Jauhkan 6 Hal Berikut dari Nintendo Switch agar Tidak Mengganggu Konektivitas Joy-Con

konektivitas joy-con

Mengalami masalah konektivitas Joy-Con Nintendo Switch seperti respon yang lambat atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali? Coba jauhkan barang-barang ini saat bermain ya!

Layaknya generasi pertama dari konsol-konsol yang dirilis, Nintendo Switch masih menyisakan masalah. Tercatat kurang lebih ada empat masalah utama yang melanda para pemilik awal Nintendo Switch, dan salah satu diantaranya adalah gangguan terhadap konektivitas Joy-Con.

Baca Juga

Yap, dari beberapa masalah yang ditemukan, konektivitas Joy-Con inilah yang paling banyak dikeluhkan gamer. Banyak yang mengeluhkan kontroler wireless mereka ini tidak merespon input yang diberikan dengan benar. Ada beberapa juga yang melaporkan, Joy-Con sama sekali tidak memberikan respon saat tombolnya ditekan. Lalu ada yang lebih parah lagi, tiba-tiba Joy-Con “menggerakkan sendiri” karakter ke arah yang berlawanan dari input yang diberikan, atau bahkan sampai hilang koneksi dari konsol!

Selain masalah ini disebabkan oleh hardware atau software yang mungkin masih belum sempurna, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat menggunakan Joy-Con. Pertama, pastikan kamu sudah melakukan update day one yang sudah dirilis Nintendo, dan Joy-Con milikmu sudah terisi penuh. Lalu cobalah untuk mengurangi jarak antara Joy-Con dengan konsol serta menghilangkan benda-benda yang menjadi penghalang antara konsol dengan Joy-Con.

konektivitas joy-con

Berbicara mengenai benda-benda ini, berikut ada beberapa benda yang harus kamu jauhkan dari Joy-Con dan Switch agar tidak mengganggu konektivitasnya. Coba cek deh di ruang bermainmu, apakah benda-benda inilah yang menyebabkan konektivitas Joy-Con milikmu bermasalah?

1

Televisi

konektivitas joy-con

Televisi bisa mengganggu sinyal yang dikirimkan Joy-Con ke konsol. Jadi, jangan meletakkan konsol di belakang televisi, atau ada televisi yang menjadi penghalang antara konsol dengan Joy-Con yang kamu mainkan.

2

Akuarium

konektivitas Joy-Con
Sumber gambar: Wikipedia

Ada akuarium di ruang bermainmu? Bisa jadi ini yang menyebabkan masalah koneksi Joy-Con milikmu bermasalah. Air dapat mengganggu sinyal, terutama yang berfrekuensi 2,4 GHz pada bluetooth yang digunakan oleh Joy-Con. Air ini bisa “menyerap” sebagian sinyal tersebut, sehingga bisa jadi mengurangi respon Joy-Con milikmu.

Jangan Beli Sampai 4 Masalah Nintendo Switch Ini Dipecahkan!

Tertarik beli Nintendo Switch? Mungkin ada baiknya kamu menunggu sampai 4 masalah Nintendo Switch ini dipecahkan! Apa saja?
Baca Juga
3

Microwave

Konektivitas Joy-Con
Sumber gambar: Good Housekeeping

Nintendo juga menyarankan untuk mematikan microwave oven saat kamu bermain. Hal ini disebabkan karena beberapa microwave menggunakan frekuensi di atas 2 GHz yang berpotensi mengganggu sinyal 2,4 GHz dari Joy-Con.

4

Benda-benda Berbahan Metal

konektivitas joy-con

Jangan letakkan unit Switch di bawah benda-benda berbahan metal, atau di bawah banyak kabel!

5

Perangkat Wireless

konektivitas joy-con

Yap, perangkat-perangkat wireless lain milikmu juga bisa menimbulkan masalah untuk konektivitas Joy-Con. Sebut saja seperti speaker bluetooth, access point/router, laptop, tablet atau smartphone. Jaga jarak antara Switch dengan benda-benda ini minimal 1,2 meter.

6

Device dengan Konektivitas USB 3.0

Device-device dengan konektivitas USB 3.0 rupanya juga bisa memberikan gangguan terhadap konektivitas Joy-Con lho! Sebut saja seperti hardisk eksternal, flashdisk, atau adapter LAN. Jadi, jauhkan benda-benda ini minimal 1,2 meter dari Switch, atau simpel saja, jangan gunakan device-device ini saat bermain Switch.

Beberapa gamer melaporkan, bahwa Joy-Con sebelah kirilah yang lebih lemah konektivitasnya. Jadi, masalah akan sering dihadapi bagi kamu yang menggunakan Joy-Con sebelah kiri ini.

Ups, Save Data Nintendo Switch Ternyata Tidak Bisa Dipindah!

Untuk saat ini, kamu cuma bisa menyimpannya di memori internal. Rentan hilang jika konsolmu mengalami masalah.
Baca Juga

Jika kamu sudah menjauhkan benda-benda di atas dari Switch namun tidak ada perubahan berarti dari segi konektivitas, mau tidak mau kamu harus menunggu Nintendo merilis update firmware yang mungkin bisa memperbaiki konektivitasnya. Dengan catatan, masalahnya ada di sisi software, bukan cacat hardware tentunya…

Sumber: Nintendo/VG247

 


SHARE
Previous article8 Hal Menarik di Teaser Deadpool 2 yang Luput dari Pengamatanmu!
Next articleMobil Terbang dan 5 Hal Gila Lain yang Cuma Bisa Kamu Temui di Jazirah Arab!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.