Seperti Inilah Detail Cerita dan Class di Bravely Default Mobile

Akhirnya, Square Enix mulai memperkenalkan latar cerita dan sistem class yang ada pada Bravely Default Mobile kepada publik.

Seperti Inilah Detail Cerita dan Class di Bravely Default Mobile

Seperti Inilah Detail Cerita dan Class di Bravely Default Mobile

Akhirnya, Square Enix mulai memperkenalkan latar cerita dan sistem class yang ada pada Bravely Default Mobile kepada publik.

Bravely Default Mobile yang diberi judul lengkap Bravely Default: Fairy's Effect sudah diumumkan sejak 10 November 2016 lalu. Merupakan proyek game mobile baru milik Square Enix selain Final Fantasy yang sudah terlebih dahulu dirilis. Bravely Default merupakan sebuah RPG yang dikembangkan Silicon Studio. RPG ini menggunakan sistem pertarungan Turn-Based klasik dan sistem Job ala Final Fantasy.

Seperti Inilah Detail Cerita dan Class di Bravely Default Mobile

[duniaku_baca_juga]

Baru-baru ini pihak Square Enix memberikan sebuah video promosi yang menjelaskan seperti apa sih Bravely Default Mobile tersebut. Dalam video promosi itu, juga menyertakan latar belakang cerita yang mendasari RPG mobile ini. Sekaligus memberikan cuplikan video tentang bagaimana sistem battle yang dihadirkan dalam game ini. Langsung saja kita lihat videonya dibawah ini:

Dari video promosi di atas, dunianya masih mirip dengan seri orisinalnya di mana melibatkan empat kristal elemen. Diceritakan dua dari keempat kristal itu kehilangan kekuatannya. Saat itulah muncul sebuah periode kekacauan yang disebut dengan "The Great Fall." Dari periode itu terdapat banyak negara-negara yang telah hancur karena peperangan.

Saat itu, banyak pejuang dari dimensi lain yang berbeda terpanggil ke dunia Bravely Default Mobile ini. Mereka adalah para pemain, yang akhirnya mencari jalan untuk kembali ke rumah mereka masing-masing. Sementara itu seekor peri bersayap hijau yang bernama Rinne juga muncul, yang juga memiliki peran besar dalam game ini. Akhirnya petualangan pun berlanjut.

Seperti Inilah Detail Cerita dan Class di Bravely Default Mobile

[duniaku_adsense]

Untuk battle akan ada banyak fitur dari seri orisinalnya yang akan kembali. Mulai dari fitur Brave dan Default itu sendiri, meskipun kini mekanikanya akan berbeda. Untuk menggunakan serangan spesial, pemain bisa menggunakan Brave Point. Sedangkan Brave Point bisa didapat ketika pemain menyerang musuh dengan serangan normal. Permainan akan berjalan secara otomatis, sehingga pemain hanya perlu mengatur kapan menggunakan serangan spesial.

Hingga kini Square Enix sudah mengenalkan lima class yang bisa pemain gunakan dalam bertempur. Berikut ini adalah masing-masing class yang bisa kamu gunakan:

Knight

Class yang menggunakan pedang besar ini menyerang dari jarak dekat. Mereka bertarung di posisi depan, memiliki kemampuan tebasan yang kuat dan juga kemampuan untuk bertahan. Para Knight juga memiliki tebasan kuat, meskipun gerakan mereka cukup lamban.

Black Mage

Pengguna tongkat sihir ini berada di posisi paling belakang. Mereka memiliki kemampuan sihir yang sangat kuat dan memiliki efek area luas. Sayang untuk menggunakan itu mereka harus menggunakan BP tinggi dan melakukan casting yang memakan waktu cukup lama.

White Mage

Berbeda dari Black Mage, White Mage memang menggunakan sihir, hanya saja untuk mendukung kawan-kawannya dalam bertarung. Mereka menggunakan buku suci untuk bertarung. Biasanya mereka bertahan di lini tengah atau belakang formasi tempur.

Hunter

Mereka menyerang menggunakan serangan fisik, tetapi dari jauh. Hal itu memungkinkannya untuk bertahan hidup lebih lama. Dengan banyak serangan spesial dengan BP rendah, Hunter mampu menjadi damage dealer yang efektif untuk menghabisi satu monster.

Thief

Para Thief menggunakan dua belati untuk berburu. Mereka memiliki serangan cepat dan banyak skill yang mematikan. Hampir setiap serangan mereka selalu dihiasi tebasan bertubi-tubi hingga musuh mati. Sama seperti Knight, mereka berada di baris depan untuk melawan musuh-musuhnya.

 Seperti Inilah Detail Cerita dan Class di Bravely Default Mobile

Jangan khawatir memilih class mana yang lebih baik, sebab kamu bisa mencobanya satu per satu dengan satu karakter yang kamu buat diawal. Fitur ini "Class Change" ini juga diadaptasi dari game orisinalnya. Sayangnya, dalam pertempuran, pemain tidak dapat melakukan pergantian class. Oh ya, masing-masing class juga memiliki equipment berbeda dan kamu bisa mengaturnya terlebih dahulu.

Untuk informasi lebih dalam mengenai detail dari Bravely Default Mobile ini, bisa kamu cek halaman berikutnya.

Seperti Inilah Detail Cerita dan Class di Bravely Default Mobile

Sebenarnya Square Enix sendiri sudah membuka server close beta pada akhir tahun 2016 lalu di Jepang. Berbeda dengan game MMORPG lain untuk mobile, Bravely Default Mobile ini mengutamakan sistem co-op yang jauh lebih menarik. Kini untuk melakukan party dan battle bersama akan jauh lebih simpel dan mudah!

Di kota, pemain bisa memilih Quest yang disediakan oleh NPC. Pemain juga bisa membaca, misi apa yang harus pemain lakukan. Salah satu misinya adalah mengalahkan monster tertentu. Setelah itu, pemain akan dipindahkan ke Quest Map untuk memburu monster. Kamu bisa memburu monster sendiri atau bersama-sama dengan pemain lain.

Seperti Inilah Detail Cerita dan Class di Bravely Default Mobile

Jika di game lain, pemain harus membentuk party secara manual atau mencari anggota party terlebih dahulu sebelum berangkat ke dungeon. Berani tampil beda, di Bravely Default: Fairy's Effect, pemain bisa langsung membentuk party secara otomatis dalam melawan monster di Quest Map yang sudah disediakan. Jadi pemain hanya perlu bergabung dengan pemain lain yang sedang melakukan pertempuran dengan monster untuk bertarung bersama.

Pada Quest Map yang kamu pilih, akan ada banyak monster berkeliaran di sepanjang perjalananmu. Kamu juga akan melihat banyak pemain lain secara real-time melakukan Quest yang sama dengan yang kamu pilih. Setiap monster memiliki level di atas kepala mereka, dan kamu bisa mendekati mereka untuk bertempur.

Seperti Inilah Detail Cerita dan Class di Bravely Default Mobile

[duniaku_adsense]

Ketika bertempur, maka di map akan terlihat sebuah debu-debu bertebaran dan sebuah logo "battle." Ketika itu, pemain lain bisa mendekati debu itu dan memasuki pertempuran bersama secara party. Totalnya kamu bisa bermain hingga 4 karakter dalam satu kali pertempuran. Hal ini tentu akan membantumu dalam mengalahkan monster yang kuat sekalipun.

Dalam bertempur, pemain bisa mengatur formasi mereka sendiri, baik di lini depan, tengah, atau belakang. Beberapa monster yang akan menyerang, akan memberikanmu peringatan terlebih dahulu, lini mana yang mereka target. Saat kamu membaca gerakan mereka, kamu bisa berpindah lini untuk menghindari serangan tersebut. Untuk menghindar, kamu hanya perlu melakukan swipe ke layar ke atas atau ke bawah.

Setiap kali kamu mengalahkan musuh, kamu akan berkesempatan mendapatkan peti harta berisi banyak perlengkapan yang berguna. Beberapa di antaranya adalah equipment seperti senjata dan armor. Selain mendapatkan peti harta, pemain juga akan mendapatkan EXP dan PG (mata uang dalam game ini).

Seperti Inilah Detail Cerita dan Class di Bravely Default Mobile

Bravely Default: Fairy's Effect akan segera dirilis untuk Android dan iOS. Lebih menariknya lagi, seri ini akan menjadi game MMORPG mobile yang sangat ditunggu, karena tidak menghadirkan Stamina Pool yang membatasi kita dalam bermain! Selain itu, game ini berbasis Free-to-Play, meskipun menghadirkan sistem micro-transaction.

Bagi kamu yang tertarik memainkan game ini, Square Enix sudah membuka pra-registrasi di website resmi Bravely Default: Fairy's Effect. Sayangnya, game ini masih hanya tersedia dalam bahasa Jepang. Sedangkan untuk versi global yang menghadirkan bahasa inggris belum diumumkan oleh Square Enix. Semoga saja mereka segera melokalisasinya.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU