Sadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea?

Coba ditonton ulang, kamu pun pasti akan sadar bahwa beberapa drama memiliki unsur yang sama.

Sadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea?

Sadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea?

Meski memiliki alur cerita yang berbeda-beda, drama Korea nyatanya juga memiliki adegan-adegan klise. Kira-kira apa saja yang sering menjadi klise di drama Korea?

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="1" title="Cowok Bagaikan Pangeran"]

Sadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea? allkpop.com[/caption]

Coba perhatikan, semua pemeran utama pria dalam drama Korea pasti punya penampilan yang sempurna. Bukan cuma dari wajahnya saja, mereka juga selalu punya style yang oke. Penampilan seperti ini jelas menjadi daya tarik sendiri bagi para penonton cewek.

Selain penampilannya, sikap para pemeran pria dalam drama Korea juga layaknya seorang pangeran. Meskipun awalnya jahat, cowok-cowok Korea ini selalu melakukan hal-hal yang manis saat mereka jatuh cinta.

Sepertinya, adegan meminta maaf pakai boneka dan balon memang cuma ada di drama Korea, deh. Belum lagi mereka selalu sigap menangkap pasangannya saat mereka terjatuh.

[page_break no="2" title="Perbedaan Nasib"]

Sadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea? viki.com[/caption]

[read_more id="299033"]

Perbedaan nasib sepertinya tak pernah absen jadi unsur klise di drama Korea. Hal ini biasanya terjadi antara para pemeran utama yang terjebak dalam kisah cinta.

Sang pemeran utama wanita umumnya digambarkan sebagai cewek miskin namun baik hati. Sementara itu, sang cowok biasanya berasal dari keluarga kaya nan sombong.

[page_break no="3" title="Selalu Dimulai dengan Permusuhan"]

Sadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea? pinterest.com[/caption]

[duniaku_adsense]

Gara-gara perbedaan nasib di antara pemeran utama wanita dan pria, mereka seringkali terlibat konflik. Entah karena kecerobohan si cewek atau sikap sombong dari si cowok, karakter-karakter dalam drama Korea selalu bermusuhan.

Belum lagi kalau mereka selalu dipertemukan, konflik pun sudah pasti tidak bisa terhindarkan. Ya, bisa ditebak sih akhirnya kalau sebenarnya mereka memendam ketertarikan satu sama lain.

[page_break no="4" title="Cinlok"]

Sadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea? soompi.com[/caption]

Klise di drama Korea selanjutnya adalah kelanjutan kisah permusuhan dari kedua karakter utama. Dalam setiap cerita apapun, si cewek dan si cowok entah mengapa selalu dipertemukan. Gara-gara pertemuan yang terlalu intens tersebut, mereka pun biasanya sadar akan perasaan masing-masing.

[page_break no="5" title="Adegan Romantis yang Terlalu Didramatisir"]

Sadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea? hancinema.net[/caption]

[read_more id="299241"]

Namanya juga drama, setiap adegannya pun pasti harus didramatisir, termasuk adegan romantisnya. Ciuman statis dalam waktu yang lama adalah salah satu adegan favorit yang entah mengapa selalu dimunculkan.

Selain itu, adegan menangis di tengah hujan juga tidak jarang muncul dalam sebuah judul drama. Kira-kira kenapa adegan-adegan tersebut selalu muncul secara kontinyu ya?

Masih ada adegan-adegan klise lainnya di halaman 2...

[page_break no="6" title="Orang Ketiga"]

Sadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea? thetalkingcupboard.com[/caption]

Meskipun sudah bersama dengan sang pujaan hati, bukan berarti kisah cinta sepenuhnya terhindar dari orang ketiga. Hal ini juga lumayan sering diangkat menjadi konflik dalam hampir semua drama Korea.

[duniaku_baca_juga]

Karakter cewek pada umumnya dimunculkan sebagai perusak hubungan cinta. Tak jarang, si orang ketiga ini melakukan segala cara untuk mendapatkan hati sang pujaan. Namun, ujung-ujungnya usaha si orang ketiga ini akan gagal juga.

[page_break no="7" title="Mertua yang Jahat"]

Sadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea? koreandrama.today[/caption]

[read_more id="296706"]

Selain orang ketiga, karakter jahat paling klise di drama Korea adalah sosok ibu yang jahat. Karakter ibu seperti ini biasanya berwajah 'jutek' dengan sikap yang arogan. Alasan dia jahat sih biasanya tak jauh dari ketidaksukaannya pada pasangan anaknya.

Contohnya ada di drama Korea Boys Before Flowers. Karakter ibu Gu Jun Pyo digambarkan sebagai ibu yang jahat karena tidak menyukai kekasih pilihan anaknya yang berstatus gadis miskin.

[page_break no="8" title="Perpisahan yang Menyakitkan"]

Sadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea? soompi.com[/caption]

Sebelum sampai di ending yang bahagia, para karakter dalam drama Korea biasanya akan mengalami perpisahan yang amat menyedihkan. Nah, hal ini juga terjadi di drama Korea, Goblin dimana Ji Eun Tak terpaksa berpisah dengan Kim Shin selama sembilan tahun.

Selain itu, banyak juga drama Korea yang memiliki premis sama dengan Goblin. Umumnya pasangan kekasih akan berpisah karena pasangannya harus pergi keluar negeri. Adegan-adegan semacam ini juga biasanya selalu menguras emosi para penonton. Setuju?

[page_break no="9" title="Orang Sakit"]

Sadar Gak Kalau Beberapa Hal Ini Selalu Ada di Setiap Drama Korea? dramabeans.com[/caption]

[duniaku_adsense]

Entah apa yang membuat drama Korea harus selalu menampilkan orang sakit. Baik sakit keras atau hanya kecelakaan biasa, yang pasti adegan berlatar Rumah Sakit selalu dimunculkan. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk membangun emosi bagi para penonton.

Meski banyak mengandung klise, namun drama Korea tetap menjadi salah satu tontonan yang wajib kamu simak. Setuju dengan pernyataan itu? Jangan lupa sisipkan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU