5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang

Kumpulan samurai-samurai nyata ini memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa, hingga kisah mereka masih terdengar hingga sekarang. Siapa saja?

5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang

5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang

Kumpulan samurai-samurai nyata ini memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa, hingga kisah mereka masih terdengar hingga sekarang. Siapa saja?

[duniaku_baca_juga]

Sebelumnya, kita sudah membahas ninja-ninja nyata yang legendaris. Namun mengingat pekerjaan ninja yang mengharuskan penekanan pada spionase dan sabotase, sepertinya banyak nama yang hingga sekarang tidak diketahui umum. Bahkan sosok seperti Hattori Hanzo dan Fuma Kotaro saja sepertinya memiliki prestasi-prestasi yang tidak diketahui.

Sekarang giliran para samurai nyata yang dibahas. Mengingat para petarung ini sering kali harus berduel dan bertempur, presatasi mereka pun lebih mudah dicatat oleh sejarah. Seberapa melegenda mereka? Yah, hingga ratusan tahun kemudian mereka masih sering muncul dalam bentuk tokoh game, anime, hingga film. Kamu bahkan lebih mengenal mereka di media budaya pop tanpa menyadari mereka itu sosok nyata.

[page_break no="1" title="Miyamoto Musashi"]

5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang

[duniaku_adsense]

Musashi sering muncul di berbagai media budaya pop hingga kamu bisa mengira dia adalah tokoh fiktif. Tapi tidak, dia ini samurai nyata yang memang benar-benar pernah mengukir jejaknya di dunia.

Seberapa kuat Musashi? Menurut buku The Book of Five Rings, samurai yang satu ini pertama berduel waktu dia berumur 13 tahun. Dia menang dan membunuh musuhnya.

Dua pencapaian Musashi yang paling terkenal adalah saat dia menang duel melawan Sasaki Kojiro serta mengalahkan para petinggi klan Yoshioka.

Konfliknya dengan klan Yoshioka menunjukkan kemampuan Musashi dalam memikirkan taktik sekaligus kekuatan bertarungnya yang luar biasa. Musashi sengaja datang telat saat melawan Yoshioka Seijuro, membuat pemimpin klan Yoshioka itu kesal duluan. Musashi lalu menyelesaikan duel ini dengan satu serangan, yang membuat Seijuro cacat.

5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang

[read_more id="300785"]

Saudara Seijuro, Denshinichiro, lalu memutuskan untuk menuntut balas. Musashi datang telat lagi, sepertinya memang sengaja untuk membuat musuhnya emosi. Lalu dia menang lagi.

Kekalahan beruntun Seijuro dan Denshinichiro membuat klan Yoshioka murka. Tak lagi memikirkan kehormatan, mereka menghimpun kelompok berisi puluhan orang untuk menyergap Musashi. Tapi Musashi bisa mengetahui niat mereka, meluncurkan serangan kejutan, dan membunuh semua orang Yoshioka yang menghalangi jalannya untuk kabur.

Menang duel lawan Seijuro dan Denshinichiro yang merupakan pemimpin klan Yoshioka saja sebenarnya sudah luar biasa. Demikian pula dengan kemenangannya melawan Sasaki Kojiro. Tapi prestasi yang membuktikan kemampuan Musashi jelas adalah saat ia menghadapi puluhan orang Yoshioka dan bertahan hidup. Itu seharusnya hanya bisa dilakukan di anime dan game Dynasty Warriors.

 

Sumber: Wikipedia (Miyamoto Musashi), Wikipedia (Yoshioka-ryu)

[page_break no="2" title="Honda Tadakatsu"]

5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang

Honda Tadakatsu adalah samurai yang mengabdi di bawah Tokugawa Ieyasu. Hidup di puncak era Sengoku Jidai, Tadakatsu pernah terlibat dalam 100 pertempuran. Itu saja sudah prestasi menakjubkan, mengingat ia - jelas - sukses bertahan hidup dari setiap pertempuran itu.

Tadakatsu juga hidup di dunia di mana ilmu pengobatan belum berkembang seperti sekarang. Satu saja luka parah bisa mengakhiri karirnya sebagai samurai dan panglima di medan pertempuran. Tahu kenapa ia bisa terus bertarung di lebih dari seratus pertempuran? Karena Tadakatsu begitu hebat, ia tak pernah menderita luka serius. Ia juga tak pernah dikalahkan oleh samurai lain.

5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang

Kalau kamu menemukan Tadakatsu di game atau anime, biasanya kamu akan melihat dia dengan helm khasnya yang dihias dengan motif tanduk rusa. Itu bukan sentuhan fiktif. Dia memang mengenakan helm unik itu ke pertempuran. Jadi seharusnya para samurai yang ingin mengukir nama bisa dengan mudah menemukannya dan melawannya. Tetap saja hingga Ieyasu menciptakan Jepang yang stabil dan aman, Tadakatsu tidak terkalahkan.

 

Sumber: Badass of the Week, Wikipedia


 

Itu baru dua contoh. Siapa lagi kira-kira samurai nyata dengan kemampuan bertarung yang melegenda? Lihat lanjutannya di halaman kedua!

[page_break no="3" title="Tomoe Gozen"]

5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang

[duniaku_baca_juga]

Samurai perempuan tidak hanya ada di anime-anime. Di sejarah Jepang juga ada samurai nyata tangguh, yakni Tomoe Gozen.

Menurut Tale of Heike, Tomoe Gozen adalah perempuan yang sangat cantik. Ia memiliki kulit putih dan rambut hitam panjang. Tapi kalau Tomoe harus mengangkat senjata, maka musuh-musuhnya pun akan gentar. Dia jago memanah. Dia jago berkuda. Sebagai petarung, dia disebut-sebut sebagai pejuang yang sekuat seribu prajurit. Saat dibutuhkan, Minamoto Yoshinaka tidak ragu mengirim Tomoe ke garis depan.

Pada akhirnya, Tomoe yang melayani Yoshinaka terlibat dalam konflik internal klan Minamoto. Minamoto Yoshinaka, sosok yang memimpin Tomoe, ingin menjadi pemimpin klan Minamoto. Minamoto no Yorimoto menyambut ambisi ini dengan menyerbu Yoshinaka.

Kalah jumlah, pasukan Yoshinaka tidak bisa berbuat banyak. Tidak mau mati di sisi wanita, Yoshinaka meminta Tomoe pergi (walau pejuang yang satu ini sudah membuktikan kemampuannya dengan bertahan hingga sejauh itu). Tomoe pun pergi. Nasibnya setelah itu tidak diketahui.

Ada tiga teori mengenai nasib Tomoe. Ada yang bilang Tomoe dikalahkan oleh Wada Yoshimori dan dipaksa menjadi selir. Ada yang bilang dia memutuskan menjadi biarawati. Ada juga yang bilang Tomoe dengan heroik membalas dendam Yoshinaka dengan membunuh musuh-musuhnya. Tomoe lalu mengambil kepala Yoshinaka dan bunuh diri di laut.

Yang jelas, Tomoe Gozen memang sosok yang sangat mengagumkan.

 

Sumber: Wikipedia, Ancient-Origins

[page_break no="4" title="Date Masamune"]

5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang

[duniaku_adsense]

Date Masamune adalah samurai hebat lain yang sering muncul di sejumlah media anime dan game. Salah satunya ya di judul Sengoku Basara. Tapi tahukah kamu kalau dia sebenarnya adalah samurai nyata?

Penutup mata ala baja laut yang dikenakan Masamune di Sengoku Basara bukan ditambah-tambahi hanya untuk membuat dia keren saja. Masamune asli juga memiliki cacat yang membuat satu matanya tidak berfungsi. Ia kehilangan mata kanannya karena penyakit cacar. Dikatakan kalau setelah organ itu dinyatakan tidak berfungsi, ia antara mencabutnya sendiri atau membiarkan mata kanannya dicabut orang.

Sekarang, coba kamu tutup satu mata kamu. Hilangnya satu mata membuat jangkauan pandang juga berkurang. Ada satu sisi yang bisa dimanfaatkan dengan mudah oleh lawan untuk menyerang dalam pertarungan. Tapi tetap saja Date Masamune dapat menempa kemampuannya dengan begitu hebat, hingga cacat ini tidak menghalanginya menjadi samurai legendaris.

5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang

[read_more id="298543"]

Masamune bukan orang yang mengenal ampun dalam peperangan. Saat menghancurkan kastel klan Ashina, misalnya, dia dan pasukannya membunuh lebih dari 800 orang. Saat berurusan dengan Hatakeyama Yoshitsugo yang menculik dan kemudian menyebabkan ayahnya mati, Masamune memburu Yoshitsugo dan membunuh dia beserta keluarganya.

Masamune tidak terkalahkan baik dalam perang maupun adu pedang. Dan sekali lagi, Masamune melakukan itu dengan satu mata saja.

 

Sumber: Wikipedia

[page_break no="5" title="Oda Nobunaga"]

5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang

Walau di game seperti Nioh Nobunaga ditampilkan sebagai ahli pedang yang sulit ditaklukkan, prestasi tokoh yang satu ini di sejarah lebih dikenal karena taktik-taktiknya serta kebrutalannya di medan pertempuran. Dia pernah mengalahkan pasukan klan Imagawa yang didukung 25,000 orang hanya dengan 2000-3000 orang.

Di manga dan anime Drifters, Nobunaga ditampilkan sebagai ahli strategi utama pasukannya. Ia membuktikan itu semasa ia hidup, seperti saat pertempuran dengan klan Imagawa di atas. Selain taktik, ia juga tahu kapan saatnya untuk memperbarui senjata. Dia lengkapi pasukannya dengan senapan, dan ia gunakan formasi menembak bergantian untuk menangani masalah isi ulang peluru yang lamban untuk senjata api di era itu.

Tapi semasa hidup Nobunaga membuat banyak orang murka (dan takut) dengan tindakan-tindakan kontroversial seperti membunuh biksu, wanita, dan anak-anak di Gunung Hiei. Pada akhirnya, di puncak kekuasaannya, ia justru mati dikhianati Akechi Mitsuhide.

 

Sumber: Wikipedia, Badass of the Week


 

Itulah lima samurai nyata dengan prestasi yang legendaris. Apakah kamu mengetahui tokoh-tokoh samurai nyata selain lima nama di atas? Sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU