau game sosial, seperti LINE Pokopang dan LINE Cookie Run yang sempat heboh dulu. Barangkali sekarang banyak juga yang memainkan game virtual dating seperti Dress Up Diary?

[read_more id="296337"]

[page_break no="7" title="Pemain Clash of Clans"]

9 Tipe Gamer Mobile yang Bisa Dilihat Sehari-hari, Kamu Termasuk yang Mana?

Nah ini... Saya memutuskan untuk membuat kategori tipe gamer mobile sendiri untuk Clash of Clans. Kenapa? Karena pemainnya berasal dari berbagai kalangan alias game sejuta umat. Mulai dari orang yang sudah bekerja (saya sering melihat orang berkemeja main CoC di Commuter Line), anak kuliahan, hingga anak-anak bermain CoC.

CoC sejak beberapa tahun yang lalu memang menjadi game mobile nomor satu di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sulit rasanya menggeser game ini di puncak Google Play Store, walaupun beberapa kali sudah terjadi.

[page_break no="8" title="Tukang Cheat dan Download APK"]

9 Tipe Gamer Mobile yang Bisa Dilihat Sehari-hari, Kamu Termasuk yang Mana?

Inilah orang-orang yang selalu meramaikan mesin pencari Google dengan kata-kata cheat atau download APK. Mulai dari cheat CoC atau Clash Royale agar bisa menambah jumlah Gem, cheat Tahu Bulat, atau mungkin sekadar mencari kunci jawaban dari Tebak Gambar.

Ada pula yang mencari file APK bajakan dari berbagai game berbayar atau game yang tidak/belum dirilis di Indonesia. Di Indonesia, kata kunci ini menjadi salah satu yang populer di mesin pencari Google. Apakah kamu salah satu pelakunya?

[page_break no="9" title="Sudah Download Game tapi Gak Sempat Main"]

9 Tipe Gamer Mobile yang Bisa Dilihat Sehari-hari, Kamu Termasuk yang Mana?

Apakah hal ini sudah terjadi padamu? Kalau begitu itu tandanya kamu sudah bekerja dan memiliki keluarga! Betul gak?

Biasanya ini terjadi kepada para gamer yang harus menerima kenyataan bahwa masa-masa puncak kejayaannya sebagai gamer sudah lewat. Sebagai seorang pekerja dan kepala rumah tangga, memang tanggung jawab yang diemban lebih tinggi dari biasanya. Kamu harus membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, dan istirahat, sehingga tak jarang waktu bermain game yang menjadi korbannya.

Bahkan saking sibuknya, bermain di game mobile saja tidak sempat. Oke, mungkin masih sempatlah untuk main sedikit game puzzle yang hanya membutuhkan waktu maksimal 5 menit, tapi untuk melakukan grinding dan memikirkan strategi? Hmm... bisa-bisa ada yang cemberut.


[duniaku_baca_juga]

Nah itulah beberapa tipe gamer mobile versi Duniaku.net. Termasuk manakah kamu? Apakah kamu punya ide kategori lainnya? Sampaikan saja di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU