Mengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita!

Bisa dibilang, Otome adalah dating simulation untuk gamer wanita. Kenali lebih jauh genre ini dan juga contoh game-nya!

Mengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita!

Mengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita!

Dari sekian banyak genre game yang ada di pasaran, mulai dari RTS, FPS, RPG hingga kasual, mungkin Otome ini bisa dibilang genre yang cukup menarik. Bukan tidak lain, karena genre ini dibuat khusus untuk memanjakan gamer wanita!

Berbicara mengenai genre game, mungkin kamu sudah sering mendengarkan kata RTS, FPS, ataupun RPG. Yap, ketiganya adalah genre yang cukup umum ada di pasaran. Namun ketika saya menyebutkan kata Otome, mungkin kamu sedikit bingung. Apa sih sebenarnya genre Otome ini? Mengapa Otome kok disebut genre yang "cewek banget?" dan memang dikhususkan untuk gamer wanita?

[duniaku_baca_juga]

Otome sendiri merupakan sebuah genre game berbasis kisah (story based) yang memang secara spesifik ditujukan untuk gamer wanita. Sama seperti genre-genre lainnya, game Otome selalu memiliki tujuan tertentu yang harus diselesaikan oleh gamer, sesuai dengan jalan cerita yang disediakan. Namun, satu hal yang "wajib" ada dalam game Otome adalah adanya romansa antara karakter utama wanita dengan salah satu pria tampan (selalu digambarkan tampan!) yang ada di dalam game.

Mengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita!

[duniaku_adsense]

Bisa dibilang, Otome adalah genre dating simulation yang dikhususkan untuk gamer wanita. Seringkali dalam sebuah game Otome kamu terlibat dalam sebuah suasana yang romantis dengan pria tampan yang ada di dalam game, yang menjadi "bumbu pemanis" dari kisah utama dalam game. Yap, jika kamu sering mendengar ada gamer pria yang memiliki waifu di dalam game, maka kebalikannya, dalam game Otome bisa jadi seorang gamer wanita menemukan sosok husbando alias "pasangan virtual"-nya!

Game Otome sendiri biasanya terdiri dari beberapa genre yang disatukan. Paling banyak, game Otome mengambil gameplay visual novel, yang memang cocok diimplementasikan ke dalam game berbasis kisah seperti ini. Lalu terkadang ada juga gameplay simulasi, dimana kamu memang ditargetkan untuk "mengencani" salah satu pria tampan di dalam game, dan membina hubungan baik dengannya. Selain itu ada juga gameplay lain yang biasanya dihadirkan dalam mini game seperti puzzle match 3, dress up, atau bahkan trivia.

Sebagian besar game Otome datang dari developer Jepang, karena terbukti genre ini sangat laris di negara tersebut. Sejarah mencatat, game Otome pertama yang pernah dirilis adalah Angelique, yang dirilis Koei untuk konsol Super Famicom tahun 1994 lalu. Karena game-nya dikhususkan untuk wanita tentu bisa ditebak, seluruh anggota tim pengembang dari game ini adalah wanita!

Mengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita!

Game Otome juga hadir untuk berbagai platform, mulai dari konsol, PC hingga mobile. Dan bagi kamu yang suka bermain di mobile dan ingin mencicipi game Otome, kamu bisa mencicipi beberapa game Otome yang populer di pasaran seperti Dress Up Diary, My Forged Wedding Party dan Yume100 Pangeran Kerajaan Mimpi.

Lanjut ke halaman 2 untuk tahu lebih banyak tentang game Otome!

Mengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita!

Sekarang mari kita bicara salah satu diantaranya, Yume100 yang bisa dibilang salah satu yang tengah hits di pasaran. Mengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita!

Kisah dasar dari game ini sendiri sebenarnya cukup klise, namun seperti inilah (mungkin) kehidupan yang diimpikan banyak wanita di seluruh dunia. Kamu pulang dari kerja atau sekolah, dan tiba-tiba kamu didatangi makhluk imut yang menyebutkan bahwa kamu adalah seorang putri yang hilang dari Kerajaan Mimpi. Kerajaan tersebut saat ini membutuhkanmu untuk mengalahkan para Pemakan Mimpi dan mengembalikan kedamaiannya. Dan untuk menyelesaikan tugas tersebut, tentu kamu akan dibantu oleh ratusan pangeran tampan!

Dibandingkan game puzzle match 3 lainnya, gameplay game ini cukup adiktif kok dan mungkin akan mengingatkanmu dengan gaya puzzle match 3 ala LINE Pokopang. Kamu diharuskan untuk menyambungkan minimal tiga bola di layar dengan cara menyapukan jarimu untuk mengubahnya menjadi kekuatan para pangeran.

Jika kamu bisa menyambungkan minimal enam bola, maka kamu bisa mengeluarkan skill dengan damage yang lebih besar. Tiap turn kamu hanya memiliki waktu 10 detik untuk berpikir jalur mana yang akan kamu sambungkan. Namun ada beberapa skill yang bisa menambah waktunya tiga detik lagi.

Mengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita!

[duniaku_adsense]

Terdapat lima tipe pangeran yang dipisahkan dari status utamanya seperti Passion (merah), Cool (biru), Gentle (hijau), Cute (kuning), dan Sexy (ungu). Belum hafal? Tenang saja, kamu akan otomatis akan hafal seiring dengan semakin lamanya kamu bermain. Masing-masing tipe lebih kuat dibandingkan tipe lainnya, sehingga cukup membuatmu berpikir untuk mengatur strategi kombinasi party terkuatnya.

Lebih dari 100 pangeran tampan dan juga cerita yang jadi impian semua wanita, kami yakin game ini bakal memuaskan para penggemar Otome. Bukan cuma itu, gaya grafisnya juga terbilang sangat cantik dan memanjakan mata, serta musik yang enak didengar (tahukah kamu bahwa komposer dari game ini adalah Takada Masafumi, salah satu komposer dari Resident Evil?) Namun tentu saja, kelebihan-kelebihan ini membawa konsekuensi besarnya file game yang harus kamu download. Jadi siapkan ruang kosong di smartphone milikmu, serta gunakan koneksi wifi untuk men-download file game-nya ya!

Mengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita!

Bukan cuma itu, karena masing-masing pangeran punya kisah sendiri-sendiri denganmu, tampak kisah beberapa pangeran kurang terlalu dalam. Mungkin jika kisahnya diperdalam, file game yang harus kamu download bakal lebih besar lagi!

Berbicara mengenai pangeran favorit, kalau penulis sih mengagumi Mehdi. Yah, memang pada dasarnya penulis suka dengan seni sih, jadinya mengagumi karakter Mehdi yang melihat segala permasalahan dari sudut keindahan seni. Termasuk untuk urusan cintanya, terutama saat dia mengatakan bahwa "kau dan aku akan menjadi karya seni". Hehehe..

Mengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita! Mehdi[/caption]

Karakter favorit kedua? Mungkin bakal memilih Rufen karena mengagumi kepribadiannya yang suka dengan kebebasan, namun tetap memiliki jiwa yang romantis. Kalau pangeran favoritmu siapa? Share di kolom komentar ya!

Mengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita!

Satu "syarat" lain yang wajib ada dalam sebuah game Otome adalah kehadiran voice actor yang membuat game semakin "hidup". Untuk itu, Yume100 pun menghadirkan beberapa nama tenar seperti Aoi Shouta, Akabane Kenji, Ishikawa Kaito, Eguchi Takuya, dan Osaka Ryouta untuk mengisi suara para pangeran tampan di dalam game ini. Bagi yang gemar memainkan game Otome, mungkin akan familier dengan salah satu nama di atas bukan?

Tertarik untuk berjumpa bersama lebih dari 100 pangeran dan menelusuri kisahnya? Kamu bisa download game Yume100 Pangeran Kerajaan Mimpi melalui salah satu tautan di bawah ini gratis!

[read_more id="296889"]

Download Yume100 Pangeran Kerajaan Mimpi:

  • Android – Gratis
  • iOS – Gratis

Facebook Fanpage

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU