Inilah 5 Manga Karya Hayao Miyazaki yang Tak Kalah Keren dari Film-filmnya

manga karya hayao miyazaki

Selain terkenal menghasilkan berbagai film animasi berkualitas, deretan manga karya Hayao Miyazaki ini akan membuatmu semakin mengagumi sosok pria kelahiran Tokyo, Jepang ini.

Hayao Miyazaki adalah maestro film animasi Jepang yang sudah berkarya lebih dari setengah abad. Walaupun karir animasinya dimulai tahun 1961 pada saat bergabung dengan Toei Animation, potensinya baru benar benar mencuat pada saat mendirikan Studio Ghibli pada tahun 1985.

Setiap karyanya selalu mempunyai penokohan yang unik, penceritaan yang memikat dan gambar yang mengagumkan. Karya Miyazaki rasanya mampu berdiri sejajar (atau selangkah lebih maju) dibanding karya terbaik Pixar dan Dreamworks studio.

Baca Juga

Selain dikenal sebagai pencipta film-film animasi populer, yang bahkan menyabet penghargaan animasi terbaik di ajang Piala Oscar lewat film Spirted Away, Hayao Miyazaki juga dikenal akan manga-manga yang tak kalah populer. Contohnya seperti deretan manga karya Hayao Miyazaki berikut ini.

1

Kaze no Tani no Nausicaa

Lewat manga karya Hayao Miyazaki ini, kita diajak berpetualang bersama seorang gadis bernama Nausicaä yang notabene putri dari Lembah Angin. Ia terlibat pertempuran dengan kerajaan Tolmekia yang berusaha menggunakan senjata kuno untuk memusnahkan hutan yang dihuni oleh serangga mutan raksasa. Nausicaa khawatir jika senjata kuno itu digunakan akan membangkitkan amarah hewan mengerikan yang ada di hutan.

Manga ini pertama kali dirilis tahun 1982 dan menghasilkan tujuh volume. Dianggap cukup sukses, Kaze no Tani no Nausicaa lalu diadaptasi ke dalam film tahun 1984. Film ini berhasil  memperoleh omset 1,48 miliar Yen dari pemutaran bioskopnya. Total 914.767 tiket berhasil dijual dan terdapat tambahan pemasukan 742 juta Yen dari distribusinya.

2

Tenkuu no Shiro Laputa

manga karya hayao miyazaki

Bergenre drama fantasi, Tenkuu no Shiro Laputa merupakan manga karya Hayao Miyazaki yang dibuat tahun 1985 dan hanya memiliki dua volume saja. Ceritanya sendiri mengenai putri muda bernama Sheeta yang memiliki kalung sihir yang dapat memandu orang menuju kastil legendaris di angkasa.

Dalam perjalanannya Sheeta bertemu dengan Pazu yang akhirnya bergabung dalam petualangannya. Keunikan manga ini adalah plot yang terdengar standar namun ternyata tidak sama sekali.

Manga ini pun akhirnya diangkat ke dalam film animasi dan disebut-sebut sebagai salah satu karya mastepiece Hayao Miyazaki hingga saat ini.

3

Shuna no Tabi (The Journey of Shuna)

manga karya hayao miyazaki


Shuna adalah pangeran dari sebuah desa kecil dan miskin di mana orang mati kelaparan. Untuk itu, Shuna melakukan perjalanan ke suatu tempat demi mendapatkan benih gandum yang kemudian akan ditanam di kampung halamannya. Cerita semakin seru ketika di tengah perjalanan ia bertemu Tea, seorang gadis yang akan dijual sebagai budak.

Manga ini pertama kali dirilis tahun 1983 dan cukup mendapat respon postif dari para penggemar manga kala itu.

4

Sabaku no Tami (People of the Desert)

manga karya hayao miyazaki

Dikhususkan bagi pembaca anak-anak, Sabaku no Tami mengisahkan tentang Tem, seorang gembala yang tinggal di daerah Asia Tengah. Namun kondisi mulai tak kondusif ketika terjadi konfilk antar suku yang mengakibatkan banyaknya korban berjatuhan.

Tem bersama sekutunya kemudian melakukan perjalanan mencari keadilan ke kota Kittari. Tapi siapa sangka ternyata kota itu telah jatuh ke tangan musuh. Bagimana kisah Tem dan sekutunya?

5

Hansu no Kikan

manga karya hayao miyazaki

Kita mengenal Hayao Miyazaki sebagai orang yang menggemari tema peperangan. Tak aneh jika manga karya Hayao Miyazaki yang satu ini mengambil latar pada Perang Dunia II. Mengisahkan Hans, seorang mekanik yang bekerja untuk memperbaiki tank-tank Jerman yang rusak.

Di saat Rusia terus menyerang dan mengabil daerah-daerah yang dikuasai Jerman, Hans pun harus berburu dengan waktu untuk kabur dan menyelamatkan Rosa, yang notabene adalah nenek tua yang terjebak dalam peperangan. Hansu no Kikan pertama kali dirilis tahun 1994 dan hanya memili satu volume.

Hayao Miyazaki Kembali Berkarya untuk Satu Film Terakhir

Walau sudah mengumumkan dirinya pensiun sejak tiga tahun lalu, Hayao Miyazaki akhirnya kembali untuk mengerjakan film terakhir. Seperti apa ya karyanya?
Baca Juga

Nah mana manga karya Hayao Miyazaki favoritmu?

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleWah, Hugh Jackman Ingin Shah Rukh Khan Jadi Pemeran Baru Wolverine!
Next articleSelain Murah (Hanya 3 Jutaan), Ini 5 Alasan Xperia XA1 Pantas Dibeli Penggemar Fotografi

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca