Serunya PBGC 2017 Buat Acara Ini Jadi Gelaran eSport Terbesar di Indonesia!

Acara PBGC 2017 berhasil selesai dengan meriah. Kemeriahan tersebut membuat acara ini jadi salah satu gelaran eSport terbesar dengan penonton terbanyak.

Point Blank Garena Championship (PBGC) 2017 telah selesai digelar, dengan berbagai keseruan serta haru biru perjuangan para tim berbagai daerah di Indonesia demi menyabet gelar sebagai raja PB Indonesia. Sebagai salah satu game yang paling digandrungi di Indonesia, turnamen PBGC 2017 ini bisa dibilang menjadi salah satu gelaran eSport terbesar di Indonesia.

Baca Juga

Kompetisi ini mempertandingkan sembilan tim Point Blank terbaik se-Indonesia dan juga empat tim Point Blank perempuan terbaik se-Indonesia dalam kompetisi PB Ladies Championship. PBGC sendiri merupakan salah satu bagian dari satu musim kompetisi PB di Indonesia selain Point Blank National Championship.

PBGC berlangsung dengan amat meriah, tak cuma karena pertandingan antar tim profesional, tetapi juga berkat para MC dan Kirari yang juga turut meramaikan acara. Meski tak diadakan di ibukota Jakarta, PBGC berhasil berlangsung sukses dan dapat dikatakan sebagai salah satu gelaran eSport terbesar dan bergengsi di Indonesia.

Kirari, performer yang turut meramaikan gelaran PBGC 2017

Hal ini salah satunya dapat kita lihat dari antusiasme para penggemar PB di Indonesia yang amat sangat terhadap PBGC 2017 ini. Dari siaran langsung yang ditayangkan lewat Youtube saja sudah berhasil menarik 13 ribu penonton dari berbagai penjuru Indonesia. Jumlah penonton tersebut terbilang terbesar jika dibandingkan dengan tayangan langsung kompetisi Dota yang sejauh ini baru mencapai rekor dengan 7 ribu penonton saja. Ditambah lagi masih ada ribuan pasang mata yang terhanyut ke dalam serunya pertandingan antar tim pemain PB Indonesia terbaik di Sasana Budaya Ganesha, Bandung.

Jumlah penonton PBGC 2017 di Youtube saat pertandingan final antara tim GF melawan tim Endeavour. Sumber Facebook Senz Houston
Penonton di lokasi acara yang tak kalah ramai dari penonton Youtube

Ribuan pasang mata menjadi saksi pertarungan dua tim PB terkuat di Indonesia

Setelah hari yang panjang, tim Endeavor berhasil jadi juara PBGC 2017 setelah kalahkan juara PBNC tahun lalu, yaitu tim Guardian Force. Tim Endeavor pun berhak mendapatkan hadiah Rp100 juta dan kesempatan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi Point Blank World Challenge 2017 yang diadakan di Moskow, Rusia pada 20-21 Mei mendatang.

Sementara dari PBLC 2017, ada tim Galaxy Sades yang berhasil menjadi juara setelah hanya menjadi runner-up dua kalil berturut-turut. Kekompakan bisa dibilang jadi salah satu faktor kemenangan dari tim Galaxy Sades ini. Tim yang sudah berdiri sejak tahun 2012 mengaku kekompakan tersebut datang dari budaya tim yang saling percaya dan tak mau saling baper. “Mereka sudah saya anggap seperti keluarga sih.” ujar Indri ‘Clarity’ Sherlyana Tunggal.

Sementara dari tim Endeavor mereka mengaku kemenangan mereka datang dari latihan keras yang mereka jalani selama ini. Kami harus terus menerus saling memberikan motivasi untuk tetap berjuang dan selalu memberikan yang terbaik dalam setiap game.” ujar Edwin, manajer Endeavour. Ketika ditanyakan perihal persiapan untuk PBWC, mereka mengatakan akan latihan lebih keras dari biasanya. Kalau biasanya cuma sekitar 6 jam latihan, untuk PBWC kami mungkin akan latihan selama 12 jam sehari,” ujar salah satu pemain Endeavour ketika ditanyakan perihal persiapan PBWC 2017.

Endeavour berhasil jadi juara PBGC setelah kalahkan juara bertahan, team Guardian Force.

Melihat antusiasme tersebut pihak Garena sebagai penerbit game PB di Indonesia dan penyelenggara acara PBGC berharap acara ini bisa memberi dampak positif kepada para player.

“Garena Indonesia berharap bahwa dengan diadakannya PBGC di Bandung kali ini, kancah eSport nusantara dapat terus berkembang; di mana nilai-nilai positif, seperti teamwork, sportifitas dan ketekunan dapat kian dipupuk di dalam diri kawula muda,” ujar Wijaya Nugroho, Project Officer PBGC 2017.

Point Blank Garena Championship sendiri merupakan salah satu bagian dari satu musim rangkaian kompetisi PB di Indonesia. Diadakan di Sasana Budaya Ganesha, Bandung pada 19 Maret 2017 kemarin, kompetisi ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp750 Juta Rupiah.

Selamat untuk para pemenang!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleSuka Main Game di PC? Kamu Wajib Punya 10 Aplikasi Gratis Ini!
Next articleBagaikan Optimus Prime, Inilah 5 Robot Canggih yang Hadir di Medan Perang

Bukan orang biasa yang hobi main game dan jadi hobi menulis tentang game. Game favorit adalah game multiplayer kompetitif, kini juga jadi pengamat dunia persilatan eSport lokal dan internasional.