5 Kelemahan Saitama One Punch Man yang Membuatnya Lengah

karakter anime bertampang poker face

Saitama memang hero terkuat di dunia, namun 10 kelemahan Saitama ini bikin dia tidak bisa berkutik

One Punch Man memang menjadi fenomena saat ini. Manga superhero yang terlalu kuat ini menghadirkan Saitama sebagai tokoh utamanya. Namun saking kuatnya, sepertinya ia tidak menyadari keberadaan kelemahan Saitama yang bisa membuatnya kalah dalam bertarung.

Baca Juga

Manga ini mengisahkan sebuah dunia dimana superhero merupakan sebuah pekerjaan sehari-hari, di sisi lain serangan monster dan penjahat datang silih berganti. Salah satunya terdapat seorang superhero yang sangat kuat bernama Saitama.

Saitama memiliki kekuatan yang sangat kuat, bahkan ia dapat mengalahkan setiap musuh-musuhnya hanya dengan sekali pukulan saja. Namun akibat kekuatannya tersebut, Saitama merasa jenuh karena terlalu kuat dan tak ada lawan tanding sehingga akhirnya ia pun frustasi akibat kebosanannya. Meski demikian, pertemuannya dengan akademi para superhero ternyata membawa perubahan bagi hidupnya yang membosankan tersebut.

Namun terdapat kelemahan Saitama yang tidak ia sadari. Kelemahan ini mungkin saja bisa membuatnya kalah bertarung di suatu saat nanti. Apa saja kelemahan Saitama?

5

Saitama Suka Terlambat

Salah satu kelemahan Saitama adalah ia selalu terlambat. Seandainya saja Saitama selalu tepat waktu, kota-kota yang ada tidak perlu porak-poranda maupun menyebabkan korban jiwa.

cepat

Namun perlu diakui, terkadang cerita di One Punch Man serunya justru saat Saitama belum hadir. Karena jika Saitama sudah datang, lawan maupun monster yang ada biasanya kalah dalam seketika.

4

Saitama Tidak terkenal

Kelemahan Saitama lainnya adalah bahwa ia tidak terkenal. Memang ini bukan sesuatu yang penting, namun ketidakpopuleran Saitama membuat ia menjadi kurang dihargai. Masih diingat bagaimana kelompok Tanktop menghasut penduduk kota untuk menyalahkan Saitama atas kehancuran kota, ataupun monster-monster yang Saitama kalahkan dianggap dikalahkan oleh King -hanya karena kebetulan King ada di lokasi-.

distrik z

Menjadi populer menjadi perlu sebagai karakter terkuat di dunia manga. Sosok seperti Naruto saja berusaha membuatnya dikenali orang, padahal sebelumnya ia dianggap sebagai anak terkutuk.

3

Saitama Tidak Punya Jurus Jarak Jauh


Saitama memang memiliki tubuh dan power yang kuat. Namun pada dasarnya ia mengandalkan serangan fisik dan dalam jarak dekat. Memang sih, bukan suatu hal yang mudah jika musuh ingin menjaga jarak dari Saitama -jangan lupa, ia bisa melompat dari Bulan ke Bumi dalam waktu singkat-, namun jarak adalah salah satu hal yang tidak dikuasai Saitama.

Sedangkan hero dan lawan dari Saitama ada yang menggunakan senjata api, peledak, senjata lempar, hingga serangan energi. Saitama tidak pernah berlatih menggunakan senjata maupun energi selama ini. Namun bukan berarti ia tidak memiliki serangan jarak jauh.

Jangan lupa, lemparan dari Saitama tidak kalah destruktif dibandingkan pukulannya. Ia cukup melempar bebatuan, dan daya hancurnya tidak kalah fatal dengan pukulannya. Namun apakah ia bisa melempar dengan akurat merupakan hal yang berbeda.

2

Saitama Tidak Menggunakan Senjata

Dalam bertarung, Saitama jarang menggunakan senjata. Hal ini dikarenakan ia percaya diri dengan kekuatan tubuhnya. Sedangkan hero dan lawan lain ada yang menggunakan senjata dalam bertarung, sebut saja Atomic Samurai yang jago pedang, hingga Genos sang cyborg yang menggunakan teknologi canggih di tubuhnya.

Sedangkan Saitama bertarung dengan tangan kosong. Jarang sekali ia memanfaatkan benda-benda di sekitarnya sebagai senjata. Ini membuat gaya bertarungnya monoton dan terbatas.

Memang Saitama tidak perlu senjata, namun minimnya pengetahuan Saitama dengan senjata bisa membuatnya lemah jika saja ia menghadapi senjata yang bisa melukainya -walaupun entah senjata seperti apa yang dimaksud.

1

Saitama Tidak Memiliki Naluri Team Work

Seperti yang disadari oleh Fubuki, Saitama sebagai hero class B justru dikelilingi oleh hero-hero kelas atas. Sebut saja Genos, Fang, dan King, menjadi hero class S yang akrab dengannya -bahkan cenderung respek padanya.

Hal ini membuat Saitama tidak menyadari bahwa sebenarnya ia memiliki bakat mengumpulkan teman. Ini adalah bakat yang tidak main-main, dan berlaku di anime lain. Apa sih kekuatan Luffy? Bajak laut dengan kapal kecil dan memiliki 9 kru? Bukan! Marine telah mewaspadai Luffy karena ia begitu mudah mengumpulkan aliansi -tidak hanya aliansi resmi antara bajak laut-suku minks-samurai wano, namun ia tidak ragu beraksi bersama narapidana Impel Down, gladiator Corrida colosseum, hingga berbagai kerajaan seperti Alabasta, Skypiea, juga Fishman Island.

kelemahan saitama

Inilah kekuatan potensial yang dimiliki Saitama, namun sayang tidak dimanfaatkan dengan baik. Saitama hanya beraksi sendirian, ataupun kurang membagi role dengan kawan-kawannya.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous article5 Peringatan Penting untuk yang Ingin Nonton Film Logan
Next articleMajukan eSport Nasional, RevivaLTV Dapatkan Pendanaan dari DNC

Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.