Jangan Beli Sampai 4 Masalah Nintendo Switch Ini Dipecahkan!

Tertarik beli Nintendo Switch? Mungkin ada baiknya kamu menunggu sampai 4 masalah Nintendo Switch ini dipecahkan! Apa saja?

Jangan Beli Sampai 4 Masalah Nintendo Switch Ini Dipecahkan!

Jangan Beli Sampai 4 Masalah Nintendo Switch Ini Dipecahkan!

Setelah sekian lama ditunggu, akhirnya konsol Switch besutan Nintendo keluar juga! Namun seperti banyak konsol lainnya, Nintendo Switch versi pertama ini memiliki banyak masalah yang tidak hanya mengganggu, tapi juga membuat kita meragukan keandalannya. Karena itu, sebelum membeli, mungkin ada baiknya kita menunggu hingga 4 masalah Nintendo Switch ini dipecahkan!

[duniaku_baca_juga]

Masalah-masalah yang banyak diadukan kebanyakan berupa masalah hardware. Beberapa pembeli yang mendapati konsolnya bermasalah membagikan foto Switch mereka di berbagai media sosial dan forum, khususnya Reddit. Berikut ini adalah masalah-masalah yang paling sering dilaporkan.

[page_break no="1" title="Mati Total dan Tidak Menyala Kembali (bricking)"]

Jangan Beli Sampai 4 Masalah Nintendo Switch Ini Dipecahkan!

[duniaku_adsense]

Masalah pertama dan yang paling parah adalah bricking. Bricking sendiri berasal dari kata brick yang bermakna “batu bata.” Dengan kata lain, saat masalah ini terjadi, konsol Nintendo Switch kita tidak akan bisa digunakan sama sekali – tidak menyala, seperti layaknya batu bata!

Saat bricking, layar Nintendo Switch akan berubah menjadi biru atau oranye tanpa tulisan apa pun. Beberapa orang telah mencoba melaporkannya ke bagian purna-jual Nintendo, namun ternyata tak ada yang bisa mereka lakukan selain menggantinya dengan Nintendo Switch yang baru. Bayangkan kalau masalah ini terjadi di Indonesia, ke mana kita bisa mengganti Nintendo Switch milik kita?

[page_break no="2" title="Layar berkedap-kedip dengan cepat (flickering)"]

Jangan Beli Sampai 4 Masalah Nintendo Switch Ini Dipecahkan!

Masalah lain terjadi pada layar yang berkedap-kedip (flickering). Kita tetap bisa membuka game, namun layar kita akan berkedap-kedip dengan cepat, yang dalam jangka waktu panjang dapat memusingkan mata pemainnya.

[read_more id="297435"]

Nintendo juga tidak memberikan solusi atas masalah ini. Saat isu flickering dilaporkan, Nintendo mengganti konsol pelapor dengan konsol Nintendo Switch yang baru.

[page_break no="3" title="Lecet Karena Docking yang Tidak Sempurna"]

Jangan Beli Sampai 4 Masalah Nintendo Switch Ini Dipecahkan!

Bila memiliki Nintendo Switch, bersiap-siaplah menerima kenyataan bahwa konsolmu akan lecet, serapi dan sehati-hati apa pun kamu merawatnya. Pasalnya, lecet pada konsol ini terjadi akibat desain docking dari Nintendo sendiri.

[read_more id="294831"]

Glixel melaporkan, bagian dalam docking (tempat menaruh Nintendo Switch) tidak memiliki jaringan lembut yang dapat menahan gesekan antara Switch dan Dock-nya. Akibatnya, bagian bawah Nintendo Switch lecet dengan cepat.

[page_break no="4" title="Konektivitas Joystick"]

Jangan Beli Sampai 4 Masalah Nintendo Switch Ini Dipecahkan!

Dibangga-banggakan sebagai konsol portabel, ternyata joystick Nintendo Switch bermasalah! Masalah ini terjadi khususnya pada joystick bagian kiri yang sering mengalami putus koneksi. Ini dianggap sebagai masalah terbesar Nintendo Switch.

[read_more id="294216"]

Nintendo sendiri sudah mengakui masalah ini dan menyatakan bahwa mereka akan memperbaiki kerusakan tersebut. Untuk sementara, Nintendo meminta mereka yang memiliki Switch dan mengalami masalah ini untuk me-restart bluetooh mereka.


Sebagai seseorang yang sangat menunggu Nintendo Switch, tentu saja ini membuat kita kecewa. Namun kembali lagi, bagaimana pun masalah pada versi pertama sebuah konsol adalah hal yang wajar. Kita berharap saja, seiring dengan berjalannya waktu, Nintendo akan memperbaiki masalah-masalah yang terjadi.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU