Menguak Sosok Kawaki: Apakah Denki Adalah Kawaki?

denki adalah kawaki boruto naruto

Banyak fans yang berspekulasi bahwa Denki adalah Kawaki, tetapi apakah benar demikian? Yuk, simak ulasannya di dalam artikel ini!

Baca Juga

Semenjak awal kemunculannya di manga, banyak fans yang bertanya-tanya siapakah Kawaki sebenarnya? Karakter yang disinyalir sebagai pembunuh Naruto ini sangatlah misterius. Bahkan sampai saat anime Boruto episode 1 tayang pun, masih sangat sedikit informasi yang tersedia. Akan tetapi, semenjak itu banyak juga yang berspekulasi bahwa Kawaki tidak lain adalah karakter yang muncul semenjak episode pertama anime Boruto: Denki!

Ya, semenjak kemunculan perdananya di anime, banyak fans yang berspekulasi bahwa Kawaki sebenarnya adalah Denki. Banyak alasan yang membuat fans berspekulasi demikian karena beberapa hal ini:

Denki dan Kawaki Mirip Secara Penampilan

denki adalah kawaki

Jika dilihat secara penampilan Denki dan Kawaki hampir mirip: mereka memiliki rambut  berwarna hitam—dengan pengecualian Kawaki memiliki rambut berwarna kuning di masing-masing sisi. Selain itu, mereka juga mengenakan pakaian yang hampir mirip dengan warna biru gelap. Jika dilihat sekilas, Kawaki seperti versi Denki yang telah dewasa.


Denki dan Boruto Adalah Sahabat Baik

kotbah no jutsu boruto

Kembalinya Jutsu Legendaris, Inilah 10 Hal Unik (dan Aneh) dalam Anime Boruto Episode 1!

Mulai dari kelemahan Boruto, sisi lain dari Hinata, hingga kembalinya jutsu legendaris. Inilah 10 hal unik dan menarik dalam anime Boruto episode 1!
Baca Juga

Meskipun baru mengenal di episode 1, tetapi Denki dan Boruto sudah seperti sahabat dekat. Keduanya memiliki hubungan yang erat mirip dengan Naruto dan Sasuke. Meski di awal Naruto dan Sasuke selalu bertengkar, tetapi seiring berjalannya cerita, terungkap bahwa mereka sebenarnya saling peduli satu sama lain. Ya, sejauh ini, baik Denki-Boruto tampak memiliki hubungan yang erat layaknya Naruto-Sasuke.

Sejauh ini, jika kalian melihat manga dan movie Boruto, kalian pasti tahu bahwa Boruto tidak memiliki hubungan yang erat dengan Sarada atau Mitsuki layaknya Naruto-Sasuke. Bisa jadi, Denki ini dipersiapkan semenjak awal di anime sebagai seseorang yang berhubungan dekat dengan Boruto dan nantinya menjadi musuh utama—seperti Sasuke. Dan jika kita melihat bagaimana formula cerita Naruto dan cerita shounen lainnya, biasanya yang menjadi musuh terakhir adalah sahabat sendiri. Jadi, ada kemungkinan bahwa Denki disiapkan di awal-awal untuk akhirnya bertarung dengan Boruto sebagai Kawaki.

Denki Ingin Menjadi Menggabungkan Ninja dengan Teknologi

Di akhir episode pertama, Denki mengatakan bahwa dia ingin menciptakan sebuah ninjutsu baru dan menggabungkannya dengan teknologi mesin dan sains. Hal ini bisa menjadi sedikit hint atau petunjuk bahwa Denki akan mengembangkan teknologi yang bisa mengakhiri era ninja.

denki adalah kawaki
“Aku akan mempelajari ninjutsu baru”
“dan mencoba menggabungkannya dengan mesin dan sains.”

Dan berbicara “akhir dari era ninja”, masih ingat dengan kalimat pertama yang diucapkan oleh Kawaki di adegan pembuka?

denki adalah kawaki boruto anime streaming online
“Era Ninja ninja telah berakhir.”

Hal ini jugalah yang membuat fans semakin percaya bahwa Denki ketika dewasa nanti menjadi Kawaki.

Denki Terinpirasi dari Boruto Yang Membenci Ninja

Lantas, kenapa Denki ingin mengakhiri era ninja? Pada awal kisah, kita bisa melihat bagaimana Denki sangat mengagumi Boruto dan juga ninjutsu. Akan tetapi, pada saat itu, Boruto juga sangat membenci ninja—karena perlakuan sang ayah yang kurang memperhatikan dirinya. Nah, bisa jadi si Denki ini terinspirasi dari kebencian Boruto tersebut, lalu—seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya—mulai mencoba mengembangkan teknologi yang mengakhiri era ninja.

Lalu, kenapa Denki mengganti namanya menjadi Kawaki? Seiring berjalannya cerita, kita bisa melihat (dalam movie atau manga) bagaimana Boruto sedikit demi sedikit mulai menerima dirinya sebagai seorang ninja. Hal itu semakin dipertegas dalam adegan pembuka di mana Boruto mengucapkan ini:

anime boruto denki adalah kawaki
“Aku masih seorang ninja!”

Bisa jadi, Denki merasa kecewa dengan Boruto yang menerima dirinya sebagai ninja. Karena itulah, dia pun meninggalkan Boruto dan mengganti namanya sebagai Kawaki. Dan pada adegan itu pula, Boruto berkata:

anime boruto episode 1 review denki adalah kawaki
“Aku tidak menyangka kau akan berbuat sejauh ini, Kawaki.”
Denki adalah Kawaki nonton anime boruto
“Apakah tidak ada jalan lain?”

Apakah Boruto Bisa Membangkitkan Tenseigan?

Apakah Uzumaki Boruto bisa membangkitkan Tenseigan? Lalu, apakah Sarada bisa memiliki Rinnegan? Mari kita coba temukan jawabannya melalui artikel ini!
Baca Juga

Dari kalimatnya, tampak seperti Boruto dan Kawaki ini telah mengenal cukup lama dan—jika kita mengacu pada dari poin-poin sebelumnya—hanya Denki yang cocok.

Meskipun ada kemungkinan bahwa Denki adalah Kawaki. Tetapi ada juga beberapa bukti yang menunjukan kalau Denki bisa saja bukan Kawaki. Lho, kok?

Lihat alasannya di halaman 2…

1
2

SHARE
Previous articleKembalinya Jutsu Legendaris, Inilah 10 Hal Unik (dan Aneh) dalam Anime Boruto Episode 1!
Next articleMemprediksi Hidup-Matinya Para Pahlawan Marvel di Infinity War
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.