Dari Dahsyat Hingga Anak Langit, Inilah Deretan Acara Tak Mendidik yang Mendapat Teguran KPI di Tahun Ini

teguran kpi sinetron

Meskipun tahun 2017 baru berjalan tiga bulan, namun KPI telah bergerak cepat dengan menegur beberapa siaran yang tak pantas. Contohnya seperti lima program tak mendidik yang mendapat teguran KPI berikut ini.

Sebagai pengawas penyiaran film Indonesia, KPI memiliki kewenangan untuk memberikan teguran bagi acara-acara televisi yang dirasa kurang pantas untuk dinikmati.

Terlebih dengan semakin banyak bermunculannya acara tak mendidik belakangan ini, KPI pun dibuat sibuk dalam mengawasi beragam sinetron atau variety show yang biasanya tayang secara live.

Baca Juga

Pada tahun 2017 yang baru berlangsung 3 bulan, KPI telah memberikan peringatan kepada beberapa acara tv yang melanggar aturan yang telah ditentukan. Berikut ini deretan acara tak mendidik yang mendapat teguran KPI di tahun Ini.

1

Anak Langit

Belum genap empat bulan tayang, sinetron Anak Langit sudah mendapat teguran KPI. Dalam surat yang dilayangkan tanggal 7 Maret 2017 dengan No. Surat 98/K/KPI/31.2/03/2017, KPI menuturkan jika sinetron Anak Langit telah melanggar ketentuan tentang perlindungan anak dan remaja serta penggolongan program siaran seperti yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

Hal ini terkait dengan beberapa adegan yang dianggap mengandung unsur kekerasan maupun perkelahian. Belum lagi adegan kebut-kebutan yang kerap kali ditampilkan dalam sinetron yang mengangkat tema geng motor ini.

2

Dahsyat

teguran kpi sinetron


Acara musik yang tayang setiap pagi ini memang langganan mendapat teguran KPI. Malah Dahsyat terpaksa berhenti tayang selama tiga hari karena teguran yang dilayangkan KPI beberapa waktu lalu.

KPI menuturkan jika hal tersebut disebabkan karena program Dahsyat sering menggunakan kata-kata yang merendahkan orang lain seperti  “p’a”, “pangeran sawan”, “ular kadut”, dan “jenglot”.

3

Cinta dari Surga

teguran kpi sinetron

Selain Anak Langit, sinetron Cinta dari Surga yang baru tayang di RCTI pun tak ketinggalan mendapat teguran dari KPI. Sinetron tersebut dianggap menampilkan adegan kekerasan di mana terdapat adegan dua orang pria sedang berkelahi dengan tampilan yang cukup eksplisit. Tentu adegan ini tak pantas untuk ditampilkan di acara tv yang tayang di jam prime time karena dikhawatirkan ditiru oleh anak-anak

4

Selebrita Pagi

teguran kpi sinetron

Acara gosip Selebrita Pagi tak luput dari sempritan KPI. Seperti yang diutarakan KPI, acara gosip tersebut telah melanggar penghormatan terhadap hak privasi, perlindungan anak dan remaja karena meliput kehidupan keluarga Andy Soraya terkait aib mantan suaminya. Tak pelak Selebrita Pagi pun terpaksa berhenti tayang selama dua hari.

5

D'Academy 4

teguran kpi sinetron

Di samping sebagai ajang pencarian bakat penyanyi dangdut, D’Academy malah lebih sering menyajikan drama atau gimmick dari juri dengan pembawa acaranya. Yang paling diingat tentu perseteruan antara Nassar dengan Dewi Persik. Suara Dewi Persik yang menghina Nassar dengan kata-kata tak pantas sempat bocor sehingga terdengar oleh pemirsa di rumah.

Mulai Buat Ulah, Sinetron Anak Langit Langsung Kena Teguran KPI

Seperti sudah diprediksi sebelumnya, film sinetron Anak Langit yang dipenuhi adegan kekerasan dan kebut-kebutan di Jalanan akhirnya mendapat teguran KPI.
Baca Juga

Sontak saja KPI tidak tinggal diam. Progam dangdut yang tayang di Indosiar ini sempat terancam untuk dihentikan selama-lamanya.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleCantik Sih, Tapi 5 Nama Perempuan Paling Aneh Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Ilfil
Next articlePirates of the Caribbean Rilis Game Mobile! Daftar Sekarang!

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca