Xbox Live Creators Program, Kini Rilis Game di Konsol Semakin Mudah!

xbox live creators program

Sekarang siapa saja bisa mengembangkan game untuk konsol lewat program baru dari Microsoft bernama Xbox Live Creators Program ini!

Selama ini, mobile dan PC menjadi platform tujuan utama bagi developer indie untuk memasarkan game buatan mereka. Karena selain pangsa pasarnya luas, untuk memasarkan game di dua platform ini proses dan biaya yang dibutuhkan relatif terjangkau. Bagaimana dengan konsol? Mengembangkan game di konsol membutuhkan biaya yang tidak bisa dibilang murah untuk mendapatkan development kit-nya.

Baca Juga

Itulah sebabnya, bekerja sama dengan pihak ketiga atau publisher seringkali dilakukan oleh developer indie yang ingin mengembangkan game untuk konsol. Nah, apa yang dikonfirmasikan Microsoft selama Game Developer Conference (GDC) 2017 ini cukup menarik. Mereka mengumumkan satu program baru yang akan memudahkan developer indie untuk mengembangkan game Xbox One dengan nama Xbox Live Creators Program!

Xbox Live Creators Program adalah sebuah “jalur” baru bagi developer indie yang ingin merilis game di Xbox One dan Windows 10. Microsoft sendiri menyebutkan program ini sebagai program game publishing yang sepenuhnya terbuka, dimana siapa saja bisa mendaftar dan merilis game buatan mereka di Xbox One atau Windows 10. Anggap saja, merilis game di Xbox One nantinya akan semudah merilis game di Google Play Store!

xbox live creators program


Melalui program ini, siapa saja bisa mengembangkan game untuk Xbox One dengan mudah, tanpa harus membeli development kit terlebih dahulu. Cukup menggunakan Xbox One yang sudah dimiliki, melakukan crack lewat metode tertentu, dan konsol tersebut sudah bisa menjadi development kit tanpa harus membeli device tambahan lagi.

Bukan, program ini bukan menggantikan program ID@Xbox yang sebelumnya pernah dikonfirmasikan oleh Microsoft. Meskipun sama-sama ditujukan untuk para developer kecil, namun keduanya memiliki perbedaan dari segi fitur-fitur yang bisa diimplementasikan di dalam game. Beberapa fitur yang tidak bisa diimplementasikan dalam game yang dibuat melalui program ini antara lain achievement dan juga multiplayer matchmaking.

xbox live creators program

Bisa dibilang, Xbox Live Creators Program ini adalah versi “lite” dari ID@Xbox. Microsoft pun sangat terbuka kepada siapa saja developer yang sudah merilis game lewat Xbox Live Creators Program untuk “naik level” ke ID@Xbox. Dengan “naik level” ke ID@Xbox, developer pun bisa membuat game lebih fleksibel dan memanfaatkan kekuatan penuh dari Xbox One.

Nantinya, game-game yang dirilis melalui program ini akan dijual di sebuah kategori khusus, Creators di Xbox Games Store. Tidak ada seleksi apapun untuk game yang akan dijual di kategori ini. Namun, tetap Microsoft akan menindak tegas game-game yang tidak sesuai ataupun membahayakan konsol. Berisi virus misalnya.

Program Steam Greenlight akan Dihapus, Digantikan Steam Direct. Bagaimana Masa Depannya?

Steam Greenlight akan dihapus oleh Valve, digantikan program yang lebih simpel bernama Steam Direct. Berita baik atau buruk?
Baca Juga

Untuk mengembangkan game Xbox One, kamu bisa menggunakan engine-engine yang saat ini sudah banyak digunakan, seperti Unity, MonoGame, Xenko hingga Construct 2. Berikut adalah perbedaan fitur-fitur yang diberikan antara Xbox Live Creators Program dengan ID@Xbox.

Berapa biaya yang harus dibayarkan untuk merilis game melalui program ini? Microsoft sudah memberikan rentang biayanya, dimana setiap developer diharuskan membayar biaya pendaftaran satu kali seharga antara US $20 hingga US $100 (antara Rp360 ribu hingga Rp1,3 juta). Tentunya, program ini juga menjadi solusi yang menarik untuk semakin memperkaya library game Xbox One bukan?

Cuma Bayar Rp100 Ribuan, Kamu Bisa Main 100 Game Xbox One Selama Sebulan!

Xbox Game Pass dikonfirmasikan. Dengan layanan ini, kamu bisa main ratusan game dalam sebulan hanya dengan membayar Rp130 ribu saja!
Baca Juga

Untuk mulai mengikuti program ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di website resminya. Jadi, kata siapa membuat dan merilis game untuk konsol adalah hal yang susah dan mahal?

Sumber: Microsoft/Polygon


SHARE
Previous article6 Film Unik yang Memperlihatkan Penjahat Menang (Selain Film Horor)
Next articleDonnie Yen akan Membintangi Adaptasi Film Sleeping Dogs

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.