Point Blank Mobile Indonesia Tutup! Ini Alasannya!

Secara mendadak, Point Blank Mobile Indonesia diumumkan akan ditutup. Hal ini diumumkan langsung oleh sang pengembang dan publisher. Inilah alasannya!

Point Blank Mobile Indonesia Tutup! Ini Alasannya!

Point Blank Mobile Indonesia Tutup! Ini Alasannya!

Update: terdapat perubahan judul untuk menghindari misinformasi.

Tanpa ada angin, tanpa ada peringatan, Point Blank Mobile Indonesia tiba-tiba diumumkan akan ditutup! Padahal game tersebut belum lama muncul di Indonesia. Ada apa ya?

[duniaku_baca_juga]

Penutupan ini disampaikan langsung melalui fanpage resmi Point Blank Mobile pada Rabu, 5 April 2017. Pengumuman ini tentunya mengundang tanda tanya besar - kenapa tiba-tiba dan tanpa petunjuk sebelumnya? Padahal game untuk gawai ini baru saja resmi rilis di Indonesia pada bulan November 2016!

Point Blank Mobile Indonesia Tutup! Ini Alasannya!

Dalam pengumuman tersebut, disebutkan bahwa penutupan layanan permainan Point Blank Mobile Indonesia ini adalah hasil kesepakatan antara sang pengembang, Zepetto dan sang pemegang lisensi, True Digital Plus. Kesepakatan yang dianggap sangat sulit ini diambil berdasarkan alasan kualitas permainan yang dianggap rendah serta di bawah kualitas yang diinginkan oleh para pemain dan juga publisher.

...layanan servis game POINT BLANK MOBILE INDONESIA akan dihentikan dikarenakan kualitas game yang tidak dapat memenuhi standard kualitas yang di inginkan oleh pengguna dan publisher.

Mengenai alasan kualitas tersebut, Zepetto dan True Digital Plus mengaku menyimpulkan dan berbagai saran dan kritik mengenai Point Blank Mobile Indonesia. Saran dan kritik mengenai pengembangan fitur game, penyeimbangan sistem dalam permainan, dan sistem game yang lebih stabil bagi pemain tersebut menjadi parameter mereka untuk terus mengembangkan permainan - hingga akhirnya sampai ke kesimpulan bahwa kualitas permainan tidak dapat memenuhi ekspetasi pemain, pengembang dan publisher.

Point Blank Mobile Indonesia Tutup! Ini Alasannya!

[duniaku_adsense]

Adapun mengenai penutupan Point Blank Mobile Indonesia, penutupan akan dilakukan secara bertahap dengan penutupan penuh pada tanggal 28 April 2017. Seluruh layanan pembayaran di dalam permainan sudah ditutup pada tanggal 5 April 2017 pukul 15.00 WIB, yang nantinya akan diteruskan dengan penutupan seluruh server game pada tanggal 28 April 2017 pukul 15.00.

Sebelum penutupan secara penuh, permainan Point Blank Mobile Indonesia masih akan beroperasi - dengan tiga in-game event terakhir yang akan diadakan. In-game event tersebut adalah Special Login (barang gratis setiap hari), diskon gacha 50%, dan bonus 3x EXP & Gold dalam mode permainan Campaign, Challenge, Survival, serta PvP. Ketiga event dimulai serentak pada tanggal 5 April 2017 dan berakhir serentak juga pada tanggal 28 April 2017.

Melalui pengumuman penutupan itu juga, Zepetto dan True Digital Plus mengucapkan terima kasih bagi para pemain - yang disebut Troopers yang telah setia dan memainkan Point Blank Mobile Indonesia.

Selamat jalan Point Blank Indonesia. Bagaimana menurutmu terkait penutupan mendadak permainan ini?

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU