Keren! Inilah Deretan Karakter Animanga Asal Indonesia yang Harus Kamu Tahu!

Siapa sangka, beberapa mangaka ternyata punya ketertarikan terhadap Indonesia. Terbukti dari deretan karakter animanga asal Indonesia berikut ini.

Sebagai salah satu negara dengan kekayaan budaya berlimpah, tak jarang Indonesia di jadikan referensi dalam banyak karya di dunia. Tak terkecuali di dalam animanga. Sebelumnya, Duniaku.net sempat mengulas tentang unsur-unsur Indonesia dalam anime dan manga.

Contohnya saja ornamen khas bali yang ditampilkan oleh Akira Toriyama dalam anime Dragon Ball, manga Meshibana Keiji Tachibana yang menjelaskan beberapa makanan khas Indonesia, sampai tokoh pebulutangkis Taufik Hidayat yang disebut-sebut dalam manga Smash!

Baca Juga

Selain unsur Indonesia, ternyata para mangaka juga tak jarang mengambil inspirasi dari Indonesia dalam membuat sebuah karakter. Contohnya seperti deretan karakter animanga asal Indonesia berikut ini.

1

Kiki Rosita

Karakter Animanga asal Indonesia

Salah satu seri Gundam, Gundam 08th MS Team, menampilkan karakter animanga asal Indonesia. Tentu hal ini tak terlepas dari latar tempat yang diambil oleh anime yang dirilis tahun 1996. Gundam 08th MS Team, mengambil latar di sebuah hutan hujan tropis Asia Tenggara yang dikenal dengan Pulau Borneo.

Dia adalah Kiki Rosita, seorang gerilyawan lokal dari Kalimantan/Borneo. Meskipun tidak disebutkan langsung apa kebangsaannya, namun tentu dari namanya saja kita sudah mengenal di mana Kiki Rosita dilahirkan.

2

Radin Tidat Jihan & Silcardo Jenazad

Karakter Animanga asal Indonesia


Ada masanya di mana manga dipenuhi oleh genre bela diri seperti Kungfu Boy atau KENJI. Salah satu manga bela diri yang cukup mencuri perhatian juga adalah History’s Strongest Disciple Kenichi yang memiliki penjualan cukup fantastis, yakni 40 juta kopi di seluruh dunia.

Manga yang mengisahkan petualangan Kenichi sebagai seorang ahli bela diri terbaik di dunia ini ternyata menampilkan karakter animanga asal Indonesia loh. Malah bukan hanya seorang, tapi dua sekaligus! Mereka adalah Radin Tidat Jihan & Slicardo Jenazad. Mereka digambarkan sebagai dua petarung pancak silat yang handal. Selain dari namanya, unsur Indonesia juga cukup kental dari busana yang mereka tampilkan.

3

Elvy Hidayat

Karakter Animanga asal Indonesia

Elvy Hidayat merupakan karakter animanga asal Indonesia yang dimunculkan dalam anime berjudul Rahxephon. Anime bergenre mecha ini secara gamblang menceritakan asal-usul dari Elvy Hidayat.

Dengan kulit sawo matang, Elvy digambarkan sebagai orang Indonesia yang berprofesi sebagai pilot handal. Ia juga memiliki julukan “Bunga Mawar”.

4

Soeharto

Karakter Animanga asal Indonesia

Namanya mungkin sama dengan Presiden Indonesia kedua, namun karakter Soeharto di sini bukanlah hadir dari anime politik melainkan anime mecha Sunrise Buddy Complex. Sama seperti Elvy Hidayat, karakter Soeharto juga digambarkan memiliki warna kulit sawo matang khas warna kulit masyarakat Indonesia.

Bangga Gan! Ada Nama Indonesia dalam Anime atau Manga Berikut Ini

para mangaka Jepang sangat menaruh perhatian terhadap Indonesia. Bisa dilihat dengan adanya nama Indonesia dalam anime dan manga.
Baca Juga

Budyy Complex sendiri merupakan manga mecha yang mengisahkan Aoba Watase, seorang anak SMA yang sekolahnya diserang oleh sebuah robot raksasa. Beruntung ia sempat diselamatkan oleh rekannya, Hina Yumihara.

Ada yang lain? Share di kolom komentar ya!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleInilah Fitur-fitur Canggih yang Bakal Ada di Android O!
Next articleDaftar Kartu YuGiOh Duel Links Terbaik di Booster Pack (Bagian 1)
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca