Anime Stasiun Televisi Lokal yang Terlupakan – Masih Ingatkah Kamu Judul-Judul Ini?

anime stasiun televisi lokal terlupakan - sakura wars

Ada banyak anime stasiun televisi lokal yang hingga kini masih diingat. Doraemon contohnya. Tapi ada juga judul-judul yang terlupakan. Apa saja?

1

Tokyo Babylon

Baca Juga

Tokyo Babylon adalah animasi yang berdasarkan manga karya CLAMP. Fan setia CLAMP bahkan mungkin masih ingat kalau tokoh Sumeragi Subaru dan Sakurazuka Seishiro lalu tampil lagi di X untuk menuntaskan sisa konflik mereka.

Masih ingatkah kamu kalau Tokyo Babylon pernah ditayangkan di Indosiar? Tidak? Memang banyak yang lupa atau tidak tahu. Karenanya judul ini masuk ke anime stasiun televisi lokal yang terlupakan.

Ada beberapa faktor kenapa anime Tokyo Babylon bisa sampai luput dari tontonan fan. Pertama, judul yang digunakan Indosiar salah. Indosiar menyebutnya Babylon 5, yang… sebenarnya tidak ada hubungannya dengan Tokyo Babylon. Babylon 5 itu judul serial sci-fi.

Babylon 5 yang sejati

Selain itu, anime Tokyo Babylon ini formatnya film pendek, bukan seri. Jadi kalau kamu kelewatan, kamu harus menunggu siaran ulangnya. Jadwal siaran ulang ini juga sepenuhnya bergantung ke stasiun televisi, jadi tidak tentu kapan.

Faktor lain lagi adalah jam tayangnya. Judul ini biasanya ditayangkan pukul enam pagi, di saat kebanyakan penonton anime masih tidur menikmati hari libur.

Tokyo Babylon juga memiliki sejumlah adegan kekerasan berdarah serta unsur shonen-ai minor antara Seishiro dengan Subaru. Sosok Subaru yang berpenampilan feminin, bersuara cowok, tapi jelas-jelas suka dengan Seishiro mungkin membuat beberapa penonton dulu bingung. Kalau memperhitungkan faktor-faktor itu, bahkan cukup ajaib Tokyo Babylon pernah tayang di sini.

2

Rai Thunder Jet


Rai Thunder Jet adalah judul yang cukup hits di tahun 90an lalu. Meski kamu tidak pernah menonton satu pun episodenya, ada kemungkinan kamu akan tetap pernah mendengar judul ini. Iklan manganya lumayan sering menghiasi halaman belakang komik Elex.

Anime yang mengisahkan perjuangan Hyuga Rai di tengah perebutan kekuasaan galaksi ini dulu ditayangkan di TPI. Tapi setelah era 90an, judul yang satu ini tak lagi terdengar kabarnya. Tak heran kalau ini adalah salah satu judul anime stasiun televisi lokal yang kini terlupakan.

Penulis saja mungkin sudah melupakan sepenuhnya judul ini, kalau saja iklannya tidak menghiasi halaman belakang sejumlah manga Elex klasik.

3

Sakura Wars

6 Film Unik yang Memperlihatkan Penjahat Menang (Selain Film Horor)

Biasanya sih pahlawan selalu menang. Tapi 6 film unik ini justru membuat si penjahat menang. Kok bisa? Ini pembahasannya!
Baca Juga

Sakura Wars adalah anime yang cukup unik. Ini adalah anime mecha, namun latar waktunya tahun 1920an. Jadi desain robotnya pun menggunakan mesin uap, tidak seperti kebanyakan mecha yang biasanya disajikan modern.

Tokoh utamanya hampir semuanya perempuan, tapi animenya tak pernah terasa sebagai anime harem. Tidak hanya itu, anime ini juga tergolong minim fan service. Lihat saja kostum tempur para tokohnya yang sopan. Sesuatu yang rasanya tidak mungkin terjadi bila anime ini diproduksi di era sekarang.

Anime yang mengisahkan perjuangan Sakura Shinguji dan Hanagumi melindungi Jepang dari ancaman iblis ini dulu diputar di SCTV. Versi movienya lalu sempat ditayangkan oleh TV7. Namun sekarang, siaran ulang dari judul yang satu ini cukup sulit untuk ditemukan.

Apakah Sakura Wars diam-diam sudah ditayangkan lagi di televisi lokal tanpa sepengetahuan penulis? Kalau iya, kamu bisa menyampaikannya di kolom komentar. Judul yang satu ini seharusnya tidak memiliki banyak unsur yang bisa membuat KPI geram.

Kalaupun ada, TV selalu bisa menyensornya tanpa perlu memotong terlalu banyak adegan atau menempelkan blur terlalu banyak di layar.


 

Apakah hanya tiga judul di atas saja anime stasiun televisi lokal yang terlupakan? Tentu tidak. Baca lanjutannya di halaman kedua untuk mengetahui beberapa contoh judul lagi!

1
2

SHARE
Previous articleDota 2 Update: Membuka Winter Treasure III, Menambahkan Fitur Baru serta Mengubah Sistem Ranked Match!
Next article10 Fakta Mengejutkan Mengenai Chidori Sasuke yang (Mungkin) Belum Kalian Ketahui

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.