Bow-Sim Mark, Ibu Donnie Yen yang Punya Kemampuan Bela Diri Lebih Badass dari Anaknya!

ibu donnie yen

Mungkin kamu merasa Donnie Yen merupakan aktor laga yang punya segudang jurus bela diri super keren, tapi kamu harus lihat dulu bagaimana aksi bela diri ibu Donnie Yen yang gak kalah sadis berikut ini.

Baca Juga

Selain nama Jackie Chan atau Jet Lee, Donnie Yen merupakan aktor asal Asia yang terbilang sukses menembus ketatnya persaingan industri film Hoollywood. Lahir di  Guangzhou, Guangdong, China, pada 27 Juni 1963, Donnie Yen memulai karir sebagai aktor dalam film-film pendek Hongkong.

Kapabilitasnya sebagai aktor pendatang baru yang menjanjikan mulai ditunjukan ketika ia berhasil menjadi bintang dalam serial film Ip Man. Bukan hanya filmnya yang sukses di pasaran, Donnie Yen juga berhasil membawa bela diri tradisional Wing Chun dikenal di seluruh dunia.

Sang ahli bela diri tangan kosong ini juga turut membintangi film Star Wars: Rogue One sebagai Chirrut. Bahkan Donnie Yen sampai merancang bela diri baru untuk ditampilkan dalam film garapan Gareth Edwards tersebut.

Donnie Yen Merancang Bela Diri Baru Khusus untuk Rogue One

Pemeran Ip Man ini memang tidak macam-macam. Untuk perannya di Rogue One, Donnie Yen mengaku sampai merancang bela diri baru!
Baca Juga

Keahlian Donnie Yen sebagai aktor laga mungkin takkan pernah ada tanpa kehadiran sang ibunda tercinta. Nama sang ibu memang tak seterkenal anaknya, tapi jangan remehkan kemampuan bela diri yang dikuasai. Ibu Donnie Yen merupakan seorang Tai Chi grandmaster bernama Bow-sim Mark yang mempunyai segudang prestasi.

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Mungkin pepatah itu yang tepat menggambarkan asal-usul bakat Donnie Yen sebagai aktor laga. Lahir di Guangzhou, China, sejak kecil ibu Donnie Yen memang punya tekad besar untuk menggeluti dunia seni bela diri, terutama Tai Chi dan Shaolin.

Talenta Mark pun akhirnya terendus oleh Fu Wing Way, seorang Grandmaster di Cina yang cukup tersohor sekaligus penemu gerakan Fu Style Tai Chi. Dari situlah, ibu Donnie Yen menimba banyak ilmu tentang Tai Chi dari sang master.


Dilatih langsung Grandmaster, kerja keras ibu Donnie Yen pun berbuah manis. Pada tahun 1984, Dia memenangkan medali emas pada First International Tournament of Tai Chi Chuan di Wuhan. Tak sampai di situ, berselang 11 tahun, ia sukses mendapatkan gelar Kung Fu Artist of the Year dari majalah Black Belt. Beragam penghargaan yang diraih, membuat nama Bow sim Mark makin populer di seluruh penjuru Cina.

Sukses di negara asalnya, Mark pun bertekad pergi ke Amerika untuk memperkenalkan ilmu bela diri Wushu. Tercatat ibu Donnie Yen adalah orang pertama yang membawa Wushu ke barat atau lebit tepatnya, Boston, Amerika Serikat.

Sekarang kita tak perlu lagi penasaran darimana bakat bela diri Donnie Yen yang sering ditampilkan dalam filmnya berasal.


SHARE
Previous articleAkun Twitter Power Rangers Pamerkan Topeng Ranger Hijau! Apakah Pertanda Sekuel?
Next articleAwas, JANGAN DIBUKA! 20+ Video dan Meme Naruto Tamat Ini Bikin Tambah Baper!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca