Jangan Ditiru! Begini Cara Haikal, Hacker Berusia 19 Tahun Membobol Situs Tiket.com

cara hacker

Ternyata begini cara hacker Haikal dan komplotannya meretas situs Tiket.com hingga bisa menggondol miliaran rupiah.

Ulah hacker kembali menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Namun kali ini bukan hacker luar negeri yang beraksi, melainkan seorang hacker berusia 19 tahun asal Indonesia yang berhasil membobol situs jual beli tiket online, Tiket.com.

Berita ini mulai mencuat pertama kali ketika PT Global Network yang mengelola Tiket.com mengalami kerugian luar biasa. Usut punya usut, kerugian tersebut dikarenakan oleh ulah seorang hacker yang masih berusia 19 tahun. Remaja yang bernama Haikal itu ditangkap polisi dari Direktorat Tindak Pidana Kejahatan Siber Bareskrim Polri pada Kamis (30/3).

Baca Juga

Bersama tiga rekannya yang berinisial MKU (19), Al (19) dan NTM (27), mereka diduga berhasil meraup keuntungan hingga Rp4,1 miliar. Namun bagaimana sebenarnya cara hacker Haikal dan kawan-kawan menjalankan aksinya tersebut?

Dari hasil penulusuran pihak polisi, para tersangka memiliki tugasnya masing-masing. Haikal dan MKU bertugas untuk meretas server Citilink untuk mendapatkan akses username dan password.

Setelah itu, mereka dengan mudah untuk login terhadap server Citilink dengan menggunakan username dan password milik agen travel Tiket.com dan mendapatkan kode booking tiket pesawat Ctilink untuk dijual ke pembeli.

Sementara itu, tersangka AL memiliki tugas memasukan data booking tiket pesawat dari pembeli yang kemudian dimasukan ke aplikasi penjualan maskapai Citilink dengan menggunakan username dan password milik agen travel Tiket.com. Terakhir, kode pesanan tiket akan dikirim kepada para pembeli.

cara hacker


Untuk memuluskan aksinya, tersangka NTM memiliki kewajiban mencari calon pembeli lewat akun Facebook bernama Nokeyz Dhosite Kashir.

Selain Tiket.com, cara hacker Haikal cukup sukses mengingat mereka juga diketahui berhasil meretas lebih dari 4000 situs. Termasuk situs milik Polri, pemerintah pusat dan daerah, sampai situs milik Aburizal Bakrie.

Ulah Haikal dan kawan-kawannya bisa dibilang cukup luar biasa, mengingat jenjang pendidikan mereka tidak sampai bangku kuliah. Bahkan Haikal sendiri hanyalah lulusan SMP.

Haikal, hacker 19 tahun ini bukanlah satu-satunya hacker yang pernah mencuri perhatian publik Indonesia. Sebelumnya, sudah ada nama-nama hacker Indonesia yang tak hanya terkenal di dalam negeri tapi juga cukup ditakuti di kancah internasional.

Sebut saja seperti Jim Geovedi. Aksinya yang paling terkenal tentu saja ketika ia mampu meretas satelit, di mana satelit tersebut bisa bergerak dan bergeser sesuai keinginan Jim. Bahkan dalam sebuah wawancara dengan Deutsche Welle, ia berujar sanggup mengontrol internet di Indonesia. “Kalau mau, saya bisa mengontrol internet yang ada di Indonesia,” ujar Jim Geovedi.

6 Hacker Indonesia yang Kemampuannya Enggak Kalah Dengan Hacker-Hacker Dunia

Nah kalau enggak percaya, berikut Duniaku rangkum tujuh hacker Indonesia yang kualitasnya enggak kalah dengan hacker-hacker internasional.
Baca Juga

Bagaimana tanggapanmu terkait ulah Haikal dan komplotannya yang merugikan suatu pihak sampai mencapi miliaran rupiah?

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari