Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!

Inilah 10 aplikasi gratis yang bisa kamu dapatkan untuk mengoptimalkan PC kamu!

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: Reddit

Semua orang pasti tahu bahwa gamer PC selalu membanggakan diri mereka sendiri, dan memang sudah sewajarnya mereka merasa seperti itu. Di saat konsol seperti PlayStation 4 dan Xbox One mulai menggunakan online marketplace, para pemilik PC sejak lama sudah memiliki pilihan tersebut mulai dari Steam, Origins hingga Uplay. Namun, memiliki banyak tempat untuk membeli game bukanlah satu-satunya kelebihan yang dimiliki seorang PC gamer.

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!

Sumber: YouTube">

[duniaku_baca_juga]

Dengan banyaknya game yang kamu miliki, kamu harus tetap menjaga agar PC yang kamu miliki dapat bekerja secara optimal, dan inilah satu hal yang membedakannya dengan para pemilik konsol. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kamu membersihkan, merapikan, hingga memperpanjang umur GPU yang kamu miliki.

Jika kamu kesulitan untuk mencari aplikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu, maka Duniaku.net akan membantu menjaga PC kesayanganmu tanpa harus mengeluarkan biaya apapun. Inilah 10 aplikasi gratis terbaik yang wajib dimiliki PC gamer!

[page_break no="10" title="Launchbox"]

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: Launchbox Forum

Hanya dengan melihat namanya mungkin kamu sudah dapat menebak apa fungsi dari aplikasi ini. Launchbox adalah sebuah aplikasi front end yang dapat kamu gunakan untuk memainkan berbagai yang ada dalam PC-mu dengan satu aplikasi yang sama.

Kedengarannya pasti sangat simpel dan sederhana kan? Namun, apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi ternyata jauh lebih banyak daripada itu. Launchbox memberikan para pemainnya kemudahan dalam bermain game seperti Steam atau emulator secara terorganisir dengan satu aplikasi yang sama.

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: Plex

[read_more id="301493"]

Salah satu hal yang paling menarik dari aplikasi ini adalah komunitasnya terus berkembang, sehingga jika kamu kesulitan untuk menggunakan aplikasi maka sudah ada banyak orang yang dengan senang hati siap membantu.

Sebelum aplikasi ini mulai dikenal, banyak orang lebih memilih menggunakan HyperSpin, namun, aplikasi tersebut membutuhkan"> banyak waktu hanya untuk mempelajari pengaturan awalnya sementara Launchbox hanya membutuhkan hitungan menit. Ingin mengikmati kemudahan dalam bermain beragam game favoritmu? Kamu bisa langsung mengunduhnya di sini.

[page_break no="9" title="F.Lux"]

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: Digital Trends

Kebanyakan orang pasti sering menghabiskan waktu mereka menggunakan gadget sebelum tidur, dan hal ini juga berlaku bagi para gamer yang sering menghabiskan waktu mereka di depan PC sepanjang malam.

Namun, riset telah membuktikan kalau ritual tersebut ternyata memiliki dampak yang buruk bagi tubuh kita karena sinar biru yang dipancarkan dari alat elektronik dapat menghentikan produksi hormon melanin yang seharusnya bertugas untuk membuat kita tidur lebih nyenyak. Untungnya, f.lux adalah aplikasi yang membuat kamu menggunakan PC ataupun laptop di malam hari dengan nyaman tanpa semua bahaya tersebut.

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: YouTube">

F.lux adalah sebuah aplikasi gratis yang berfungsi untuk mengatur cahaya dari PC dan laptopmu sesuai dengan jam pada saat itu. F.lux adalah aplikasi dengan fungsi yang sederhana, namun, dampaknya akan sangat terasa dalam jangka panjang. Cahaya biru dalam layar PC atau laptop yang sebelumnya membuat mata kamu cepat merasa lelah akan digantikan dengan warna oranye gelap.

Pada awalnya perubahan warna tersebut memang akan sangat terlihat, namun, setelah beberapa hari kamu pasti tidak akan menyadari perubahan tersebut. Jika kamu ingin terus hidup sehat tanpa mengurangi waktu bermain game di malam hari, maka f.lux adalah aplikasi yang wajib kamu miliki. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut di sini.

[page_break no="8" title="Pin Steam"]

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: Windows Central

Jika kamu masih menggunakan Windows 7 dan belum meng-upgrade menjadi Windows 10, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai melakukannya. Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan menggunakan OS tersebut, dan salah satunya adalah meletakkan semua game yang kamu miliki langsung pada start menu Windows dalam bentuk tiles. Tidak perlu lagi membuat shortcut dengan ikon 32x32 yang sangat kecil dan membosankan, sekarang kamu dapat mengaksesnya dengan mudah dan tampilan yang bahkan bisa kamu atur sesuka hati.

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: Ghacks

Ditambah lagi, Pin Steam juga dapat melihat aktivitas teman yang kamu miliki dalam Steam tanpa harus menyalakan Steam Launcher. Simpel dan efektif, Pin Steam adalah salah satu aplikasi yang memberikan kemudahan kepada para pemain Steam yang ingin meminimalkan tampilan desktop mereka. Kamu dapat mengunduhnya di Windows Store secara gratis.

[page_break no="7" title="GameSave Manager"]

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: Reddit

[read_more id="301414"]

Banyak orang pasti sering melakukan format ulang harddisk yang mereka miliki untuk menjaga kinerja PC tetap optimal, dan jika kamu memiliki banyak game maka hal ini bisa menjadi sangat merepotkan. Kehilangan progress dari game favoritmu dan terpaksa harus mengulangnya dari awal adalah mimpi buruk bagi para gamer, namun, GameSave Manager adalah aplikasi yang dapat membantumu menghindari hal tersebut.

Pada dasarnya, GameSave Manager akan mengatur dan menjaga semua save file dari game yang ada dalam PC-mu agar tidak terhapus dalam proses format dan mengembalikannya setelah proses tersebut selesai.

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: Softpedia

Jika kamu sering bepergian dan berpindah-pindah antara PC dan laptop untuk bermain game, maka GameSave Manager adalah aplikasi terbaik yang pasti akan sangat membantumu. Selain melakukan backup save file, aplikasi ini juga dapat menyimpan berbagai setting yang kamu miliki untuk memudahkan instalasi game baru setelah melakukan format. Ingin langsung mencobanya? Kamu bisa langsung mendapatkannya secara gratis di sini!

[page_break no="6" title="WinDirStat"]

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: Wikipedia

Aplikasi seperti ini mungkin sedikit terlupakan oleh banyak orang, namun, bukan berarti kamu tidak wajib memiliki setidaknya sebuah aplikasi cleanerWinDirStat adalah sebuah aplikasi yang dapat memperlihatkan berbagai data yang ada dalam harddisk dan seberapa besar ukuran mereka.

Jika kamu tidak rajin merapikan semua data tersebut, maka kinerja PC pasti akan sangat melambat karena ada banyak file yang sudah tidak lagi digunakan masih tersimpan dalam harddisk. Untuk menghindari hal tersebut, setidaknya sekali dalam seminggu kamu harus menjaga semua data tersebut agar harddisk tetap dapat bekerja secara efisien.

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: Filecluster.com

Semua hal tersebut pasti terdengar sangat merepotkan, apalagi bagi seorang penguna PC yang awam. Namun, WinDirStat adalah aplikasi dengan fitur yang bisa memudahkan kamu melakukan hal tersebut dengan satu sentuhan mouse.

Jika kamu masih menginginkan aplikasi lainnya yang dapat digunakan untuk semakin meningkatkan kinerja WinDirStat, maka kamu dapat mengunduh Defraggler, sebuah aplikasi dari developer yang membuat CCleaner untuk merapikan semua data yang tersebar. Oh iya, kedua aplikasi tersebut juga dapat kamu unduh secara gratis.

[duniaku_adsense]

[duniaku_adsense]

[page_break no="5" title="MSI Afterburner"]

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: CNET

Secara singkat, MSI Afterburner adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja GPU (Graphical Processing Unit) menjadi beberapa kali lipat. Namun, sebelum mengunduh aplikasi ini kamu harus mengingat bahwa MSI Afterburner adalah sebuah aplikasi overclock, yang berarti dapat memperpendek umur GPU jika tidak digunakan dengan benar. Terlepas dari nama MSI yang dimiliki oleh aplikasi ini, MSI Afterburner tetap dapat kamu gunakan dengan berbagai GPU merek lain yang ada di pasaran.

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: MSI

Pada dasarnya, mengetahui batas kemampuan dari GPU yang kita miliki wajib diketahui oleh semua orang, dan terkadang hal ini justru menjadi alasan mengapa banyak orang merusak GPU mereka sendiri. Dengan bantuan MSI Afterburner, kamu dapat menghindari hal tersebut dengan mengatur voltase hingga kecepatan kipas sesuai dengan kebutuhanmu.

