Xiaomi Mi6 Bakal Dibuat Seperti iPhone 7 dan 7 Plus (Tapi Dijual Setelah Galaxy S8)

Xiaomi Mi6

Xiaomi dikabarkan bakal segera mengungkapkan flagship mereka tahun ini, Xiaomi Mi6. Sebelumnya kita sudah mendapat kabar bakal ada tiga versi Xiaomi Mi6, yang masing-masing memiliki spesifikasi berbeda, hingga harga jual yang juga kompetitif.

Jika sebelumnya disebutkan Xiaomi bakal diluncurkan akhir Maret, kemudian mundur sampai pertengahan April 2017, dan kini kabar terbaru mengungkapkan jika kemungkinan seperti semua smartphone flagship yang menerapkan prosesor Snapdragon 835, Xiaomi Mi6 bakal kembali dipaksa mundur peluncurannya sampai Mei mendatang.

Baca Juga

Walaupun ini sekadar rumor, namun sumber yang kami dapatkan melalui media sosial Cina Weibo mengatakan jika Xiaomi Mi6 baru akan diumumkan di bulan Mei, atau mundur satu bulan dari rencana awalnya, dan akan mulai dijual bulan Juni 2017.

Galaxy S8, smartphone “egois” yang telah memonopoli semua produksi awal prosesor Snapdragon 835

Tentu saja ini imbas dari Samsung yang “memborong” semua persediaan awal chipset Snapdragon 835 dari Qualcomm. Seperti yang pernah kami ulas sebelumnya, chipset tersebut menggunakan teknologi proses produksi 10 nanometer FinFET milik Samsung, memicu Samsung menginginkan hak eksklusifitas untuk mareka sampai Galaxy S8 dijual di pasaran.

Smartphone dengan Snapdragon 835 Pertama, Xiaomi Mi6 Dijual Murah (Cuma Rp3 Jutaan!)

Selain Lebih Cepat dari GalaxyS8, Xiaomi Mi6 Dipastikan Lebih Murah (Cuma Rp3 Jutaan!) Android dengan Snapdragon 835, smartphone dengan Snapdragon 835
Baca Juga

Maka tidak mengherankan jika di awal 2017 ini, kita akan mendengar jika flagship terbaru, termasuk LG G6, masih akan menggunakan chipset tahun lalu, seperti Snapdragon 821. Keadaan ini diprediksi bakal berlangsung paling cepat April 2017 mendatang, atau, setidaknya setelah Galaxy S8 dirilis. Sony pun juga baru berani memastikan jika Xperia XZ Premium yang menjadi flagship mereka tahun ini, baru akan dijual Juni mendatang. Banyak yang mengatakan trik Samsung kali ini cukup hebat, karena dengan demikian Galaxy S8 mereka bakal menjadi satu-satunya pengguna Snapdragon 835 di pasaran.

Salah satu ilustrasi desain Xiaomi Mi6 dengan dua kamera utama

Bakal Ada Dua Pilihan Layar


Selain kabar tersebut, rumor lainnya yang muncul menyebutkan jika Xiaomi bakal menawarkan Xiaomi Mi6 dengan dua pilihan layar. Ada yang biasa dengan diagonal 5.15-inchi, serta ada yang besar layarnya, mencapai 5.7-inchi, sehingga membuatnya identik dengan pilihan iPhone 7 serta iPhone 7 Plus. Keduanya sama seperti Xiaomi Mi5c, memiliki bezel yang sangat tipis serta rasio layar dengan penampang depan yang sangat besar. Dugaan sementara, untuk varian yang besar memiliki konfigurasi dual-camera, yang kemungkinan besar menggunakan sensor Sony Exmor RS IMX362.

Gara-gara Samsung, Xiaomi Mi6 Bisa Dijual Lebih Murah dan “Lebih Cepat” dari Galaxy S8

Pinecone V970, Chipset Buatan Xiaomi untuk Xiaomi Mi6, spesifikasi Pinecone V970 spec, benchmark Xiaomi Mi6 vs Galaxy S8, harga Xiaomi Mi6 benchmark
Baca Juga

Sedangkan untuk varian yang lebih kecil, akan menggunakan kamera terbaru dari Sony, yaitu Exmor RS IMX400, yang memiliki sensor 19-megapixel dengan resolusi maksimal yang dihasilkan 5056 x 3792-pixel, ukuran sensor 7.87 mm (1/2.3″), serta besar pixel 1.22 μm. Sensor ini juga digunakan oleh Sony Mobile ke dalam Sony Xperia XZ Premium dan Sony Xperia XZs yang diungkapkan selama Mobile World Congress 2017 lalu. Salah satu keunggulannya, memiliki fitur kamera Motion Eye yang mampu merekam video pada kualitas 960fps.

Dengan resolusi yang besar, Sony Exmor RS IMX 400 jelas menjadi perbaikan dari Exmor RS IMX378 yang digunakan pada Xiaomi Mi5s, Xiaomi yang sampai saat ini masih dipandang memiliki sensor kamera terbaik.

Lihat Seksinya Galaxy S8 Plus, yang Pasti Buat Kalian Nyesel Terlanjur Beli Galaxy S7 edge

Lihat Seksinya Galaxy S8 Plus, yang Pasti Buat Kalian Nyesel Terlanjur Beli Galaxy S7 edge, harga Galaxy S8 Plus Indonesia, benchmark Galaxy S8 Plus
Baca Juga

Varian dengan Prosesor Snapdragon 821


Mencoba membantah kabar mundurnya peluncuran Xiaomi Mi6, kabar lain mengatakan jika Xiaomi akan tetap mempertahankan peluncuran awal 16 April 2017 nanti, namun mereka bakal menggunakan Snapdragon 821 terlebih dahulu. Cara yang juga dilakukan LG melalui LG G6 mereka. Lebih cepat muncul, meskipun kelas prosesornya di bawah Snapdragon 835 pada Galaxy S8, smartphone benchmark semua flagship Android tahun 2017 ini. Sedangkan untuk Xiaomi Mi6 dengan prosesor Snapdragon 835, baru akan diluncurkan Mei-Juni mendatang.

80% Powerbank Xiaomi Palsu, Ini Cara Paling Jitu Mengenali yang Asli

80% Powerbank Xiaomi Palsu, Ini Cara Paling Jitu Mengenali yang Asli, Powerbank Xiaomi Asli, cara kenali Xiaomi powerbank asli
Baca Juga

Selain Snapdragon 821, Xiaomi sebelumnya juga berencana menggunakan silikon produksi mereka sendiri untuk Xiaomi Mi6. Namun dengan produksi prosesor in-house tersebut awalnya difokuskan untuk Xiaomi Mi5c dengan CPU Surge S1, sepertinya prosesor lainnya buatan Xiaomi sendiri untuk Xiaomi Mi6 ini harus mengalah dan juga baru akan hadir belakangan.

Pasti akan ada banyak yang menuduh Xiaomi meniru iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Bagaimana menurut kalian, apakah ide menggunkan dua pilihan layar untuk Xiaomi Mi6, dan juga dua konfigurasi kamera ini bagus untuk flagship terbaru Xaomi? Atau, justru membuatnya makin mirip strategi Samsung dan Apple, dengan menawarkan dua pilihan layar sekaligus? Namun yang jelas, smartphone Xiaomi ini akan dijual jauh lebih murah. Mulai Rp3.8 jutaan, hingga Rp4.8 jutaan saja!


SHARE
Previous articleKualitas Game Kurang dan Stigma Negatif? Inilah Solusi untuk Bangkitkan Industri Game Indonesia!
Next article12 Game Android dan iOS Terbaru Minggu Ini: Ghosts’N Goblins, Legend of Xeno, 1942 dan Lainnya

Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.