Jika Kamu Penggemar Harvest Moon, Game Ini Harus Kamu Mainkan!

Kamu ingin mencari game pengganti Harvest Moon? Siapa yang masih ingat dengan Harvest Moon? Mungkin banyak di antara kamu yang memainkan game ini di masa jayanya yaitu ketika game ini dirilis untuk PlayStation 1 yang berjudul Harvest Moon: Back to Nature.

Baca Juga

Game ini memiliki tema bercocok tanam dan membuat kehidupan sendiri di daerah pedesaan, mengikuti acara-acara yang sudah diatur dalam kalender desa, dan bahkan bisa sampai menikah dengan gadis idaman kamu sampai memiliki anak.

Seri-seri berikutnya seperti Harvest Moon: A Wonderful Life untuk Playstation 2 dan Harvest Moon: Tree of Tranquility untuk Nintendo Wii rasanya tidak seseru dan seasyik Harvest Moon: Back to Nature di PlayStation 1. Banyak developer game yang mencoba membuat game dengan tema yang sama dengan Harvest Moon namun sepertinya belum ada yang bisa mengalahkan rasa kegembiraan bermain Harvest Moon pada umumnya.

Akan tetapi berbeda dengan game indie yang satu ini. Dengan judul Stardew Valley, kamu bisa merasakan suasana seperti kamu memainkan Harvest Moon pada umumnya namun lebih seru lagi. Ya, Stardew Valley merupakan sebuah game yang bisa dibilang memiliki gaya bermain yang sama dengan Harvest Moon namun memiliki kompleksitas yang lebih dan membuat kamu lebih ditantang dan mencoba sesuatu yang baru dari game bertema cocok tanam. Walaupun secara grafis game ini tidak begitu unggul dan terkesan sangat 2D, namun grafis tidak menghalangi keasyikan bermain Stardew Valley.


Game pengganti harvest moon Stardew Valley

Sama halnya dengan Harvest Moon pada umumnya, kamu diminta untuk pergi ke desa kakekmu untuk mengurus tanah pertanian yang ditinggalya. Kamu memulai dengan lahan yang berantakan dan harus kamu rapihkan terlebih dahulu. Sebelumnya kamu bisa memilih terlebih dahulu tipe lahan yang ingin kamu mainkan. Terdapat tipe hutan, tipe pemancingan, tipe pegunungan dan lainnya yang membuat game ini unuk.

Game pengganti harvest moon Stardew Valley

Mencari uang adalah sesuatu yang harus di awal. Namun berbeda dengan Harvest Moon, Stardew Valley memiliki sistem bertarung dengan monster-monster yang berada di pertambangan.  Setelah mengumpulkan uang, kamu bisa memilih profesi yang kamu inginkan tiap kamu naik 5 level di tiap bidang seperti kamu bisa memilih untuk menjadi seorang penanam atau seorang peternak. Dalam beternak, kamu bisa memiliki binatang seperti ayam, kambing, domba, sapi, bebek, babi, dan slime. Penasaran memainkan game ini? Kamu bisa membeli Stardew Valley di PC melalui Steam seharga Rp116 ribu.

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama

Stardew Valley Guide: Panduan tahun pertama untuk bertani, mengumpulkan tanaman liar, merakit alat-alat, bersahabat dengan warga, dan banyak lagi!
Baca Juga

Stardew Valley: PC – Rp116 ribu