Ditambah lagi, MSI Afterburner juga memiliki versi mobile yang bisa kamu unduh untuk memantau suhu atau merubah pengaturan GPU yang kamu miliki sambil bermain game. Jika kamu ingin memperpanjang umur dari GPU kesayanganmu, maka kamu dapat mengunduhnya di sini.

[page_break no="4" title="SuperF4"]

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: SuperF4

[duniaku_baca_juga]

Kombinasi yang paling sering digunakan oleh banyak orang untuk menutup aplikasi mereka pasti adalah Ctrl + Alt + F4, namun, beberapa aplikasi yang ada pada saat ini telah memblokir hal tersebut. Lalu, apa solusinya? Jawabannya adalah sebuah aplikasi sederhana bernama SuperF4.

Saat Task Manager tidak lagi dapat digunakan dan kamu tidak dapat menutup aplikasi yang baru saja crash, maka SuperF4 akan menutup semua aplikasi yang saat itu sedang berjalan tanpa pengecualian. Simpel, mudah dan efektif, SuperF4 adalah salah satu aplikasi wajib yang kamu miliki.

[page_break no="3" title="Keytweak"]

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: IGN

Berapa kali kamu merasa frustrasi saat bermain game dengan kontrol yang sangat membingungkan? Atau kamu merasa lebih nyaman menggunakan sebuah tombol, tapi aplikasi yang kamu gunakan tidak memungkinkan hal tersebut? Jika ini adalah masalah yang seringkali kamu hadapi, maka Keytweak bisa mengatasi semua masalah tersebut.

Sebelumnya, untuk merubah kontrol dari sebuah aplikasi kamu harus menggunakan registry editor melakukan hal ini tanpa mengetahui caranya dapat berakibat fatal, namun, Keytweak bisa melakukan hal tersebut tanpa harus membahayakan PC-mu.

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: YouTube">

[read_more id="301190"]

Cara untuk menggunakannya aplikasi ini juga terbilang cukup mudah dengan tampilan yang sangat user-friendlyKeytweak bahkan memiliki kemampuan untuk mematikan tombol yang mengganggu dan menggunakan tombol khusus yang ada pada beberapa keyboard gaming. Ingin memaksimalkan sensasi bermain tanpa harus kerepotan mengganti kontrol dari masing-masing game? Maka kamu wajib mengunduh Keytweak disini.

[page_break no="2" title="Borderless Gaming"]

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!

Sumber: Steam

Sepertinya nama dari aplikasi ini sudah cukup menjelaskan apa yang dapat dia lakukan. Beberapa game yang ada pada saat ini memang selalu memberikan mode full-screen, namun, ada beberapa yang membatasi resolusinya sehingga tampilan dari game tersebut tidak terlihat optimal.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat menggunakan Borderless Gaming, sebuah aplikasi yang dapat menghapus batasan tersebut dan membuat tampilan game menjadi lebih sempurna. Dengan cara penggunaan yang sangat simpel dan mudah untuk dipelajari, Borderless Gaming adalah salah satu aplikasi wajib untuk para penggemar game dengan kualitas grafik yang tinggi. Kamu dapat mengunduh aplikasi tersebut di sini.

[page_break no="1" title="ShareX"]

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: Wccftech

Memperlihatkan aksi terbarumu dalam sebuah game kepada teman sudah pasti terasa sangat menyenangkan, apalagi jika kamu dapat melakukannya dengan mudah. Kamu mungkin sering menggunakan fitur screenshot dari Steam atau menggunakan tombol Print Screen, namun, kedua hal tersebut tidak selamanya bisa diandalkan.

Walaupun Steam mungkin lebih unggul daripada tombol Print Screen, keduanya tidak bisa digunakan untuk mengambil gambar dalam berbagai format dan ukuran yang berbeda. Untungnya ada sebuah aplikasi bernama ShareX yang bisa melakukan semua hal tersebut.

Suka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!Sumber: Alternativeto

Pada dasarnya ShareX berfungsi seperti tombol Print Screen yang digabungkan dengan Photoshop. Kamu dapat langsung mengambil gambar, mengatur ukuran serta formatnya, menambahkan watermark dan bahkan mengunggah langsung ke situs hosting gambar yang populer! Ditambah lagi, ShareX juga dapat merekam aktifitas kamu di layar dan menyimpannya dalam bentuk gif. Jika kamu tertarik untuk langsung mencoba aplikasi ini, maka kamu bisa langsung mengambilnya dari sini.

Dari 10 aplikasi gratis di atas, mana yang menurutmu paling penting bagi seorang PC gamer? Apakah ada aplikasi lain yang menurutmu juga wajib dimiliki? Berikan pendapat kamu di komentar yah!

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU