80% Powerbank Xiaomi Palsu, Ini Cara Paling Jitu Mengenali yang Asli

Powerbank Xiaomi Palsu

Ketika kita mendengar istilah supercopy, pasti langsung terbesit beberapa nama, seperti Samsung, iPhone, dan juga, Xiaomi. Ya, tahun lalu data menyebutkan bahkan ada lebih dari 2% smartphone merk Samsung dan Xiaomi yang beredar di pasaran itu tiruan, alias supercopy. Jelas, kita patut waspada ketika ingin membeli smartphone bermerek tersebut. Namun sepertinya kekuatiran bertambah, kerena baru-baru ini CEO Xiaomi, Lei Jun mengatakan jika ada sekitar 80% powerbank Xiaomi palsu yang beredar di pasaran.

Baca Juga

Hal ini jelas akan merugikan kalian jika membelinya. Walaupun harganya lebih murah dari powerbank Xiaomi yang asli, namun kualitasnya jauh lebih rendah. Bagaimana caranya agar kalian tidak tertipu membeli powerbank Xiaomi palsu? Berikut ada beberapa tipsnya membedakan powerbank Xiaomi asli dan palsu, selain kalian bisa membelinya dari penjual resmi yang terpercaya (seperti langsung melalui Xiaomi Indonesia), serta juga mengerti harga pasaran power bank Xiaomi (laman resmi Xiaomi Indonesia juga menuliskan patokan harganya).

Waspada! Xiaomi dan Samsung Supercopy Kuasai Pasaran!

Waspada! Xiaomi dan Samsung Supercopy Kuasai Pasaran! Cara mengetahui Samsung Supercopy, jual Samsung Supercopy, beli Samsung Supercopy.
Baca Juga

Cara Membedakan Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu


Powerbank Xiaomi asli memiliki bungkus yang rapi, dengan bahan berupa kertas yang tebal dan sulit dirobek. Berbeda dengan pembungkus powerbank Xiaomi palsu yang lebih mudah rusak kertas pembungkusnya.

Powerbank Xiaomi palsu biasanya juga ada yang dikemas dengan kotak transparan bening. Di dalam paket pembelian biasanya hanya ada powerbank dan kabel USB saja, tanpa kepala charger. Powerbank Xiaomi asli juga bisa ditandai dari fisiknya, melalui bahan casingnya yang lebih nge-doff/matte. Untuk powerbank Xiaomi palsu biasanya warna atau bahan casing lebih glossy, terlihat mengkilat.

Kemudiaan kalian bisa memeriksa bagian tulisan di bagian bawah powerbank, jika tulisan tersebut terlihat samar-samar dan ketika diraba terasa timbul, berarti itu powerbank Xiaomi asli. Namun jika tulisannya terlihat lebih jelas, itu powerbank Xiaomi palsu.

Ciri khas lainnya powerbank Xiaomi palsu bisa didapatkan dengan memperhatikan bagian LED indikator. Powerbank Xiaomi alsi memiliki lubang LED lebih kecil, dan bila menyala cahayanya terlihat fokus, tidak berpendar seperti pada yang palsu.

Kemudiaan ketika kalian melihat pada bagian port atau lubang tempat colokan microUSB, di sana terdapat logo Mi berwarna putih, bukan warna yang lain. Sementara yang palsu ada yang berwarna hitam atau warna lainnya, bahkan tidak terdapat logo Mi. Untuk lebih jelasnya, logo Mi dalam port USB tersebut seperti terlihat di bawah ini:

Kalian juga bisa memeriksa kedua ujung kabel USB yang disertakan dalam paket pembelian. Jika tidak terdapat lambang Mi baik pada konektor USB (yang besar) atau bagian microUSB-nya yang kecil, maka bisa dipastikan, itu yang asli.

Jika kalian belum puas, cara lain adalah dengan membongkarnya, karena hal itu makin mempermudah untuk menilai apakah powerbank Xiaomi tersebut asli atau palsu.

Setiap cell baterai yang digunakan powerbank Xiaomi asli adlah produksi asli LG. Kalina juga bisa melihat PCB komponen yang dimiliki powerbank Xiaomi asli sangat berbeda dari yang palsu, dan papan PCB powerbank Xiaomi asli berwarna biru.

Mi Power Bank palsu biasanya memiliki sirkuit yang acak-acakan dan tidak terlindungi dengan baik setiap cell baterainya.

Kalian juga bisa mengetes keaslin powerbank Xiaomi dengan cara menancapkan kedua ujung kabel USB ke port atau lubang colokannya masing-masing. Jika lampu indikator baterainya tetap mati, maka powerbank tersebut asli dari Xiaomi.

Berhubungan dengan hal itu, kalian bisa mencoba mengetesnya dengan men-charge gadget menggunakan powerbank Xiaomi tersebut. Jika asli, maka gadget tersebut akan langsung terisi baterinya tanpa harus menekan tombol power terlebih dahulu, karena powerbank yang asli memiliki kemampuan otomatis mendeteksi gadget yang terhubung dengan colokan.

Selain itu, kalian juga bisa mengecek via internet untuk mengetahui asli atau palsunya powerbank Xiaomi tersebut, dengan cara memasukkan kode verifikasi yang bisa kalian temukan di kotaknya. Jika stiker dengan kode ini tidak ada di kotaknya, bisa dipastikan itu Xiaomi power bank palsu.

Gosok pada kolom yang ditandai di bawah dengan menggunakan koin untuk menemukan 20 digit kode verifikasi.

Masukkan kode tersebut di url: www.mi.com/verify

Masukkan 20 digit kode verifikasi ke kolom dibawah ini dan klik tombol “verify now”

Apabila produk tersebut asli, maka akan muncul seperti ini:

Satu hal lagi, Xiaomi sendiri sudah pernah memperingatkan mengenai power bank palsu ini, dan kalian bisa mengenali yang asli dan palsu melalui video resminya berikut:


SHARE
Previous articleMengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita!
Next articleCerita Hero Dota 2: Kunkka, Sang Admiral Terakhir dari Cladd

Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.