Mengenal Otome, Genre Game yang Ditujukan Khusus untuk Gamer Wanita!

otome, gamer wanita, yume100

Dari sekian banyak genre game yang ada di pasaran, mulai dari RTS, FPS, RPG hingga kasual, mungkin Otome ini bisa dibilang genre yang cukup menarik. Bukan tidak lain, karena genre ini dibuat khusus untuk memanjakan gamer wanita!

Berbicara mengenai genre game, mungkin kamu sudah sering mendengarkan kata RTS, FPS, ataupun RPG. Yap, ketiganya adalah genre yang cukup umum ada di pasaran. Namun ketika saya menyebutkan kata Otome, mungkin kamu sedikit bingung. Apa sih sebenarnya genre Otome ini? Mengapa Otome kok disebut genre yang “cewek banget?” dan memang dikhususkan untuk gamer wanita?

Baca Juga

Otome sendiri merupakan sebuah genre game berbasis kisah (story based) yang memang secara spesifik ditujukan untuk gamer wanita. Sama seperti genre-genre lainnya, game Otome selalu memiliki tujuan tertentu yang harus diselesaikan oleh gamer, sesuai dengan jalan cerita yang disediakan. Namun, satu hal yang “wajib” ada dalam game Otome adalah adanya romansa antara karakter utama wanita dengan salah satu pria tampan (selalu digambarkan tampan!) yang ada di dalam game.

otome, gamer wanita, yume100


Bisa dibilang, Otome adalah genre dating simulation yang dikhususkan untuk gamer wanita. Seringkali dalam sebuah game Otome kamu terlibat dalam sebuah suasana yang romantis dengan pria tampan yang ada di dalam game, yang menjadi “bumbu pemanis” dari kisah utama dalam game. Yap, jika kamu sering mendengar ada gamer pria yang memiliki waifu di dalam game, maka kebalikannya, dalam game Otome bisa jadi seorang gamer wanita menemukan sosok husbando alias “pasangan virtual”-nya!

Game Otome sendiri biasanya terdiri dari beberapa genre yang disatukan. Paling banyak, game Otome mengambil gameplay visual novel, yang memang cocok diimplementasikan ke dalam game berbasis kisah seperti ini. Lalu terkadang ada juga gameplay simulasi, dimana kamu memang ditargetkan untuk “mengencani” salah satu pria tampan di dalam game, dan membina hubungan baik dengannya. Selain itu ada juga gameplay lain yang biasanya dihadirkan dalam mini game seperti puzzle match 3, dress up, atau bahkan trivia.

Sebagian besar game Otome datang dari developer Jepang, karena terbukti genre ini sangat laris di negara tersebut. Sejarah mencatat, game Otome pertama yang pernah dirilis adalah Angelique, yang dirilis Koei untuk konsol Super Famicom tahun 1994 lalu. Karena game-nya dikhususkan untuk wanita tentu bisa ditebak, seluruh anggota tim pengembang dari game ini adalah wanita!

yume100,otome,gamer wanita

Game Otome juga hadir untuk berbagai platform, mulai dari konsol, PC hingga mobile. Dan bagi kamu yang suka bermain di mobile dan ingin mencicipi game Otome, kamu bisa mencicipi beberapa game Otome yang populer di pasaran seperti Dress Up Diary, My Forged Wedding Party dan Yume100 Pangeran Kerajaan Mimpi.

Lanjut ke halaman 2 untuk tahu lebih banyak tentang game Otome!

1
2

SHARE
Previous articleIni Perbandingan Para Musuh Film Logan dengan Versi Komik Mereka!
Next article80% Powerbank Xiaomi Palsu, Ini Cara Paling Jitu Mengenali yang Asli
Merupakan penggemar anime sejak SMP, dan terus berlanjut hingga sekarang bekerja. Belakangan ini suka memperhatikan dan ikut dalam konser-konser dari artis Jepang favorit. Saat ini bekerja sebagai Graphic Designer, yang menurutnya cukup asik dilakukan karena seperti bekerja sambil bermain. Kairi juga seorang gamer dan genre favoritnya adalah RPG. Sebagai salah satu kontributor untuk majalah Zigma dan Omega, menulis merupakan caranya membagi informasi kepada orang lain tentang hal-hal yang disukainya dengan lebih informatif, dari segi pandang seorang penggemar.