5 Peringkat Collectible Card Game Terbaik yang Harus Kamu Mainkan!

Sumber: gameslikezone.com

Collectible Card Game (CCG) merupakan sebuah genre yang berkembang dari tahun ke tahun. Banyak pemain CCG bermula dari permainan yang bersifat kartu-kartu fisik bukan virtual seperti sekarang. Ada yang memulai bermain ketika Yu-Gi-Oh! sedang tren di masanya. Ada juga yang memulai dengan Magic: The Gathering.

Namun, hal itu tidak menutup untuk para pemain-pemain baru untuk mencoba bermain CCG. CCG memang bukan merupakan tipe game seperti Role Playing Game (RPG) maupun First Person Shooter (FPS) yang lebih bersifat action dan dinamis.

Baca Juga

Dalam CCG justru sebaliknya, pemain dituntut untuk memikirkan strategi untuk mengalahkan lawannya satu melawan satu. Kesalahan sedikit bisa berakibat fatal bagi kita dan bisa menjadi penyebab kekalahan. Jadi bagi kamu yang ingin mencoba dan tidak mau ketinggalan dengan CCG paling baru, kami merangkum lima CCG yang harus kamu mainkan di tahun ini:

5

Smite Tactics

Sumber: youtube.com

Smite Tactics merupakan sebuah game adaptasi dari MOBA Smite produksi Hi-Rez Studios yang juga terkenal meluncurkan game FPS Paladins. Smite Tactics pertama kali diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2016 dan memasuki tahap Closed Beta pada tanggal 5 Januari 2017. Game ini baru tersedia untuk platform PC yang kemudian rencananya akan dirilis untuk Xbox One dan Playstation 4.

Smite Tactics mengharuskan kita membuat deck berisikan monster dan item untuk mengalahkan lawan kita. Game ini sekilas mirip dengan Hearthstone dan Magic: The Gathering namun memiliki grafik yang lebih bagus dan tidak seperti Hearthstone dan Magic: The Gathering, kita dituntut untuk menggerakan karakter kita di dalam permainan, sehingga bersifat lebih dinamis.

Download Smite Tactics: PC – Gratis


4

Shadowverse

collectible card game

Shadowverse adalah sebuah CCG dari Jepang bernuansa anime yang dirilis pada 17 Juni 2016. Game ini memiliki beberapa kesamaan dengan Hearthstone dan Magic: The Gathering, namun para developer menyatakan bahwa game ini tidak memiliki unsur keberuntungan selain kartu yang kita draw dari deck.  Selain itu dalam game ini terdapat campaign mode yang memiliki storyline berbeda-beda tiap kelas atau hero.

Game ini sendiri diproduksi oleh Cygames yang memiliki tim yang berpengalaman dalam CCG. Enam diantaranya merupakan pemain profesional Magic: The Gathering asal Jepang. Bahkan salah satu di antara mereka bernama Jun’ya Iyanaga berhasil menjuarai turnamen Magic: The Gathering pada tahun 2011. Maka game ini bisa dibilang memiliki desainer gameplay yang bagus karena dipegang oleh para ahli.

Download Shadowverse: PC – Gratis / Android – Gratis / iOS – Gratis

3

The Elder Scrolls Legends

collectible card game
Sumber: gamespot.com

The Elder Scrolls: Legends adalah sebuah game yang mengambil tema dari game The Elder Scrolls Series seperti Morrowind dan Skyrim. Game ini dikembangkan oleh Bethesda Game Studios yang Open Beta-nya dirilis pada akhir tahun 2016. Mirip seperti CCG pada umumnya, namun The Elder Scrolls: Legends memiliki keunikan tersendiri terlihat dari board yang digunakan. Kamu akan melihat bahwa lapangan permainan terbagi menjadi dua lane dimana monster-monster hanya bisa menyerang di lane yang ditempatinya. Hal ini sangat unik karena membuka strategi-strategi baru yang harus dipikirkan ulang.

Download The Elder Scrolls: Legends: PC – Gratis 

2

Gwent: The Witcher Card Game

collectible card game
Sumber: pcgamer.com

Terlihat sendiri dari namanya, Gwent: The Witcher Card Game adalah game yang diadopsi dari franchise terkenal: The Witcher. Dikembangkan oleh CD Projekt RED, game ini sangat memukau dan harus dimainkan karena keunikannya.

Tidak seperti CCG pada umumnya yang bertujuan untuk menghabiskan HP lawan, game ini berfokus pada pemanfaatan kartu yang dimainkan. Kita memiliki kesempatan secara bergantian untuk memainkan kartu dengan angka dan keunikan tertentu. Jumlah dengan angka tertinggi memenangkan tiap ronde, dan pemain diharuskan memenangkan 2 dari 3 ronde. Jadi, pastikan kamu tidak menyia-nyiakan kartu dengan angka besar ya.

Pada saat artikel ini dibuat, Gwent: The Witcher Card Game baru memasuki tahap Closed Beta semenjak Oktober 2016.

Download Gwent: PC – Gratis

1

Hearthstone

collectible card game

Ekspansi Baru Hearthstone Ajak Kita Berpetualang di Un’ Goro!

Penasaran dengan dunia Warcraft lainnya? Kali ini kita akan berpetualang ke Un’Goro Crater, dunia para Dewa tinggal di Ekspansi Baru Hearthstone!
Baca Juga

Hearthstone! Game yang mengangkat CCG sebagai genre di dunia digital. Jika Kamu memainkan game-game yang sebelumnya masuk list ini, kamu harus memainkan Hearthstone, game yang menginspirasi developer lainnya untuk menyaingi game karya Blizzard Entertainment ini.

Hearthstone dirilis pada 14 Maret 2014. Hearthstone bertema dari karakter-karakter World of Warcraft, game RPG yang terbilang paling sukses sampai saat ini. Hearthstone sendiri sangat populer di channel Twitch.tv dengan jumlah penonton terbanyak setiap harinya bersaing dengan League of Legends dan Dota 2.

Download Hearthstone: PC – Gratis / Android – Gratis / iOS – Gratis

Diedit oleh Arya W. Wibowo