Inilah 5 Manga yang Terpaksa “Ditamatkan” di Tengah Jalan karena Berbagai Alasan

Dengan berbagai alasan, manga ini harus berhenti di tengah jalan sebelum mencapai puncak cerita. Mulai dari penjualan yang rendah, sampai cerita yang kurang menarik, inilah deretan manga yang ditamatkan di tengah jalan.

Banyak alasan mengapa manga pada akhirnya berakhir meskipun ceritanya belum benar-benar tamat. Mulai dari buruknya penjualan setiap volumenya, rendahnya penilaian dari penggemar, sampai masalah kesehatan fisik sang mangaka.

Baca Juga

Dari banyaknya manga yang terpaksa berhenti karena memang memiliki cerita yang buruk, masih ada juga manga-manga yang sebenarnya bagus untuk dibaca, yang sayangnya harus ditamatkan di tengah jalan. Berikut ini deretan manga yang ditamatkan mendadak karena beragam alasan.

1

Double Arts

manga yang ditamatkan

Naoshi Komi adalah orang di belakang manga sukses Nisekoi. Tapi sebelum mencapai puncak kesuksesan, Naoshi Komi sempat beberapa kali mengalami kegagalan. Contohnya ketika ia membuat manga Double Arts.

Setelah memasuki chapter 24, Weekly Shonen Jump terpaksa tidak meneruskan jalan cerita di manga Double Arts karena jalan cerita yang lambat dan rendahnya pembaca manga tersebut.

2

Zombiepowder

manga yang ditamatkan

Baca Juga

Zombiepowder adalah manga seri pertama karya Tite Kubo. Menceritakan Elwood Shepherd, seorang pencopet yang bergabung dengan kelompok kriminal misterius dengan tujuan mencari “Ring of Dead”. Barangsiapa yang berhasil mengumpulkan 12 cincin tersebut, maka ia akan diberikan kekuatan untuk membangkitkan orang yang telah mati dan memiliki keabadian.

Serial manga Zombiepowder sendiri hanya mencapai 27 chapter. Meskipun banyak kekacauan di ceritanya, namun manga tersebut menampilkan gambar yang detail dan menarik. Gaya gambar Tite Kubo di Zombiepowder ini pun pada akhirnya bakal membawanya sukses bersama manga Bleach.

3

Psyren

manga yang ditamatkan

Psyren merupakan manga berlatar supranatural yang berofokus pada Ageha Yoshina, seorang anak SMA yang diculik ke sebuah dunia misterius yang bernama Psyren. Dengan bertarung di dunia Psyren, Ageha dibekali kemampuan PSI. PSI sendiri adalah kemampuan untuk memanipulasi diri sendiri, lingkungan, atau orang lain dengan menggunakan potensi otak yang biasanya tidak dipakai.

Karena rendahnya nilai penjualan, Psyren pun terpaksa berhenti di chapter 145 sekaligus menjadi salah satu manga yang tidak ditamatkan secara utuh.

4

Gun Blaze West

manga yang ditamatkan

Nobuhiru Watsuke telah mendapat kepopuleran setelah menyelesaikan manga Rurouni Kenshin. Jadi ia berusaha kembali meneruskan kesuksesannya itu lewat manga barunya, Gun Blaze West. Bisa dibilang cerita dari Gun Blaze Wast merupakan adaptasi dari One Piece namun dengan latar dunia barat.

Gun Blaze West terpaksa ditamatkan pada chapter 28 karena Watsuki sudah tidak punya waktu lagi untuk mengembangkan dunia dalam manga tersebut.

5

Highschool of the Dead

manga yang ditamatkan

Berbeda dengan manga yang ditamatkan secara cepat karena rendahnya penjualan, Daisuke Satou, mangaka dari Highschool od the Dead memilih untuk tidak meneruskan proyek miliknya karena bencana tsunami dan gempa bumi dahsyat yang melanda Jepang pada tahun 2013 lalu.

Inilah 5 Manga Populer yang Sepertinya Mustahil Dijadikan Anime

Tak semua manga akan dengan mulus diadaptasi menjadi anime. Beberapa manga ini diprediksi mustahil dijadikan anime dengan berbagai macam alasan.
Baca Juga

Ia merasa tidak nyaman melanjutkan cerita dengan tema apokaliptik zombie tersebut dan oleh karenanya, serialnya berada dalam status hiatus permanen.

Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous article8 Gambar One Piece Ini Membuktikan Jika Eiichiro Oda Mengagumi Indonesia
Next articleFakta Mengejutkan Teknologi Modern di Naruto, Benarkah Konoha “Pencuri” Inovasi?

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca