5 Alasan Semesta 7 Dragon Ball Super Kualitasnya Dinilai Rendah!

Yang ngurus semestanya gak bener kayanya

5 Alasan Semesta 7 Dragon Ball Super Kualitasnya Dinilai Rendah!

Di Dragon Ball Super, ada yang namanya Mortal Level. Ini adalah standar yang diterapkan untuk menentukan siapa saja semesta yang harus bertarung di Tournament of Power.

Mortal Level Semesta 7, semestanya para jagoan kita, levelnya rendah sekali. Kalau di anime, semesta yang Mortal Level-nya lebih buruk dari Semesta 7 hanya Semesta 9 yang memang parah banget. 

Kenapa sih Semesta 7 Dragon Ball Super kualitasnya dinilai rendah? Ada beberapa kemungkinan alasannya. 

1. Planet Semesta 7 yang memiliki kehidupan tergolong sedikit

5 Alasan Semesta 7 Dragon Ball Super Kualitasnya Dinilai Rendah!mangaplus.shueisha.co.jp/Dragon Ball Super

Salah satu faktor yang mempengaruhi nilai Mortal Level Semesta 7 adalah jumlah planet yang diketahui memiliki makhluk hidup.

Diketahui hanya ada 28 planet yang diketahui dihuni makhluk hidup. Jumlah ini bisa jadi lebih sedikit dari semesta yang Mortal Level-nya lebih tinggi. 

Baca Juga: Whis Jelaskan Kelemahan Ultra Instinct Goku di Dragon Ball Super 71 

2. Keberadaan Frieza

5 Alasan Semesta 7 Dragon Ball Super Kualitasnya Dinilai Rendah!dragonball.fandom.com

Di poin pertama, sudah disebutkan soal sedikitnya planet Semesta 7 yang diisi kehidupan.

Frieza jelas salah satu penyebab dari situasi itu. Dia termasuk yang bertanggung jawab menghancurkan Planet Vegeta. Dia dan pasukannya juga tampaknya sudah membantai beberapa planet lain. 

3. Buu

5 Alasan Semesta 7 Dragon Ball Super Kualitasnya Dinilai Rendah!nintendoeverything.com/Dragon Ball Xenoverse 2

Tidak hanya Frieza yang berkeliaran di Semesta 7, di sini juga terdapat sesosok Majin mematikan bernama Buu. Konon Buu diciptakan Babidi untuk menguasai Semesta.

Keberadaannya sangat mematikan, bahkan para Kaioo di Semesta 7 terbunuh oleh Buu.

Bisa jadi salah satu penyebab lemahnya Semesta 7 adalah karena ulah Buu yang mengacaukan dimensi Dewa pada zaman dahulu kala. 

4. Beerus

5 Alasan Semesta 7 Dragon Ball Super Kualitasnya Dinilai Rendah!Toei Animation/Dragon Ball Super

Bagus-tidaknya Mortal Level suatu semesta ditentukan oleh Supreme Kai dan Dewa Kehancurannya sebenarnya. Bila mereka bekerja efektif, maka semesta mereka juga akan jadi bagus.

Beerus sejauh ini terlihat terlalu santai dalam menjalankan tugasnya sebagai Dewa Kehancuran. Lalu sekalinya dia memutuskan menghancurkan sesuatu, kadang alasan dia menghancurkannya itu terasa seenaknya. 

Dia juga yang mengizinkan Frieza berulah di Semesta 7. Jadi kalau kita memasukkan Frieza ke daftar ini, berarti Beerus yang membiarkannya pun harus diperhitungkan. 

Saat ini di manga, si Vegeta sudah dilatih Beerus untuk menggunakan kekuatan Dewa Kehancuran. Mengingat sifat serius Vegeta, saya kok merasa dia bisa saja bakal jadi Dewa Kehancuran yang lebih efektif dari Beerus. 

5. Galactic Patrol-nya lemah

5 Alasan Semesta 7 Dragon Ball Super Kualitasnya Dinilai Rendah!mangaplus.shueisha.co.jp/Dragon Ball Super

Di Universe 11 terdapat pasukan penjaga keamanan semesta bernama Pride Troopers. Gak nanggung-nanggung, anggotanya adalah sosok terkuat di semesta, di antaranya adalah Toppo dan Jiren.

Bahkan Pride Troopers ini berada di bawah komando dari Hakaishin Universe 11 yaitu Belmod.

Sedangkan pasukan semesta di Semesta 7 yang ada adalah Galactic Patrol. Patroli galaksi ini berada di bawah komando Galactic King. Namun tentu saja Galactic Patrol ini tidak sekuat Pride Troopers. Hal ini bisa terlihat bahwa mereka kewalahan menghadapi pasukan galaksi bentukan Frieza.

Saat Galactic Patrol kemudian harus melawan ancaman selevel Moro pun mereka harus mengandalkan Goku dan Vegeta.

Galactic Patrol sempat memiliki Merus, yang malaikat. Namun status malaikat Merus ini hilang setelah dia menggunakan kekuatan malaikatnya untuk menyerang Moro. Saat Merus dibangkitkan lagi, statusnya sudah mortal atau makhluk fana, bukan malaikat lagi.

Dengan level kekuatan begini, Galactic Patrol terasa gak bisa diandalkan kalau menghadapi musuh yang levelnya sudah setara Frieza. Masalahnya di cerita Dragon Ball, biasanya jika ada musuh baru, maka kekuatan mereka pun di atas Frieza! 

Nah itu lima alasan Semesta 7 Dragon Ball Super kualitasnya dinilai rendah. 

Ingat, kualitas Mortal Level ini tidak ditentukan kekuatan petarungnya. Kalau dari kualitas petarung, Semesta 7 tinggi sekali sampai mereka yang menang Tournament of Power.

Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Dragon Ball: Vegeta Sudah Mulai Bisa Gunakan Kekuatan Dewa Kehancuran?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU