Hadir di Indonesia, Ini 8 Alasan Samsung Galaxy S8 Disebut Smartphone Tanpa Batas

pre-order Galaxy S8

Galaxy S8 dan Galaxy S8+ sendiri bisa mulai dipesan melalui sesi pre-order pada 8-18 April 2017, dengan mereka yang pre-order Galaxy S8 ini akan mulai menerimanya pada 5 Mei 2017 mendatang.

Baca Juga

Suksesnya Galaxy S7 dan varian berlayar melengkung, Galaxy S7 edge telah dilanjutkan Samsung melalui penerusnya yang diungkapkan 28 Maret 2017 lalu. Menjelang masa pemesanan awalnya (pre-order) di di Indonesia, kalian tentu perlu mengetahui apa keunggulan flagship Samsung yang memiliki layar baru Infinity Display ini. Galaxy S8 dan Galaxy S8+ sendiri bisa mulai dipesan melalui sesi pre-order pada 8-18 April 2017, dengan pemesan akan menerimanya pada 5 Mei 2017 mendatang.

Mengenai harga, Samsung Indonesia menawarkannya dengan harga pre-order masing-masing Rp 10.499.000 untuk Galaxy S8 dan Rp 11.999.000 untuk Galaxy S8+. Kalian bisa memilih antara warna Midnight Black, Mapple Gold, dan Orchid Grey. Sebelum menentukan warna yang cocok untuk memesan awal, kalian tentu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja fitur terbaiknya, yang akhirnya pantas membuatnya disebut sebgaai smartphone tanpa batas.

Samsung Galaxy S7 vs Galaxy S8, Ini Detail Perbandingan Fitur Keduanya

Samsung Galaxy S7 vs Galaxy S8, Ini Detail Perbandingan Fitur Keduanya, menang mana Galaxy S7 lawan Galaxy S8? Galaxy S7 edge vs Galaxy S8+
Baca Juga
1

Layar Membesar! Hebatnya, Ukuran Tetap Sama!


Di sisi layar, kalian yang membeli Galaxy S7 karena dimensinya yang kompak dengan masih bisa dioperasikan dengan mudah dengan satu tangan, sepertinya akan sedikit terkejut ketika mengetahui dimensi layar terkecil Galaxy S8 ini mencapai 5.8-inchi. Layarnya yang disebut dengan jargon Infinity Display tersebut yang bahkan lebih besar dibandingkan keluarga Galaxy Note. Logikanya, pasti keseluruhan dimensi Galaxy S8 ini besar, bukan?

Ternyata Galaxy S8 tidak terpaut jauh dibandingkan Galaxy S7

Ini kehebatan Samsung. Dengan konsep bezel yang minim, dan mengintegrasikan tombol pada layar, mereka mampu membuat keseluruhan dimensi dimensi Galaxy S8 yang ukurannya 148.9 x 68.1 x 8.0 mm tersebut tidak berbeda jauh dari dimensi Galaxy S7 pada 142.4 x 69.6 x 7.9 mm.

Dia hanya sedikit lebih panjang dan tebal saja. Menggenggam Galaxy S8 akan tetap nyaman, namun kemudahan pengoperasian dengan satu tangan tetap akan berbeda mengingat ukuran layar Galaxy S8 yang masif. Setidaknya kalian perlu membiasakan diri terlebih dahulu.

Namun untuk Galaxy S8+, nah ini beda kasus. Dengan layar 6.2-inchi yang cukup besar, di kelas smartphone Samsung, menghasilkan keseluruhan profil 159.5 x 73.4 x 8.1 mm dan berat 177 gram, ternyata itu pun juga tidak lebih masif dibandingkan profil 153.2 x 76.1 x 7.6 mm serta berat 171 gram pada Galaxy Note 5. Dengan demikian, Galaxy S8+ juga bisa menjadi alternatif bagi kalian yang mencari profil phablet, karena sangat pas dengan keluarga Galaxy Note.

Resmi Hadir! Galaxy S8 dan Galaxy S8+ Bikin Kangen Note 7 dan Lupakan iPhone 7

Resmi Hadir! Galaxy S8 dan Galaxy S8+ Bikin Kangen Note 7 dan Lupakan iPhone 7, harga Galaxy S8 Indonesia, benchmark Galaxy S8 benchmark
Baca Juga
2

Infinity Display, Nonton Bioskop di Tangan


Selain itu, apa yang menarik dan menjadi fokus langsung ketika memandang duo Galaxy S8 ini adalah Infinity Display. Meskipun basisnya sama seperti tipikal layar Super AMOLED Samsung, namun layar ini memiliki resolusi terbesar dibandingkan kelarga Galaxy S, termasuk itu Galaxy S7.

Pada resolusi Quad HD+, atau resolusi 2960 x 1440-pixel, sedikit lebih besar dari 2560 x 1440-pixel pada Galaxy S7, kalian juga menemukan rasio layarnya berbeda. Dengan rasio 18.5 berbanding 9 pada duo Galaxy S8, menghasilkan tampilan memanjang layaknya kalian sedang menonton bioskop.

Rasio tersebut juga sangat idel ketika kalian gunakan untuk menonton video 3600 atau memainkan game-game virtual reality yang lagi ngetren akhir-akhir ini. Kenapa? Karena dengan rasio 18.5 berbanding 9, saat kalian menggunakan perangkat virtual reality seperti Samsung Gear VR, layar akan terbagi dua dengan resolusi yang sama 1440 x 1440-pixel untuk masing-masing mata. Dengan demikian, kualitas konten virtual reality yang ditampilkannya tetap terlihat sempurna.

Membuatnya makin lengkap, duo Galaxy S8 juga menjadi yang pertama mendapatkan sertifikasi UHD Alliance melalui Mobile HDR Premium. Teknologi ini memungkinkan Galaxy S8 dan S8+ melihat warna dan kontras yang sama seperti standar produsen film yang ingin ditampilkan ketika kalian menonton film.

Resmi Hadir! Galaxy S8 dan Galaxy S8+ Bikin Kangen Note 7 dan Lupakan iPhone 7

Resmi Hadir! Galaxy S8 dan Galaxy S8+ Bikin Kangen Note 7 dan Lupakan iPhone 7, harga Galaxy S8 Indonesia, benchmark Galaxy S8 benchmark
Baca Juga
3

Begitu Cantik dan Seksi


Apa yang terlihat di sini, sebuah smartphone yang seksi. Tombol Home yang menjadi ciri khas Galaxy S memang menghilang, dikorbankan untuk mencapai kesan minimnya bezel dan layar yang berkuasa atas sisi depan smartphone ini, melengkung pada kedua sisinya, sehingga mengesankan tidak ada batasan antara sisi kiri dan kanannya.

Ditambah lagi dengan keseluruhan rancang bangunnya yang menyatu, atau unibody berlapis material kaca yang tampak glossy, dengan bentuk tubuh yang melengkung halus pada setiap sisinya, membuat siapa saja merasa nyaman ketika menggenggamya. Galaxy S8 tampak mewah. Beralih di sisi belakang, pemindai sidik jari yang kini ditempatkan berjajar rapi mengapit lensa kamera bersama lampu kilat dan tipikal sensor keluarga Galaxy S, yaitu sensor Heart Rate.

Galaxy S8 dan Galaxy S8+

Sensor Heart Rate merupakan gimmick keren yang sangat jarang kalian dapatkan di tipikal smartphone lainnya, namun ketika dipadukan dengan sensor Barometer yang juga dimilikinya, sangat berguna karena bisa membantu kalian memantau kondisi tubuh selama beraktifitas, atau berolahraga

Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge Bikin Kalian Melek Fotografi, Sampai ke Level Pro!

Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge Bikin Melek Fotografi, Sampai Level Pro! Review Galaxy S7 edge camera guide, spesifikasi Galaxy S7 camera tips, harga Galaxy S7
Baca Juga
4

Inovasi Baru, Tombol Home pada Layar yang Sensitif Sentuhan


Samsung membuang tombol Home! Ya, smartphone bongsor ini memang mengedepankan bentuk melengkung pada kedua sisinya, dan dengan layar lebar yang menguasai mayoritas panel depannya dengan rasio yang tinggi. Samsung juga untuk pertama kalinya menggunakan tombol virtual pada layarnya. Oh ya, layarnya yang berukuran besar juga digunakan sebagai media pemindai wajah, salah satu cara untuk mengamankan smartphone terbaru Samsung ini.

5

Menggunakan Prosesor Terbaru dan Terkencang


Menggunakan prosesor terkencang Samsung saat ini, Exynos 8895 (2.3GHz Quad + 1.7GHz Quad) untuk varian Galaxy S8 yang dirilis di Indonesia. Exynos 9 Octa 8895 merupakan wujud teknologi fabrikasi silikon terkini Samsung, proses teknologi 10nm (nanometer), sehingga di atas kertas diklaim mampu memberi peningkatan kinerja hingga 27% lebih cepat dibandingkan dengan chipset yang dibangun melalui fabrikasi 14nm, seperti pada Exynos 8 pada Galaxy S7, sekaligus juga lebih hemat daya hingga mencapai 40%.

Seperti seri sebelumnya, Samsung tidak ikut-ikutan bersaing di ranah jumlah core. Mereka mempertahankan Exynos seri 9 ini dengan delapan inti saja, namun menggunakan core custom Samsung, yang disebut Exynos M2 “Mongoose.” Ini menjadi generasi kedua dari core custom Samsung, yang terbagi dalam dua cluster, quad-core M2 berinti besar yang fokus untuk tugas berat, dan quad-core Cortex-A53 dengan kecepatan rendah untuk tugas yang lebih ringan.

Samsung Galaxy S7 vs Galaxy S8, Ini Detail Perbandingan Fitur Keduanya

Di sisi pengolah grafis, chipset ini ditandemkan dengan GPU Mali-G71, yang memiliki 20 core dengan kecepatan 550 MHz, serta kinerja mencapai 375 GFLOPS. GPU terbaru ARM-MAli ini juga terfokus pada penerapan virtual reality (VR), sehingga teknologi tersebut ini dibangun dengan VR secara mendalam, dengan tujuan meminimalkan latency untuk pengalaman menikmati VR yang lebih baik.

Fitur Galaxy S7: Puaskan Mobile Gamer, Kualitas Grafisnya Setara PS4!

Fitur Galaxy S7: Puaskan Mobile Gamer, Kualitas Grafisnya Setara PS4! Spesifikasi Galaxy S7 ROOT guide, harga Galaxy S7 pre-order, benchmark Galaxy S7
Baca Juga
6

Punya Asisten Pribadi yang Cerdas


Kedua Samsung Galaxy S8 juga menjadi yang pertama menerapkan asisten pribadi Bixby. Menurut Samsung, Bixby adalah antar muka cerdas baru yang berbeda dibandingkan asisten pribadi pada tipikal smartphone lainnya.

Bixby menjadi asisten pribadi yang sigap mengingatkan rutinitas olahraga penggunanya.

Bixby cukup cerdas untuk memahami masukan informasi yang tidak lengkap, dan mengeksekusi perintah tersebut berdasarkan pengetahuannya akan pengguna smartphone. Bixby juga diklaim mampu mendukung semua tugas yang mampu dilakukan aplikasi ini menggunakan perintah sentuhan.

Bixby juga mampu merespon perintah penggunanya bukan sekadar untuk fungsi standar saja, misalnya, menelepon, SMS, menunjukkan prakiraan cuaca atau rute perjalanan. Bixby merespon bahkan sampai pada perintah yang mungkin paling sering dilakukan penggunanya, seperti mengambil swafoto atau mengatur tingkat kecerahan layar.

Saat pertama kali diluncurkan, fungsi Bixby’s Voice ini baru terintegrasi dengan beberapa aplikasi bawaan duo Galaxy S8 saja, seperti Camera, Contacts, Gallery, Messages dan Settings, namun akan diperluas kemampuannya dengan aplikasi Samsung lainnya, bahkan aplikasi third-party.

Dia juga mampu menjalankan perintah-perintah standar seperti memutar video.

Dengan mayoritas asisten pribadi hanya mendukung beberapa perintah saja yang diberikan melalui suara, akibatnya justru membingungkan pengguna aplikasi mana yang bisa dioperasikan hanya dengan sentuhan, atau juga bisa menggunakan perintah suara. Berbeda dengan Bixby, karena pengguna bisa memanggilnya kapan saja, dan memahami konteks yang terjadi saat ini, sehingga pengguna mendapatkan pilihan lebih banyak untuk berinteraksi dengan smartphone mereka.

Bahkan kalian juga bisa berbelanja, mencari gambar, an juga detail mengenai lokasi di sekitar pengguna menggunakan teknologi pengenalan gambar Bixby.

Selain Murah, Ini 5 Keunggulan dan Spesifikasi Samsung Z2 yang Perlu Kalian Ketahui

Selain Murah, Ini 5 Keunggulan dan Spesifikasi Samsung Z2 yang Perlu Kalian Ketahui, Harga Samsung Z2 Tizen, apa itu Tizen, Tizen vs Android
Baca Juga
7

Keamanannya Lebih Terjamin


Sistem keamanan Galaxy S8 unggul, karena dia memiliki dia fitur baru dibandingkan Galaxy S7. Ada iris scanner dan face scanner di sini, selain standar mengaktifkan layar (bukan membuka kunci) dengan sentuh dan tahan tombol Home virtual pada layar.

Ada sedikit catatan sih, khusus pengenal wajah dan kelopak mata, kedua fitur tersebut hanya bisa dilakukan jika cahaya di ruangan cukup untuk membuat kamera depan bisa melihat wajah atau bola mata penggunanya. Jika berada di ruangan gelap, sepertinya kalian akan kembali bergantung pada sensor sidik jari, atau kuncian standar memasukkan PIN, pola atau password.

Itu keamanan untuk isi smartphone kalian. Bagaimana dengan sisi luarnya? Jangan kuatir, duo Galaxy S8 ini juga telah mengantongi sertifikat IP68 sehingga anti debu dan air.

Android Samsung Tergahar dengan RAM 6GB dan Kamera 32MP Ini Akhirnya Dijual

Android Samsung Tercanggih Setelah Galaxy S7 Ini Akhirnya Dijual di Luar Cina, harga Galaxy C9 Pro price, spesifikasi Galaxy C9 Pro spec
Baca Juga
8

Kamera yang Tidak Diragukan Kualitasnya


Seperti Galaxy S7, kedua Galaxy S8 ini masih menggunakan sensor yang sama, Sony Exmor RS IMX260 yang juga digunakan pada Galaxy S7. Sensor 12.2-megapixel dengan ukuran 7.06 mm dan resolusi maksimal 4032 x 3024-pixel ini tiak perlu diragukan lagi, dan terkenal keunggulannya selama digunakan dalam Galaxy S7 karena besar pixelnya mencapai 1.4 μm (mikron pixel) serta sistem fokusnya yang memanfaatkan keseluruhan pixel yang dimilikinya untuk menentukan fokus (jamak disebut sebagai Dual Pixel).

Dengan ukuran pixel yang sangat besar, 1.4 micron, memungkinkan kamera duo Galaxy S8 ini menerima cahaya 56x lebih banyak dibandingkan tipikal kamera smartphone lainnya. Hal itu juga ditunjang dengan bukaan lensanya yang lebih lebar, yaitu f/1.7, sehingga 25% lebih banyak cahaya yang masuk ke lensanya untuk membantu pemotretan di kondisi ruangan minim cahaya sekalipun.

Sedangkan sensor Dual Pixel Megapixel merupakan fitur yang sebelumnya hanya terdapat pada kamera D-SLR. Karena didukung prosesor yang canggih, fitur kamera pada Galaxy S8 memiliki kemampuan autofocus yang cepat meskipun tanpa dukungan laser.

Didukung layar berstandar Mobile HDR Premium, tampilan foto terlihat seperti aslinya.

Namun apa yang lebih menarik dibandingkan Galaxy S7, kamera depannya kini menggunakan sensor 8-megapixel, dan sudah auto focus pula. Menurut Samsung, kamera depannya mampu otomatis mendeteksi dan terfokus pada wajah obyek yang akan melakukan swafoto.

10 Fitur Samsung Gear S3 yang Mustahil Dilakukan Smartphone (dan Jam Analog Konvensional)

10 Fitur Samsung Gear S3 yang Mustahil Dilakukan Smartphone (dan Jam Analog Konvensional), spesifikasi Samsung Gear S3 spec, harga Samsung Gear S3
Baca Juga

Samsung Galaxy S8 and S8+: Official Introduction

Spesifikasi Galaxy S8 dan Galaxy S8+

  • Sistem Operasi: Android 7.0
  • Prosesor: Samsung Exynos 8895 (2.3GHz Quad + 1.7GHz Quad)
  • RAM: 4 GB LPDDR4
  • Storage: 64 GB UFS 2.1, bisa diperbesar menggunakan slot microSD khusus hingga 256 GB
  • Layar: 5.8 inchi (Galaxy S8) / 6.2 inchi(Galaxy S8+), 2960×1440-pixel Super AMOLED. Menghasilkan kerapatan pixel 570-ppi (Galaxy S8) dan 529-ppi (Galaxy S8+)
  • Kamera Belakang: 12 MP bukaan lensa f/1.7, Dual Pixel AF, OIS, ukuran pixel 1.4 µm (mikro pixel), mampu merekam video 4K pada kualitas 30 fps, dan 1080p pada kualitas 60 fps, atau slow motion 720p pada 240 fps,
  • Kamera Depan: 8 MP, bukaan lensa f/1.7, dengan autofocus
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5 GHz), MU-MIMO, Bluetooth 5.0, NFC, USB-C
  • Baterai: 3,000 mAh (Galaxy S8)/3,500 mAh (Galaxy S8+)
  • Dimensi: 148.9 x 68.1 x 8.0 mm (Galaxy S8)/159.5 x 73.4 x 8.1 mm (Galaxy S8+)
  • Berat: 155 g (Galaxy S8)/173 g (Galaxy S8+)
  • Sensor: Accelerometer, Barometer, Fingerprint scanner, Geomagnetic sensor, Gyroscope, Iris scanner, Hall sensor dan Proximity sensor
  • Tombol: Ada tombol volume fisik, tombol khusus mengakses asisten pribadi Bixby, dan tombol back, home serta recent task pada sisi bawah layar. Posisi ketiga tombol bisa diatur, seperti menjadi tombol back, home dan recent task, atau pengaturan standar Android. Tombol Home-nya juga sensitif tekanan, sehingga dalam kondisi standby, kalian bisa sentuh dan tahan pada tombol Home-nya yang selalu menyala untuk membuka kunci layar.


SHARE
Previous articleInilah 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengunjungi Creators Super Fest di Jakarta!
Next articleInilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Membeli Xiaomi Redmi 4X
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.