Apakah Mata Boruto Adalah Tenseigan Ataukah Byakugan?

Menurut kalian sendiri, bagaimana?

Apakah Mata Boruto Adalah Tenseigan Ataukah Byakugan?

Apakah Mata Boruto Adalah Tenseigan Ataukah Byakugan?

Apakah mata Boruto adalah Tenseigan atau Byakugan? Ataukah jutsu yang sama sekali baru? Simak ulasannya di bawah ini!

Anime Boruto baru saja mulai tayang bulan ini. Anime yang menceritakan kisah generasi baru ninja penerus Naruto dan kawan-kawan ini sendiri mendapatkan sambutan yang cukup baik. Pada episode awal sendiri, banyak hal menarik yang muncul dan terjadi, mulai dari: sisi lain Hinata yang lebih keibuan dan kembalinya jutsu ‘legendaris’. Akan tetapi, mungkin yang paling menarik dan menyita perhatian adalah mata Boruto: apakah itu tenseigan atau byakugan?

[read_more id="304893"]

Dalam anime, ketika Denki dirasuki oleh makhluk misterius (Kawaki?), tiba-tiba mata Boruto bereaksi. Mata anak Naruto itu mengeluarkan cahaya berwarna biru yang cukup terang. Tidak hanya sampai di situ, bahkan mata ini dapat melihat sosok yang merasuki Denki—sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh mata biasa.

[read_more id="304992"]

[duniaku_adsense]

Byakugan?

Setelah menonton anime Boruto tersebut, banyak fans yang berpendapat bahwa mata itu adalah Byakugan. Fans berpendapat demikian karena Boruto adalah anak dari Hinata yang merupakan klan Hyuuga yang memiliki byakugan. Tentunya, mata byakugan ini diwarisi oleh Boruto dan juga Himawari—adik Boruto. Oh, dan bagi kamu yang belum tahu, Himawari juga memiliki byakugan dan pernah mengaktifkannya walaupun secara nggak sengaja, lho!

Apakah Mata Boruto Adalah Tenseigan Ataukah Byakugan? Byakugan Milik Himawari[/caption]

Akan tetapi, mata Boruto seperti yang kalian lihat dalam anime/manga agak sedikit berbeda dengan byakugan yang kita kenal selama ini. Jika kalian perhatikan lebih teliti lagi, mata byakugan itu berwarna putih dan tidak mengeluarkan cahaya terang. Selain itu, urat atau otot disekitar mata pengguna byakugan akan muncul dan tampak dengan jelas—pada kasus Boruto, otot di sekitar matanya tidak kelihatan sama sekali.

Jika mata Boruto bukanlah byakugan, lantas apa?

Tenseigan?

Apakah Mata Boruto Adalah Tenseigan Ataukah Byakugan?

Pendapat populer para fans lainnya jatuh pada tenseigan. Ya, banyak fans yang berpendapat bahwa mata Boruto adalah tenseigan. Jika kalian lihat lebih detil lagi, karakteristiknya hampir mirip dengan tenseigan.: berwarna putih kebiru-biruan dan menyala terang. Selain itu, tidak seperti byakugan, tenseigan tidak menyebabkan otot di sekitar mata penggunanya muncul.

Akan tetapi, pendapat bahwa mata Boruto adalah tenseigan sendiri cukup lemah. Bagi kalian yang belum tahu, dibutuhkan darah dari keturunan klan Otsutsuki dan juga klan Hyuuga untuk mengaktifkan tenseigan. Nah, sementara Boruto ini sama sekali tidak memiliki darah keturunan klan Otsutsuki jika kalian lihat pada gambar silsilah keluarga ini. Ditambah lagi, ada sedikit perbedaan pada mata Boruto: sklera-nya berwarna hitam!

[read_more id="204832"]

Apakah Mata Boruto Adalah Tenseigan Ataukah Byakugan?

Di lain pihak, bukanlah sesuatu yang mustahil bagi Boruto untuk mengaktifkan dojutsu mematikan ini, mengingat dia sudah memiliki darah klan Hyuuga di dalam tubuhnya. Yang dia butuhkan saat ini adalah sedikit DNA/chakra dari klan Otsutsuki (selengkapnya, baca teori Boruto Bisa Mengaktifkan Dojutsu Yang Setara Rinnegan.). Tetapi hei, siapa tahu kalau Boruto mendapatkan sedikit chakra klan Otsutsuki secara tidak sengaja gara-gara orang tuanya—Naruto dan Hinata—pernah melakukan kontak dengan Toneri Otsutsuki?

[duniaku_baca_juga]

Jika bukan byakugan atau tenseigan, lantas apa dong?

Lanjut ke halaman 2...

Byakugan Yang Tengah Berkembang?

Apakah Mata Boruto Adalah Tenseigan Ataukah Byakugan?

Mata Boruto ini masih menjadi perdebatan bagi para fans. Banyak yang berpendapat kalau mata tersebut lebih mirip byakugan daripada tenseigan. Tetapi, tidak sedikit pula yang berpendapat sebaliknya: bahwa mata tersebut adalah tenseigan (dan saya secara pribadi setuju dengan teori yang satu ini).

Akan tetapi, faktanya adalah mata Boruto ini sangat mirip dengan keduanya sehingga menciptakan teori baru bahwa mata tersebut adalah byakugan yang tengah berkembang ke tingkatan berikutnya: tenseigan.

[read_more id="304721"]

[duniaku_adsense]

Sampai saat tulisan ini dibuat sendiri, masih sangat sedikit informasi yang bisa didapatkan sehingga kita tidak bisa memastikan apakah mata Boruto adalah byakugan atau tenseigan. Pertanyaan lainnya adalah: kenapa dojutsu ini hanya muncul mata kanan Boruto? Dan kenapa pula hanya bereaksi pada makhluk hitam misterius yang merasuki Denki? Lalu, apa hubungannya dengan Kawaki?

Apakah Mata Boruto Adalah Tenseigan Ataukah Byakugan?

Mata Boruto bisa saja adalah suatu dojutsu yang benar-benar baru. Akan tetapi, untuk saat ini, saya masih berpendapat bahwa dojutsu tersebut adalah byakugan yang tengah berkembang/tenseigan yang belum berkembang dengan sempurna. Perlu diingat, ini semua masih berupa teori. Sebuah teori anime. Menurutmu sendiri bagaimana?

UPDATE: Nama Mata Boruto Akhirnya Terungkap! Bukan Byakugan ataupun Tenseigan!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU