Bukti Nyata Musik Dangdut Sudah Menginvansi Dunia Anime sejak Dulu

 

musik dangdut
sumber: ommouthu

Musik dangdut dan masyarakat Indonesia adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Tak aneh jika ada istilah “Dangdut is the Music of My Country.” Ya, dangdut adalah Indonesia dan Indonesia adalah dangdut.

Dangdut memang punya sejarah panjang di belantika musik tanah air. Mulai masuk sejak tahun 40-an, musik yang memiliki unsur Melayu, Arab, dan Hindustani ini semakin familiar di era 60-an berkat campur tangan seorang maestro musik yang sekarang kita kenal sebagai Raja Dangdut, Rhoma Irama.

Baca Juga

Evolusi musik dangdut di Indonesia pun terus bergulir. Seperti dilansir Wikipedia, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music. Tak mengherankan jika musik dangdut bisa diterima semua kalangan.

Kita pun harus berbangga jika kejayaan nama musik dangdut tak hanya berkibar di tanah air, tapi juga telah menginvansi negara-negara lain, termasuk Jepang yang tersohor akan animanganya.

Bagi generasi 90-an, pasti sudah tak asing dengan anime Chibi Maruko Chan yang pernah tayang di RCTI. Anime yang mengisahkan kehidupan Momoko “Maruko” Sakura dan teman-temannya ini sempat menyelipkan musik dangdut dalam sebuah episodenya.

Jingle Tahu Bulat Di-Remix, dari Lagu Dangdut sampai Musik Reggae!

Kesuksean Tahu Bulat ternyata tak terjadi di game saja, jingle Tahu Bulat digoreng dadakan 500-an juga merambah ke industri musik!
Baca Juga

Dalam episode Chibi Maruko-chan: My Favorite Song yang tayang tahun 1992, memperlihatkan teman Maruko, Kazuhiko Hanawa, begitu mencintai musik dangdut. Bahkan Hanawa juga sampai ikut joged-joged mengikuti irama musik dangdut yang belakangan diketahui berjudul “Dangdut Reggae” milik duo campur DKI yang dirilis tahun 1990. Kamu bisa lihat video editan ini di Facebook semiotika adiluhung 1945

Maju ke tahun 2009, anime slice of life, Sora no Otoshimono, juga sempat menampilkan unsur dangdut. Meski tak secara gamblang memasukin musik dangdut Indonesia, namun kamu masih bisa merasakan nuansa dangdut dalam lagu ending anime Sora no Otoshimono tersebut. Dengarkan saja intro dari lagu berjudul “Haruichiban” ini, pasti bakal membuatmu ingin bergoyang.

Kepopuleran musik dangdut turut mengundang tangan-tangan kreatif orang Indonesia. Contohnya adalah sebuah video opening anime Shingeki no Kyojin yang diunggah pada September 2013. Opening yang berjudul “Guren no Yumiya” ini diedit sehingga menghasilkan irama dangdut. Hasilnya pun tak buruk-buruk amat kan?

Nah, bagaimana tanggapanmu mengenai perkembangan lagu dangdut yang sudah merambah ke dalam dunia anime?

Diedit oleh Fachrul Razi