Guide Earth Spirit ala Profesional Ini Bisa Bikin Kamu Rampage

Sumber: Dota Fire

Kemampuan seorang support bermain sebagai Earth Spirit seringkali menjadi bukti keahliannya dalam bermain Dota 2. Jika kamu ingin terlihat seperti seorang profesional saat menggunakan hero ini dan kesulitan menemukan guide yang tepat, maka Duniaku.net akan membantu kamu melakukan hal tersebut!

Earth SpiritSumber: Dota Blast

Baca Juga

Earth Spirit mungkin adalah salah satu hero yang paling dihindari oleh banyak orang karena tingkat kesulitannya yang cukup tinggi. Mulai dari banyaknya skill aktif yang dia miliki hingga combo untuk membuat dirinya lebih efektif, tidak banyak orang yang dapat memainkannya dengan benar. Namun, kali ini Duniaku.net akan menjelaskan bagaimana para profesional seperti JerAx dan Cr1t bermain sebagai Kaolin sang Earth Spirit.

Item Build


Earth SpiritSumber: RedBull

Sebelum menentukan item apa yang akan kamu ambil, sebelumnya kamu harus memutuskan akan menempatkan Kaolin dalam posisi off lane atau roamer. Dalam hal ini, Jesse “JerAx” Vainikka akan kita jadikan contoh sebagai pemain off lane, dan Andreas “Cr1t” Nielsen sebagai roamer. Tanpa banyak basa-basi, yuk langsung kita analisa item apa saja yang dibutuhkan dalam kedua posisi tersebut.

Earth SpiritSumber: OG Dota 2 Team

5 Skandal Menghebohkan yang Telah Mengguncang Dunia Dota 2

Nama Dota 2 telah dikenal sebagai salah satu game MOBA paling kompetitif yang ada pada saat ini. Namun, ternyata ada banyak skandal di tengah dunia Dota 2
Baca Juga

Sebagai seorang hero off-lane JerAx membutuhkan banyak item yang dapat membuat dirinya berada lebih lama di lane, yaitu Tango, Clarity Potion, Stout Shield dan sebuah Observer Ward untuk mengatasi rotasi dari tim lawan. Terkadang JerAx juga menambahkan Smoke of Deceit untuk meletakan ward dengan aman atau melakukan rotasi ke mid, sedangkan item yang digunakan oleh Cr1t adalah TangoClarity Potion, sebuah Observer Ward dan Orb of Venom untuk lebih banyak melakukan harass terhadap hero lawan.

Earth SpiritSumber: Swiftspear

Menjelang mid hingga late game adalah saat dimana item build dari keduanya mulai banyak berbeda, namun, core item seperti Blink Dagger dan Magic Wand tetap dibutuhkan oleh semua posisi. JerAx baru akan mengambil Orb of Venom dan Arcane Boots untuk membantunya lebih agresif menjelang mid game dan membantu ditengah team fight. Setelah itu, dirinya juga mulai menabung untuk membeli Hand of Midas yang dapat meningkatkan XPM (Experience-per-Minute) dan GPM (Gold-per-Minute) demi mendapatkan item lain seperti Force Staff, Aether Lens, dan Aghanim’s Scepter lebih cepat.

Sumber: American Dota 2

Teliti Sebelum Memilih! Inilah Penjelasan Neutral Creep yang Dapat Kamu Kendalikan!

Setelah patch 7.00 dan meningkatnya popularitas Helm of the Dominator, pengetahuan tentang neutral creep menjadi jauh lebih penting!
Baca Juga

Berbeda dengan JerAx, Cr1t telah memiliki Orb of Venom semenjak awal permainan, sehingga dia dapat mengambil Urn of Shadows dan Tranquility Boots lebih cepat. Kedua item tersebut dapat menjaga hp yang dia miliki tetap tinggi selama berkeliling mencari mangsa. Ditambah lagi, dirinya juga mengambil Hand of Midas untuk mengejar level pemain lain dan mendapatkan Aghanim’s Scepter menjelang late game. Ghost Scepter juga dapat menjadi salah satu item yang diambil untuk meningkatkan status Kaolin dan membantunya melarikan diri saat terdesak.

Earth SpiritSumber: ESPN

Selain dari item yang digunakan oleh kedua pemain di atas, kamu juga harus tetap memperhatikan apa saja kemampuan dari masing-masing hero saat mulai terjadi team fight. Kaolin adalah seorang hero support, jadi dia harus tetap memasang Observer Ward dan Sentry Ward secara aktif dan membeli item seperti Glimmer Cape membantu hero yang lemah melarikan diri, Force Staff dan Eul’s Scepter of Divinity untuk meningkatkan mana dan membuat dirinya lebih aktif atau Solar Crest agar dapat mengalahkan hero tanker dengan mudah.

Skill Build

Earth SpiritSumber: Dota Buff

Dari keempat skill yang dimiliki oleh Earth Spirit, kamu harus mengambil Rolling Boulder pada level 1 untuk memulai team fight dan gank. Ditambah lagi, kamu harus membiasakan diri meletakan Stone Remnants ke arah Kaolin berguling untuk menambah kecepatannya. Kamu dapat melakukan ini dengan mengklik hot-key sebanyak dua kali agar Stone Remnants muncul tepat di hadapan Kaolin. Namun, jangan pernah kamu maksimalkan skill ini terlebih dahulu.

Rolling Boulder memang dapat memberikan slow selama 1.4/1.6/1.8/2.0 detik, namun, perubahannya dalam setiap level yang sangat kecil membuat skill ini kurang efektif jika digunakan di tengah team fight. Inilah alasan mengapa kamu harus mengambil Boulder Smash pada level 2, 3, 5 dan 7 karena damage sebesar 50/100/150/200 dan stun selama 0.75/1.25/1.75/2.25 tidak bisa dianggap remeh.

Ditambah lagi, kamu juga dapat menggunakan skill ini untuk menyelamatkan teman satu tim atau mendorong hero lawan dan menggunakan Stone Remnants untuk menyerang dari jarak jauh. Satu hal yang wajib kamu ingat sebelum menggunakan skill ini adalah Boulder Smash hanya akan mendorong ke arah depan Kaolin, jadi perhatikan dimana kamu meletakan Stone Remnants.

Sumber: Anoncraft

Geomagnetic Grip adalah skill yang berfungsi untuk menarik Stone Remnants ke arah Kaolin. Selain memberikan silence selama 2.5/3.0/3.5/4.0 detik, Geomagnetic Grip juga dapat langsung kamu gunakan setelah mendorong Stone Remnants dengan Boulder Smash atau sebaliknya. Walaupun kedengarannya sulit untuk dilakukan, namun, kamu dapat melakukan serangan sebesar 100/200/300/400 damage kepada semua hero yang berani berdiri di hadapan Kaolin. Inilah alasan mengapa kamu harus mengambil Geomagnetic Grip pada level 4, 8, 9, dan 11 setelah memaksimalkan Boulder Smash.

Skill ultimate milik Kaolin adalah Magnetize. Walaupun memiliki jarak serangan yang sangat kecil, kamu tetap dapat mengatasinya dengan Aether Lens dan Blink Dagger. Magnetize dapat memberikan damage sebesar 50/75/100 selama 6 detik, namun, durasi tersebut akan diperpanjang jika hero yang terkena efek Magnetize berada di dekat Stone Remnants. Inilah alasan mengapa kamu harus menyimpan Stone Remnants sebelum menggunakannya di tengah team fight. Ditambah lagi, hero yang terkena efek slow atau silence dari Geomagnetic Grip dan Rolling Boulder akan mempengaruhi semua unit lainnya yang berada di bawah efek Magnetize. Selalu gunakan skill ini saat team fight telah dimulai untuk menjamin kemenangan tim-mu.

Ingin tahu seperti apa talent tree dan bagaimana cara JerAx dan Cr1t bermain? Lanjut ke halaman berikutnya!


1
2

SHARE
Previous articleSiap-siap Mabuk Robot, Paramount Siapkan 14 Film Transformers Lagi!
Next articleDitanya Siapa Hokage Ke-8, Ini Jawaban Resmi Presiden Jokowi!
Penikmat musik rock dan band-band di era 90 an. Memiliki hobi bermain game Action hingga RPG, menonton series, movie, anime, dan seorang Game Theorist. Salah satu fans berat DC dan marvel.