Menyedihkan, 5 Kreator Animanga Ini Meninggal Sebelum Karyanya Berakhir

Umur hanya Tuhan yang tahu. Tak disangka deretan kreator animanga ini harus tutup usia sebelum karyanya mencapai titik akhir. Siapa saja?

Minggu lalu jagat industri animanga berduka. Salah satu novelis sekaligus mangaka yang cukup terkenal, Daisuke Sato, dilaporkan telah meninggal dunia di usia 52 tahun pada tanggal 22 Maret 2017.

Kabar meninggalnya pengarang manga High School of the Dead ini tentu menjadi pukulan berat bagi dunia hiburan Jepang, terutama penggemar High School of the Dead. Dikerjakan bersama Shoji Sato, High School of the Dead merupakan karya paling terkenal yang pernah dihasilkan oleh mangaka kelahiran 3 April 1964 ini.

Baca Juga

Kepergian Daisuke Sato sekaligus memupus harapan para penggemar untuk melihat akhir cerita dari manga High Shcool of the Dead. Kabar meninggalnya mangaka kelahiran 3 April 1964 ini juga semakin menambah daftar panjang kreator animanga yang tutup usia sebelum karyanya tamat.

Tapi pria itu bukan satu-satunya kreator yang meninggal dunia sebelum karyanya tamat.

1

Osamu Tezuka

kreator animanga

Bisa dibilang Osamu Tezuka yang lahir tahun 1928 merupakan pionir dari anime-anime yang kita lihat sekarang ini. Ia memberikan ciri khas saat menggambar karakter dengan mata yang besar.

Teknik ini pun mempengaruhi animator-animator terkenal seperti Walt Disney dan Max Fleischer dalam membuat film animasi. Karya terbaik dari Osamu Tezuka adalah ketika ia menciptakan film Tetsuman Atom atau lebih dikenal sebagai Astro Boy.

Sayang saat mengerjakan proyek ambisius yang berjudul Phoenix ia keburu tutup usia pada tahun 1989 karena penyakit kanker perut.

2

Kaoru Tada

kreator animanga


Kaoru Tada merupakan salah satu mangaka berbakat di eranya. Saat itu, ia sedang disibukan oleh proyek dari manga shojo berjudul Itazura na Kiss. Diterbitkan oleh Shueisha melalui majalah Margaret pada tahun 1990, manga ini dengan cepat mendapat popularitas di kalangan remaja.

Namun nasib buruk menimpa Kaoru Tada. Ia tewas dalam kecelakaan yang mengakibatkan pendarahan otak saat sedang pindah rumah bersama suami dan anaknya. Manga Itazura na Kiss pun tetap terus dipublikasi atas izin sang suami hingga tamat. Namun banyak fan yang berharap bisa melihat ending asli manga Itazura na Kiss karya Kaoru Tada.

3

Noboru Yamaguchi

kreator animanga

Zero no Tsukaima menceritakan kisah Louise seorang penyihir yang diberi julukan “Zero Louise” oleh teman-temannya karena selalu gagal menggunakan sihir. Setiap sihir yang dia gunakan selalu berakhir dengan ledakan.

Pada suatu hari di Tristain Academy of Magic, murid tahun kedua mengadakan ritual untuk memanggil familiar, yang nantinya akan menjadi pelindung dan partner penyihir seumur hidupnya serta biasanya memiliki wujud makhluk sihir. Akan tetapi ketika Louise melakukan ritual, dia malah memanggil Saito Hiraga, seorang remaja laki-laki biasa dari Jepang.

Manga tersebut pada akhirnya tidak benar-benar menemukan titik akhir. Pasalnya, sang kreator animanga Noboru Yamaguchi meninggal pada 4 April 2013 lalu. Disebutkan jika Yamaguchi telah didagnosis penyakit kanker stadium lanjut sejak tahun 2011.

4

Yoshito Usui

kreator animanga

Kreator animanga selanjutnya yang meninggal sebelum karyanya benar-benar tamat adalah Yoshito Usui. Sepeti kita ketahui, ia adalah kreator di balik tingkah laku bocah umur lima tahun bernama Shinnosuke Nohara dalam anime Cryon Shin-chan.

Pada tahun 2009, Yoshito Usui ditemukan tewas di pegunungan Arafune, Perfektur Gunma, saat sedang mendaki gunung.

5

Takahiro Yamamoto

kreator animanga

Takahiro Yamato meninggal pada tahun 2009 karena penyakit leukimia. Kematiannya juga turut meninggalkan cerita dari manga Kaze no Stigma yang belum ia tuntaskan sampai tamat.

Siapa Sangka, 7 Karakter Anime Laki-Laki Ini Disuarakan oleh Seorang Perempuan!

Namun apa jadiknya jika terjadi kebalikan? Mungkin kamu bisa tanyakan kepada tujuh seiyuu wanita yang menyuarakan karakter laki-laki.
Baca Juga

Namun penerbitnya mengumpulkan catatan kecil yang ia tinggalkan untuk dijadikan bagian dari cerita. Pada akhirnya, volume terakhirnya pun terbit sebagai kumpulan cerita pendek.


 

Itulah lima contoh kreator animanga yang meninggal dunia sebelum sempat mengakhiri karya mereka. Apakah ada contoh lain yang kamu ketahui? Sampaikan di kolom komentar!